Menu

Tottenham Hotspur Dikalahkan Burnley 1-2 di Turf Moor

Tottenham Hotspur mengawali Premier League Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-27 dengan kekalahan saat berkunjung ke markas Burnley. Kekalahan Tottenham Hotspur atas Burnley sekaligus menghentikan rentetan empat kemenangan beruntun sebelumnya. Dalam tiga kunjungan sebelumnya Tottenham Hotspur ke markas Burnley selalu clean sheet dengan dua kali kemenangan dan sekali hasil imbang. Burnley juga menghentikan rekor kemenangan tandang Tottenham Hotspur dimana musim ini sudah membukukan 11 kemenangan di markas lawan.

Bagi Burnley kemenangan atas Tottenham Hotspur mengakhiri puasa tanpa kemenangan saat berhadapan dengan Tottenham Hotspur dalam tujuh pertandingan terakhir. Dengan kemenangan Burnley atas Tottenham Hotspur juga meneruskan rekor tak terkalahkan Burnley dalam delapan pertandingan terakhir dengan 5 kali kemenangan dan 3 kali seri, mengumpulkan 18 poin.

Bertanding di Turf Moor markas Burnley pada hari Sabtu (23/2/2019) pukul 19.31 WIB. Tottenham Hotspur sudah kembali diperkuat Harry Kane setelah sembuh dari cidera pergelangan kaki pada bulan Januari lalu. Ditengah upaya menjaga konsistensi meraih kemenangan agar bisa terus bersaing di papan atas, Tottenham Hotspur malah harus menelan kekalahan 1-2 atas Burnley yang membuatnya tertinggal makin jauh dari pemimpin puncak klasemen.

Di babak pertama kedua tim bermain berimbang dan bola lebih banyak bergulir di tengah lapangan tanpa ancaman-ancaman berarti yang bisa membahayakan gawang lawang. Burnley baru bisa menciptakan peluang mencetak gol lewat tendangan Barnes di kotak penalti setelah menerima umpan silang dari sisi kanan, tapi sayang bolanya meluncur sedikit di atas mistar gawang. Hingga akhir babak pertama tidak ada gol yang tercipta.

Diawal babak kedua Harry Kane setelah menggiring bola dengan ruang yang terbuka dari luar kotak penalti melepaskan tendanan keras melengkung mengarah ke pojok kanan atas gawang, tapi beruntung penjaga gawang berhasil menepus bola yang membuat bola berbelok arah menjauh dari gawang. Namun, tuan rumah Burnley yang justru dapat memecah kebuntuan dengan mencetak gol pada menit ke-57 berawal dari tendangan sudut oleh Dwight McNeil melengkung ke depan gawang yang disambut sundulan kepala Chris Wood, bola meluncur kedalam gawang setelah sempat menerpa mistar gawang bagian dalam dan mengubah skor 1-0 untuk Burnley.

Tersengat gol Chris Wood, Tottenham Hotspur semakin meningkatkan intensitas serangan dan baru bisa mencetak gol pada menit ke-65 berawal dari lemparan kedalam di sisi kiri hampir setengah lapangan mengarah ke Harry Kane di sisi kiri pertahanan Burnley menggiring bola ke dalam kotak penalti dan melepaskan tendangan menyusur tanah ke pojok kanan gawang mengecoh penjaga gawang, dan mengubah skor 1-1. Setelahnya kedua tim berupaya menciptakan gol tambahan tapi baru pada menit ke-83 tercipta gol tambahan dan itu dibuat oleh tuan rumah Burnley. Diawali aksi Johann Gudmundsson yang menggiring bola masuk ke dalam kotak penalti melepaskan umpan ke arah kanan depan gawang yang dalam posisi berebut dengan pemain Tottenham Hotspur, Barnes sukses menyambar bola melesakannya ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 2-1.

Disisa waktu pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, Tottenham Hotspur harus menyerah kalah 1-2 dari tuan rumah Burnley. Dengan kekalahan atas Burnley membuat posisi Tottenham Hotspur tak beranjak dari posisi ke-3 dengan poin 60 dan gagal mendekat ke puncak karena tertinggal 5 poin dari Manchester City dan Liverpool di puncak klasemen. Sedangkan bagi Burnley kemenangan atas Tottenham Hotspur sedikit menjauhkan mereka dari zona degradasi yang untuk sementara menempati posisi ke-14 dengan 30 poin.

Susunan Pemain:

BURNLEY: Headton, Bardsley, Mee, Tarkows, Taylor, Cork, Westwood, Hendrick (Brady 80′), Barnes, Wood, McNeil (Gudmundsson 81′)

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Rose, Alderweireld, Aurier, Foyth (Lamela 76′), Sissoko, Eriksen, Winks (Llorente 62′), Son (Moura 89′), Kane