Menu

Spanyol Menang Tipis 2-1 atas Norwegia di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Spanyol yang menjadi tuan rumah di laga pertama Grup F kualifikasi Piala Eropa 2020 berhasil menang tipis 2-1 atas tamunya Norwegia. Walaupun hanya menang tipis, tapi kemenangan di laga pertama menjadi modal bagus untuk menatap laga-laga berikutnya. Spanyol berada satu grup dengan Norwegia, Swedia, Rumania, Malta dan Kepulauan Faroe. Memenangkan setiap pertandingan dengan skor berapapun akan memperlancar jalan menuju putaran final Piala Eropa 2020. Luis Enrique pelatih La Furia Roja dapat menurunkan kekuatan terbaiknya saat menghadapi Norwegia. David de Gea, Sergio Ramos, Busquets, Asensio dan Morata tampil sebagai starter yang menunjukan bahwa Spanyol tidak main-main dalam menghadapi laga pertamanya. Dua gol Spanyol dicetak oleh Rodrigo dan Sergio Ramos, sedangkan satu gol balasan Norwegia dicetak oleh Joshua King.

Menjamu Norwegia di Stadion Mestalla pada hari Senin (24/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. para pemain Spanyol langsung melakukan tekanan-tekanan yang merepotkan pertahanan Norwegia. Tapi para pemain Norwegia juga sekali-kali dapat melakukan serangan balik yang juga beberapa kali merepotkan Sergio Ramos dkk. Setelah 15 menit berlalau tanpa sebiji gol pun tercipta dari kedua tim, akhirnya tuan rumah Spanyol mampu mencetak gol lebih dahulu pada menit ke-16. Berawal dari kerja sama apik antara Marco Asensio dengan Jordi Alba diakhiri dengan umpan silang Jordi Alba yang disambut dengan sontekan Rodrigo, jala gawang Norwegia bergetar tertembus bola mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Spanyol.

Setelah 15 menit berselang dari gol pertama yang dicetak Rodrigo, Norwegia nyaris saja menyamakan skor pada menit ke-31. Umpan silang mendatar dari Markus Henriksen di depan mulut gawang gagal dijangkau David de Gea kiper Spanyol, tapi bola sontekan Tarik Elyounoussi hanya melebar dari tiang gawang. Dua menit selepas peluang yang dibuat Norwegia, Alvaro Morata hampir saja menggandakan keunggulan, Dani Parejo yang mengirim umpan disundul Morata tapi Rune Jarstein kiper Norwegia berhasil melakukan penyelamatan gemilang. Hingga akhir pertandingan, skor 1-0 masih bertahan untuk keunggulan Spanyol.

Diawal babak kedua tim tamu berhasil keluar dari tekanan dan memberikan perlawanan sengit pada tuan rumah. Kedua tim silih berganti saling serang menciptakan peluang-peluang tapi di 15 menit awal babak kedua belum ada yang mampu mengkonversinya menjadi gol. Keuntungan didapat Norwegia saat wasit menghadiahkan tendangan finalti, bermula dari pelanggaran Inigo Martinez terhadap Johnsen. Joshua King yang menjadi eksekutor tendangan penalti sukses melaksanakan tugasnya, walaupun David de Gea dapat membaca arah bola, tapi bole terlalu cepat untuk dicegah masuk ke dalam gawang. Gol tercipta pada menit ke-65 mengubah skor imbang menjadi 1-1 untuk kedua tim.

Skor imbang 1-1 hanya mampu bertahan enam menit, kini giliran tuan rumah Spanyol yang mendapatkan keuntungan berkat hadiah tendangan penalti dari wasit. Diawali dengan pergerakan Morata yang berhasil mencuri bola dari bola back-pass pemain Norwegia. Morata lalu menggiring bola ke dalam kotak penalti tapi saat masih berada di tepi dalam garis penalti Jarstein kiper Norwegia yang sudah terlanjut maju menjatuhkan Morata yang bermaksud mengecohnya dan wasit tanpa ragu menunjuk titik putih. Segio Ramos yang menjadi algojo tendangan penalti, berhasil melakukannya dengan baik. Tendangan panenkanya mengecoh penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Spanyol.

Disisa waktu pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Spanyol berhasil mempertahankan keunggulan 2-1 atas Norwegia hingga akhir pertandingan. Spanyol unggul 75% dalam penguasaan bola dengan melepaskan 26 tembakan dan 11 tembakan on target. Berbading terbalik dengan Norwegia yang hanya 25% dalam penguasaan bola dengan melepaskan 4 tembakan dan 2 tembakan on target. Jadi mestinya Spanyol bisa menang dengan skor banyak. Itulah pekerjaan rumah Enrique untuk dapat memanfaatkan setiap peluang yang datang menjadi gol.

Dengan kemenangan tipis tersebut menempatkan sementara Spanyol diurutan kedua, dibawah Malta yang juga menang tipis 2-1 atas tamunya Kepulauan Faroe, kemenangan juga diraih tuan rumah Swedia yang berhasil mengalahkan Rumania 2-1. Melihat hasil pertandingan dilaga pertama ini, membuat persaingan di Grup F kedepannya akan semakin sengit, makin sulit diprediksi siapa yang bakal lolos ke putaran final Piala Eropa 2020.

Susunan Pemain:

Spanyol: De Gea, Sergio Ramos, Alba, Inigo Martinez, Jesus Navas, Dani Parejo (Rodri Hernandez), Busquets, Asensio, Ceballos (Canales 74′), Morata (Jaime Mata 89′), Rodrigo

Norwegia: Jarstein, Nordtveit, Elabdellaoui, Aleesami, Ajer, Johansen (Kamara 77′), Henriksen, Selnaes, Odegaard (Mohamed Elyounoussi 56′), Tarik Elyounoussi (Johnsen 55′), King