Menu

Valencia Juara Copa del Rey 2018/2019 Setelah Kalahkan Barcelona 2-1

Valencia berhasil menjadi juara Copa del Rey 2018/2019 setelah pada partai final yang digelar di Estadio Villamarin pada hari Minggu (26/5/2019) dini hari WIB. mengalahkan Barcelona dengan skor 2-1. Barcelona yang lebih difavoritkan meraih gelar juara berusaha menguasai jalannya pertandingan, tapi Valencia menemukan celah pada lebar lapangan dan sukses dimanfaatkan sehingga dua diantaranya berbuah gol. Valencia mencetak dua gol dibabak pertama melalui Gameiro pada menit ke-21, kemudian digandakan oleh Rodrigo pada menit ke-33. Kebobolan dua gol di babak pertama, membuat Barcelona berusaha memperkecil dan menyamakan kedudukan di babak kedua. Tapi solidnya lini pertahanan Valencia membuat para penyerang Barcelona kesulitan mencetak gol. Baru pada menit ke-73 Lionel Messi dapat memperkecil kedudukan menjadi 2-1, tapi di sisa waktu pertandingan segala daya upaya pasukan Ernesto Valverde tak mampu mencetak gol lagi. Alhasil Barcelona harus mengakui kekalahan 2-1 dan gelar juara Copa del Rey 2018/2019 diraih oleh Valencia.

Barcelona menguasai jalannya pertandingan hingga 77% dengan melepaskan 26 tembakan tapi hanya 1 yang berbuah gol dan 1 tembakan membentur tiang. Para pemain Valencia bermain baik dalam melakukan serangan balik dan bermain efektif. Sementara para pemain Barcelona yang mengurung pertahanan Valencia,tapi kurang beruntung tidak dapat menjebol gawang penyama kedudukan. Dengan kekalahan atas Valencia, pupus sudah harapan Barcelona untuk meraih double winner tahun ini, setelah sebelumnya ambisi meraih treble winner juga kandas karena Barcelona tersingkir di semi final Liga Champions UEFA setelah kalah agregat gol dari Liverpool. Mungkin juga kegagalan Barcelona melaju ke babak final Liga Champions UEFA sedikit mempengaruhi mental dan semangat bertanding para pemain Barcelona.

Dikutip dari Marca, berikut pernyataan Ernesto Valverde usai anak asuhnya dikalahkan Valencia dibabak final Copa del Rey 2018/2019, “Mereka bagus dalam serangan balik dan sangat efektif. Kami bermain di paruh lapangan mereka dan tiba dengan mudah ke area sekitar kotak penalti mereka, tapi kami kekurangan percikan untuk menyelesaikan serangan. Laga-laga ini berbeda. Kami punya ekspektasi yang tak bisa kami raih memang. Kami ingin juara, itu ada di dalam darah seorang juara. Tapi seseorang selalu harus kalah”.

Masih mengutip pernyataan Valverde kali ini dari Four-Four Two, “Kami kalah, itu bukan karena isu mental pemain. Ini berbeda dari pertandingan yang kami mainkan dua minggu yang lalu, namun kami kalah lagi, itulah kenyataan. “Kami gagal memenuhi harapan kami sendiri: kami telah merayakan gelar juara liga, kami pikir kami bisa meraih treble dan kami berada pada jalur yang tepat, baik di Liga Champions ataupun di Copa del Rey. Kalian kecewa karena kami memberikan harapan dan hasilnya tak sesuai dengan ekspektasi. Kami di sini untuk memenangi gelar juara dan bukan hal lain”.

Gerard Pique pemain andalan lini belakang Barcelona juga tak bisa menyembunyikan kekecewaannya. Dikutip dari Marca “Ketika kalian tak menang dengan beberapa pemain yang absen, kalian bisa menyalahkan situasi itu. Tapi, saya itu tak bisa menjadikannya sebagai alasan. Kami ini Barcelona. Kami harus memenangi semuanya, terlebih menghadapi Valencia. Kami harus memberikan selamat kepada mereka dan mencoba untuk memenangi semuanya tahun depan. Mereka menguasai area kami tiga kali dan mencetak dua gol. Sementara itu, kami membuat peluang pada akhir babak pertama dan di awal babak kedua.”

Susunan Pemain:
Barcelona: Jasper Cillessen; Nelson Semedo (Malcom 46′), Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Arthur (Arturo Vidal 46′), Sergio Busquets, Ivan Rakitic (Carles Alena 76′); Sergi Roberto, Lionel Messi, Coutinho

Valencia: Jaume Domenech; Daniel Wass, Ezequiel Garay, Gabriel, Jose Gaya; Carlos Soler, Daniel Parejo (Geoffrey Kondogbia 65′), Francis Coquelin, Goncalo Guedes; Rodrigo Moreno (Diakhaby 89′), Kevin Gameiro (Cristiano Piccini 72′)