Menu

Tottenham Hotspur dan Arsenal Bermain Imbang 1-1

Tottenham Hotspur menjamu Arsenal di Stadion Wembley pada hari Sabtu (2/3/2019) kick-off pukul 19.31 WIB. dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-29. Kedua tim terlibat dalam persaingan ketat memperebutkan peringkat ketiga dan keempat. Sebagai tuan rumah, Tottenham Hotspur berkesempatan meraih kemenangan dan melebarkan jarak di peringkat ketiga dari kejaran peringkat keempat. Sementara bagi tim tamu Arsenal berusaha melanjutkan tren positif berkat kemenangan beruntun di tiga pertandingan terakhir dan mencoba memanfaatkan inkonsistensi permainan tuan rumah terlebih dalam dua pertandingan terakhirnya mengalami kekalahan.

Mengawali babak pertama, para pemain Arsenal mencoba menerapkan pressing tinggi. Kombinasi Aaron Ramsey dan Alexandre Lacazette sempat merepotkan pertahanan Tottenham. Arsenal hampir saja mencetak gol lebih awal, tapi peluang emas Alexandre Lacazette yang sudah berhadapat dengan penjaga gawang gagal dikonversi menjadi gol karena bolanya malah melambung dari gawang. Arsenal baru bisa benar-benar unggul pada menit ke-16 berawal dari umpan lambung dari sisi kiri pertahanan Arsenal ke tengah lapang berhasil dikuasai Lacazette yang langsung memberikan umpan terobosan. Dengan kencang Aaron Ramsey mengejar bola dan berhasil menguasainya mendorong bola ke kotak penalti, lalu dengan cerdik mengecoh penjaga gawang dan bek yang mengejar untuk kemudian menceploskan bola kedalam gawang. Skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Arsenal.

Sebenarnya Tottenham Hotspur berhasil mencetak gol lewat sundulan kepala yang dilakukan oleh Harry Kane. Tapi kemudian wasit menganulir gol yang dicetak Kane karena sudah terjebak off-side. Tottenham semakin meningkatkan intensitas serangan untuk mengejar defisit gol. Menit ke-44 Harry Kane di depan kotak penalti sebelah kanan memberikan umpan lob ke tengah kotak penlati yang langsung disambut dengan tendangan voli Christian Eriksen, tapi dengan gemilang Bernd Leno kiper Arsenal memblok bola dengan kakinya, bola rebound jatuh di kaki Sissoko yang langsung melepaskan tendangan keras, tapi lagi-lagi Bernd Leno berhasil menyelamatkan bola dengan menepis bola sehingga bola berbelok melambung ke atas mistar gawang. Hingga akhir babak pertama skor 1-0 untuk Arsenal tetap bertahan.

Babak kedua Tottenham Hotspur mengambil inisiatif melakukan serangan. Tapi di menit ke-53 malah pemain Arsenal yang menciptakan peluang. Dari sisi kiri sebuah umpan terobosan berhasil dimanfaatkanNacho Monreal dengan umpan tarik ke tengah kotak penalti yang langsung disambar dengan tendangan keras Lacazette, tapi bola terlalu melebar di sisi gawang sebelah kanan. Tottenham balas menciptakan peluang dari sebuah tendangan bebas, bola lambung yang jatuh di tiang jatuh disambut dengan tendangan voli tapi bola hanya menyisir sisi gawang. Setelahnya para pemain Tottenham Hotspur berhasil mendominasi jalannya pertandingan.

Setelah hampir 30 menit babak kedua berlangsung, Tottenham Hotspur baru bisa menyamakan skor tepatnya pada menit ke-74. Berawal dari tendangan bebas, bola melambung ke depan gawang di dalam kotak penalti. Dalam situasi perebutan bola diudara, Koscielny dinilai wasit melakukan pelanggaran terhadap Harry Kane di dalam kotak penalti, sehingga wasit menghadiahkan tendangan penalti. Harry Kane yang maju sebagai eksekutor tendangan penalti, suskes menceploskan bola ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 1-1. Sebenarnya Arsenal berpeluang menang diakhir pertandingan, setelah wasit menghadiahkan tendangan pinalti akibat pelanggaran Davinson Sanchez terhadap Pierre-Emerick Aubameyang di kotak penalti. Aubameyang yang maju sebagai eksekutor gagal menaklukan penjaga gawang, setelah bola tendangannya berhasil dibaca dan diblok Hugo Lloris kiper Tottenham Hostspur.

Hingga akhir pertandingan skor tidak berubah tetap 1-1. Dengan demikian baik Tottenham Hotspur dan Arsenal sama-sama hanya meraih satu poin dan membuat peta persaingan di peringkat ketiga dan keempat semakin sengit. Tottenham Hotspur hingga pekan ke-29 mengumpulkan 61 poin unggul 3 poin dari Manchester United di peringakat keempat. Sedangkan Arsenal dengan hasil imbang tersebut sementara turun ke peringkat 5 dengan perolehan 57 poin, dan masih bisa terkejar oleh Chelsea di peringkat ke-6 yang masih menyisakan dua laga yang belum dijalani.

Susunan Pemain

TOTTENHAM HOTSPUR: Lloris, Vertonghen, Rose, Alderweireld, Trippier, Davinson Sanchez, Sissoko, Wanyama (Lamela 59′), Eriksen, Son (Llorente 79′), Kane

ARSENAL: Leno, Nacho Monreal, Sokratis, Koscielny, Mustafi, Mkhitaryan, Ramsey (Oezil 72′), Xhaka, Iwobi, Guendouzi (Torreira 46′), Lacazette (Aubameyang 58′)