Menu

Tottenham Hotspur Terancam Turun Peringkat Usai Kalah 1-2 di Markas Southampton

Tottenham Hotspur bertandang ke St. Mary’s Stadium markas Southampton pada hari Sabtu (9/3/2019) malam pukul 10.00 WIB. dalam lanjutan Premier League Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-30. Tottenham Hotspur sedang dalam periode buruk, walaupun di tengah pekan kemarin menang 1-0 di kandang Dortmund dan meloloskan mereka ke babak perempat final Liga Champions, tapi di liga Inggris pekan lalu di tahan imbang Arsenal 1-1 dan di dua pekan sebelumnya secara beruntun mengalami kekalahan. Walaupun saat ini masih menempati posisi tiga di klasemen tapi dengan selisih 3 poin dengan tim-tim di bawahnya rentan turun peringkat dan terkejar oleh Machester United, Arsenal dan Chelsea.

Di awal babak pertama Tottenham Hotspur langsung menekan tuan rumah dengan beberapa kali mengancam pertahanan dan hampir saja berbuah gol. Menit ke-11 Dele Ali melepaskan umpan terobosan yang berhasil dikontrol Harry Kane di dalam kotak penalti yang kemudian melepaskan tendangan ke arah gawang tapi berhasil diblok Angus Gunn kiper Southampton. Menit ke-21 dari sisi kanan Kane melepaskan umpan silang ke kotak penalti yang berhasil diintersep oleh Maya Yoshida yang hampir saja berbuah gol bunuh diri dimana bola membentur tiang gawang. Menit 23 Tottenham kembali mendapat peluang dari tendangan bebas, tapi tendangan bebas Christian Eriksen hanya sempat membentur mistar gawang sebelah kiri.

Tottenham Hotspur baru bisa mencetak gol di menit ke-26, diawali dengan sebuah serangan Kane menggiring bola dari tengah lapangan ke sepertiga pertahanan Southampton, lalu memberikan pada Dele Ali di sebelah kiri yang langsung sedikit menggiring bola, dari depan kotak penalti Ali melepaskan umpan terobosan ke depan gawang sebelah kanan di dalam kotak penalti yang kemudian berhasil dikontrol Harry Kane lalu melepaskan tendangan menyusur tanah ke arah gawang yang tak bisa diselamatkan penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Tottenham Hotspur. Setelah gol Kane kedua tim sempat saling mengancam gawang lawannya, tapi hingga akhir pertandingan babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta. Tottenham Hotspur unggul 1-0 di babak pertama.

Di awal babak kedua Tottenham Hotspur nyaris saja dapat menambah gol, di menit ke-50 tembakan Kane yang mendapat peluang berhasil di tepis Gunn kiper Southampton. Perlahan Southampton mulai keluar dari tekanan Tottenham, dalam suatu serangan balik Shane Long memberikan umpan yang kemudian disambar oleh Nathan Redmond di depan gawang, tapi bola sedikit melebar dari tiang gawang. Southampton baru benar-benar bisa menyamakan skor pada menit ke-76, bermula dari Armstrong yang berhasil masuk ke dalam kotak penalti sebelah kiri melepaskan umpan ke depan gawang sebelah kanan yang disambut dengan sepakan oleh Yan Valery dan bola meluncur masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 1-1.

Lima menit berselang berawal dari serangan balik dari sisi kanan saat bola silang ke dalam kotak penalti berusaha di kejar Redmond tapi kemudian dijegal oleh Kyle Walker-Peters yang membuahkan pelanggaran sedikit di luar kotak penalti. James Ward-Prowse yang mengambil tendangan bebas berhasil melesakan bola melewati pagar betis pemain Tottenham, bola meluncur menembus gawang ke pojok atas sebelah kiri tanpa bisa di jangkau Hugo Lloris kiper Tottenham. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Southampton. Di sisa waktu pertandingan Tottenham Hotspur berusaha mengejar ketingggalan tapi hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta.

Dengan kekalahan Tottenham Hotspur dari Southampton dengan skor 1-2 membuat posisi Tottenham kian terancam turun dari posisi ketiga. Walaupun saat ini masih berada di posisi ketiga dengan jumlah poin 61, tapi bisa saja dikejar Manchester United jika menang atas Arsenal. Sementara bagi Southampton kemenangan atas Tottenham membuat mereka sedikit menjauh dari zona degradasi, sekarang berada di posisi 16 dengan jumlah poin 30. Sebenarnya Tottenham secara keseluruhan tampil mendominasi dengan 63% penguasaan bola, 16 tembakan dan 5 tembakan tepat sasaran tapi hanya 1 yang bebuah gol. Sedangkan Southampton dengan 37% penguasaan bola melepaskan 12 tembakan, 4 tembakan tepat sasaran dan 2 diantaranya berbuah gol.

Susunan Pemain:

Southampton: Gunn, Bednarek, Yoshida, Vestergaard, Valery, Romeu (Long 46′) (Armstrong 73′), Hojbjerg, Bertrand, Ward-Prowse, Redmond, Austin (Sims 46′)

Tottenham Hotspur: Lloris, Dier, Sanchez, Vertonghen, Walker-Peters, Alli, Sissoko, Rose (Davies 82′), Eriksen, Moura (Son 72′), Kane