Menu

Tottenham Hotspur Lolos ke Perempat Final Liga Champions UEFA 2018/2019

Tottenham Hotspur berhasil lolos ke perempat final Liga Champions UEFA 2018/2019 setelah mengalahkan tuan rumah Borussia Dortmund dengan skor 1-0 sehingga unggul agregat gol 4-0, karena dipertemuan pertama Tottenham juga sukses mengalahkan Dortmund di Stadion Wembley dengan skor 3-0. Sebetulnya baik Tottenham maupun Dortmund sedang dalam periode kurang bagus di liga domestik masing-masing. Tottenham Hotspur yang berada diposisi ketiga Liga Inggris masih mungkin terkejar oleh Chelsea, Manchester United dan Arsenal. Demikian juga Borussia Dortmund yang masih memimpin klasemen Liga Jerman tapi perolehan poinnya sudah disamai Bayern Munchen. Dari tiga pertandingan terakhir Tottenham mengalami dua kali kekalahan dan satu hasil imbang. Sedangkan Dortmund dari tiga laga terakhir mendapatkan satu kali kemenangan, satu kali imbang dan satu kali kalah.

Bertanding di Signal Iduna Park markas Borussia Dortmund dalam lanjutan babak 16 besar leg 2 Liga Champions UEFA pada hari Rabu (6/3/2019) kick-off pukul 03.01 dinihari WIB. Baik Tottenham Hotspur maupun Borussia Dortmund dapat menurunkan tim terbaiknya. Keunggulan agregat gol 3-0 di leg 1 tak membuat Tottenham terlena. Mereka menyadari bisa saja Dortmund membalikan keadaan terlebih Dortmund pimpinan klasemen Liga Jerman. Namun, beruntung bagi Tottenham walaupun Dortmund mendominasi jalannya pertandingan tapi tidak mampu mencetak gol, malah sebaliknya Tottenham yang mampu mencetak gol dan menggoyahkan mental bertanding para pemain Dortmund karena beratnya mengejar agregat gol yang kian jauh melebar jadi 4-0. Dari catatan statistic, Dortmund unggul 65% dalam penguasaan bola dengan melakukan 19 kali tembakan percobaan dan 7 tembakan mengarah ke gawang. Sedangkan Tottenham hanya 35% dalam penguasaan bola dengan 5 kali tembakan percobaan dan 1 tembakan kearah gawang tapi langsung berbuah gol.

Dalam 29 menit babak pertama Tottenham terkurung dipertahanan sendiri karena gempuran yang bertubi-tubi dari para pemain Dortmund. Berkali-kali para penyerang Dortmund masuk ke kotak penalti berusaha melepaskan tembakan tapi berulang kali itu pula berhasil dipatahkan para pemain belakang Tottenham. Menit ke-30 Tottenham mempunyai peluang emas mencetak gol setelah sebuah umpan terobosan ke sisi sebelah kiri berhasil dikejar dan dikuasai oleh Son Heung-min yang langsung berlari menggiring bola masuk ke kotak penalti dan berhadapat satu lawan satu dengan penjaga gawang, tapi sayangnya penyelesaian akhirnya tidak akurat bola sedikit melebar dari tiang gawang sebelah kiri karena ruang sudah tertutup oleh penjaga gawang.

Menit 33 pemain Dortmund kembali mengancam setelah tendangan voli memanfaatkan bola lambung tendangan sudut hanya melambung ke atas mistar gawang. Menit 34 lebih hampir saja Dortmund dapat mencetak gol sebuah tembakan dari kotak penalty sebelah kiri yang mengarah ke pojok kanan gawang berhasil ditepis penjaga gawang. Demikian juga pada menit 36 kembali penjaga gawang Tottenham berhasil memblok tembakan bola ke arah gawang. Babak pertama benar-benar menjadi milik Dortmund tapi tidak ada yang membuahkan gol. Tottenham Hotspur hanya bisa sekali-sekali melakukan serangan balik tapi sama juga belum bisa mencetak gol. Hingga babak pertama selesai tidak ada gol yang tercipta skor 0-0 untuk kedua tim dan secara agregat Tottenham masih unggul 3-0.

Mengawali babak kedua, pemain Borussia Dortmund mengancam lebih dulu pertahanan Tottenham. Dua menit berselang tepatnya menit ke-48 menjadi petaka buat Dortmund. Sebuah umpan terobosan berhasil dikuasai dan dikontrol dengan baik oleh Harry Kane yang tidak terkawal menggiring bola ke tepi kotak penalti dan dengan leluasa mengarahkan dan melepaskan tendangan ke sisi kanan bagian dalam gawang yang tidak bisa dijangkau penjaga gawang. Gol tercipta oleh Harry Kane mengubah skor menjadi 1-0 dan secara agregat 4-0 untuk keunggulan Tottenham Hotspur. Setelah gol tersebut, Dortmund semakin gencar menyerang pertahanan Tottenham. Beberapa peluang tercipta lewat tendangan dan sundulan, tapi beruntung bagi Tottenham karena tak ada satupun yang berbuah gol. Hingga akhir pertandingan skor 0-1 untuk keunggulan Tottenham tidak berubah. Dan membuat Tottenham Hotspur lolos ke perempat final setelah menyingkirkan Borusia Dortmund dengan skor agegat 4-0.

Bagi Tottenham Hotspur ini adalah yang kedua kalinya dapat melaju ke babak perempat final Liga Champions UEFA yang akan tercatat dalam sejarah klub setelah melakukannya pertama kali dimusim 2010/2011. Sementara bagi Borussia Dortmund ini untuk kedua kalinya tersingkir dari babak 16 besar Liga Champions dari tiga partisipasi terakhir. Dan Tottenham Hotspur sudah empat kali mengalahkan Dortmund dipertandingan Liga Champions. Kelolosan Tottenham juga menegaskan bahwa tim yang unggul 3-0 di laga kandang leg 1 biasanya di leg 2 selalu lolos ke babak berikutnya.

Susunan Pemain:

Borussia Dortmund: Roman Burki; Marius Wolf, Manuel Akanji, Abdou Diallo, Raphael Guerreiro; Julian Weigl, Axel Witsel; Jadon Sancho, Mario Goetze, Marco Reus; Paco Alcacer.

Tottenham Hotspur: Hugo Lloris; Toby Alderweireld, Davinson Sanchez, Jan Vertonghen; Serge Aurier, Harry Winks, Moussa Sissoko, Ben Davies; Harry Kane, Son Heung-min.