Menu

Sergio Aguero Hat-Trick Bantu Manchester City Gasak Chelsea 6-0

Manchester City menjamu Chelsea di Etihad Stadium pada hari Minggu (10/2/2019) pukul 23.00 WIB dalam lanjutan Premier League 2018/2019 pekan ke-27. Kedua tim baik Manchester City ataupun Chelsea sebenarnya sedangan performa dan mental yang bagus setelah dipertandingan sebelumnya memenangkan pertandingan. Namun, hasil yang didapat Man City atas Chelsea sungguh diluar dugaan karena mampu mengalahkan Chelsea dengan skor telak 6-0 sampai Guardiola pelatih City mengungkapkan sebagai pekan luar biasa dan pertandingan luar biasa. Di sisi lain Maurizio Sarri pelatih Chelsea mengaku tidak mampu menjelaskan dan memahami atas kekalahan Chelsea.

Parade gol Manchester City sudah dimulai pada menit ke-4 babak pertama, Manchester City sudah unggul melalui Raheem Sterling, diawali dari tendangan bebas mendatar Kevin de Bruyne dari sepertiga lapangan ke area sisi kanan yang berhasil dikuasai Bernardo Silva menggiring bola ke dalam kotak finalti, bermaksud mengirim umpan ke Aguero di depan gawang, tapi bola membentur pemain belakang Chelsea sehingga sedikit berbelok arah ke area kosong di kotak finalti sebelah kiri yang berhasil dijangkau Raheem Sterling, lalu Sterling melepaskan tembakan ke arah gawang yang tidak bisa ditepis oleh penjaga gawang, skor berubah 1-0 untuk keunggulan Man City.

Empat menit kemudian aksi Bernardo Silva di kotak finalti sebelah kiri berhasil mengirim umpan silang ke Aguero di depan pojok gawang sebelah kanan setelah mengelabui beberapa pemain Chelsea, tapi Agueo yang berdiri bebas dengan pojok gawang yang terbuka lebar tanpa terkawal gagal dimanfaatkan untuk mencetak gol, karena tanpa diduga bola sontekan Aguero malah sedikit melebar tidak masuk ke dalam gawang membuat Aguero sangat menyesali kegagalannya mencetak gol yang harusnya 99% bola harusnya masuk ke dalam gawang, sejenak Aguero terdiam seolah tak percaya bola tersebut melesat ke sisi luar gawang.

Sergio Aguero menebus kegagalan mencetak gol di depan gawang sebelumnya dengan mencetak gol spektakuler pada menit ke-13 dari luar kotak finalti yang diawali pergerakan Oleksandr Zinchenko di sisi kiri memberi umpan pada Aguero yang dengan sedikit menggiring bola lalu saat ada celah tak terkawal melepaskan tendangan keras ke pojok kanan gawang Chelsea dan gol tercipta tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang mengubah skor 2-0. Unggul cepat 2 gol dalam belasan menit membuat para pemain Man City mengontrol penuh permainan dan membuat tak berkutik para pemain Chelsea yang berada dalam tekanan besar.

Serbuan para pemain Man City semakin mengganas, berawal dari umpan silang lambung Zinchenko ke kotak finalti disundul Luiz melambung ke luar kotak finalti tapi malah disambut dengan sundulan pemain Chelsea lainnya Ross Barkley yang hanya saja bola malah mengarah ke depan gawang di dalam kotak finalti, bola liar di kotak finalti dimanfaatkan Aguero yang lebih dulu menjangkau bola dan langsung melepaskan sepakan dengan mengarahkan bola ke sudut kanan gawang dan gol tercipta pada menit ke-19 yang mengubah skor menjadi 3-0. Chelsea semakin tertekan dengan ketinggalan tiga gol dalam rentang waktu kurang dari 20 menit.

Dengan keunggulan 3 gol para pemain City makin enjoy bermain, lagi aksi Raheem Sterling di sisi kiri pertahanan Chelsea mengirim umpan ke tengah kotak finalti dimana Aguero berada, Aguero yang menerima umpan mencoba mencari celah tapi bola yang kurang terkontrol terblok pemain belakang Chelsea dan mengarah ke luar kotak finalti yang kebetulan ada Ilkay Guendogan yang berdiri bebas langsung melepaskan tembakan keras mendatar ke pojok kanan gawang Chelsea yang tidak bisa diblok penjaga gawang dan gol tercipta pada menit ke-25 mengubah skor menjadi 4-0. Setelah ketinggalan 4 gol para pemain Chelsea berusaha keluar dari tekanan dan mulai keluar menyerang, tapi hingga babak pertama usai tidak ada lagi gol yang tercipta, City tetap unggul 4-0 atas Chelsea.

Memasuki babak kedua para pemain Chelsea mencoba untuk mengimbangi permainan City dan berusaha menekan agar dapat memperkecil ketinggalan, tapi justru Man City yang mendapat peluang dan menciptakan gol, diawali dengan aksi Raheem Sterling dari sisi kiri menggiring bola ke dalam kotak finalti tapi kemudian dijatuhkan pemain Chelsea, dan wasit tanpa ragu menunjuk titik putih. Sergio Aguero yang maju sebagai eksekutor tak menyia-nyiakan kesempatan mencetak gol ketiganya dalam pertandingan tersebut. Gol tercipta pada menit ke-56 lewat tendangan finalti mendatar yang tidak keras tapi terarah ke pojok kana gawang Chelsea sementara penjaga gawang bergerak ke sebelah kiri, Manchester City unggul 5-0, membuat para pemain Chelsea prustasi susahnya mencetak gol.

Menjelang menit ke-80 aksi pemain pengganti Gabriel Jesus di sisi kiri menggiring bola ke kotak finalti lalu mengirim umpan lob ke David Silva yang langsung mengirimkan umpan terobosan ke sisi kiri yang langsung dikejar dan dikuasai oleh Zinchenko di kotak finalti sebelah kirim mengirim umpan mendatar ke depan gawang yang langsung disambar Raheem Sterling dan bola masuk ke dalam gawang tanpa bisa dihalau pemain belakang dan penjaga gawang Chelsea. Gol kedua Sterling di pertandingan tersebut tercipta pada menit ke-80 sekaligus menjadi gol penutup Manchester City yang berhasil menggasak Chelsea dengan skor telak 6-0.

Berkat kemenangan ini membuat Manchester City untuk sementara kembali meraih posisi puncak klasemen liga Inggris 2018/2019 pekan ke-27 menggeser Liverpool yang masih pekan depan menjalani pekan ke-27. Sementara bagi Chelsea dengan kekalahan tersebut membuat mereka terlempar dari posisi empat besar dan turun ke posisi enam.

Susunan Pemain:

Manchester City: Ederson, Walker, Stones, Laporte, Zinchenko, Gundogan, Fernandinho (David Silva 75′), De Bruyne (Mahrez 68′), Bernardo Silva, Aguero (Gabriel Jesus 65′) , Sterling

Chelsea: Arrizabalaga, Azpilicueta, Rudiger, Luiz, Alonso (Emerson 73′), Kante, Jorginho, Barkley (Kovacic 52′), Pedro (Ruben Loftus-Cheek 65′), Higuain, Hazard