Menu

Tottenham Hotspur Menang Telak 3-0 atas Borussia Dortmund di leg 1 babak 16 besar Liga Champions UEFA 2018/2019

Tottenham Hotspur benar-benar memanfaatkan bermain pertama sebagai tuan rumah di leg 1 babak 16 Liga Champions UEFA 2018/2019 setelah sukses memenangkan pertandingan dengan skor telak 3-0 atas tamunya Borussia Dortmund salah satu wakil dari Liga Jerman. Kemenangan besar yang diraih Tottenham di kandan sendiri membuka peluang besar untuk masuk ke babak perempat final meskipun di leg 2 harus bertandang ke kandang Dortmund. Dengan keunggulan agregat sementara 3-0 tentu menjadi tidak mudah bagi Dortmund untuk membalikan keadaan menjadi 4-0 untuk bisa lolos, atau memaksa extra time asalkan diwaktu normal mampu mencetak skor 3-0 sehingga agregat jadi 3-3. Sedangakan bagi Tottenham cukup bermain imbang atau kalah dengan selisih maksimal dua gol, maka tiket perempat final sudah ditangan.

Tottenham Hotspur menjamu Borussia Dortmund di stadion Wembley pada hari Kamis (14/2/2019) pukul 03.02 WIB. dini hari. Pada babak pertama tidak ada gol yang tercipta hanya beberapa peluang terjadi dari masing-masing tim. Walaupun sebenarnya tim tamu beberapa kali merepotkan pertahanan tuan rumah dan menghasilkan beberapa peluang emas, seperti yang terjadi pada menit ke-44 nyaris saja Borussia Dortmund unggul 1-0 atas tuan rumah Tottenham Hotspur. Berawal dari umpan silang lambung di sisi kotak finalti sebelah kanan, Zagadau berhasil memenangkan duel udara dan menanduk bola mengarah ke gawang, tapi berhasil ditepis tangan penjaga gawang Tottenham Hotspur tepat di depan garis gawang.

Memasuki babak kedua, barulah Tottehnham Hotspur berhasil mencetak tiga gol tanpa balas. Gol pertama tercipta saat babak kedua baru berlangsung dua menit. Tepatnya pada menit ke-47 Jan Vertonghen dari sisi kiri melepaskan umpan silang lambung menuju kotak finalti. Heung-Min Son yang berdiri bebas di depan gawang menyambut datangnya bola dengan sepakan kaki kanan mengarahkan bola ke pojok kanan gawang dan pejaga gawang sudah mati langkah sehingga bola masuk kedalam gawang, skor berubah menjadi 1-0.

Gol kedua baru tercipta lagi pada menit ke-83, kali ini Jan Vertonghen giliran memanfaatkan umpan lambung Serge Aurier dari sisi kanan depan kotak finalti bola melambung ke depan gawang Dortmund sebelah kiri yang langsung disambut dengan kaki kiri dan bola berbelok arah masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang. Skor bertambah menjadi 2-0 untuk keunggulan Tottehnham. Tiga menit berselang tepatnya pada menit 86, bermula dari tendangan sudut Cristian Eriksen, bola lambung mendatar di depan gawang sebelah kiri dalam sebuah perebutan bola, sukses dimanfaatkan oleh Fernando Llorente yang menanduk bola dan bola tandukan memantul lalu masuk ke dalam gawang sebelah kanan. Skor berubah menjadi 3-0 untuk keunggulan Tottenham dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan Tottenham Hotspur atas Borussia Dortmund dengan skor 3-0 tentunya tugas berat bagi Dortmund untuk membalikan kemenangan di leg 2 babak 16 besar Liga Champions UEFA 2018/2019. Namun dalam sepakbola apapun bisa terjadi, kita lihat saja nanti bagaimana hasilnya di leg 2. Terlebih Dortmund akan menjadi tuan rumah di leg 2 dengan dukungan suporter tentu para pemain Dortmund akan tampil ngotot untuk dapat mencetak gol sebanyak-banyaknya, jika Tottenham sebagai tuan rumah mampu mencetak tiga gol, kenapa tidak Dortmund juga bisa mencetak tiga atau empat gol. Yang jelas leg 2 nanti akan sangat menentukan siapa yang akan lolos ke perempat final liga Champions UEFA 2018/2019. Berkaca dari pertandingan yang lalu-lalu, tim tamu yang kalah telak di leg pertama dapat membalikan menjadi kemenangan di leg kedua untuk lolos ke babak berikutnya.

Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur: Lloris, Davinson, Foyth, Alderweireld, Aurier, Sissoko (Wanyama 90′), Winks, Vertonghen, Eriksen, Son (Lamela 90), Moura (Llorente 85′)

Borussia Dortmund: Buerki, Diallo, Zagadou (Schmelzer 77′), Toprak, Hakimi, Delaney, Witsel, Pulisic (Larsen 87′), Dahoud, Sancho (Guerreiro 88′), Goetze