Menu

Romelu Lukaku Cetak 2 Gol Bawa Manchester United Kalahkan Crystal Palace 3-1

Manchester United bertandang ke markas Crystal Palace di Selhurst Park dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-28 pada hari Kamis (28/2/2019) kick-off pukul 03.00 WIB dini hari. Setelah ditahan imbang di pekan ke-27 oleh Liverpool, Manchester United datang bertamu ke kandang Crystal Palace tidak dengan kekuatan penuh karena beberapa pemain kunci mengalami cidera. Kehilangan Jesse Lingard, Juan Mata, Ander Herrera, Nemanja Matic, Marcus Rashford dan Anthony Martial memang mempengaruhi kekuatan tim. Tapi Manchester United tidak punya pilihan lain selain memenangkan setiap pertandingan demi menjaga asa finish minimal di posisi empat besar.

Setelah delapan menit babak pertama berlangsung, Manchester United sudah mulai mengancam gawang Crystal Palace. Berawal dari sepak pojok yang dilakukan Luke Shaw, bola melengkung hampir jatuh tepat di depan gawang, Romelu Lukaku yang berlari mendahului pemain Palace menyambut bola dengan tendangan voli, tapi karena ayunan kaki yang terlalu ke atas membuat bole berbelok ke atas mistar gawang. Crystal Palace balik mengancam dari sisi sebelah kiri pertahanan MU, sebuah umpan silang disontek Townsend tapi bola terlalu keatas mistar gawang.

Manchester United baru bisa mencetak gol pada menit ke-33 yang diawali dengan aksi Luke Shaw yang menggiring bola hampir dari tengah lapangan sebelah kiri melewati beberapa pemain Palace, masuk menerobos kotak penalti yang diakhiri umpan pada Lukaku. Romelu Lukaku yang menerima umpan dari tepi garis kotak penalti mengarahkan bola ke pojok kanan bawah gawang Crystal Palace. Bola yang meluncur menyusur tanah masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Manchester United.

Satu menit berselang, Crystal Palace nyaris saja membuat gol balasan tepatnya pada menit ke-34, aksi Townsend dari sisi kanan mengecoh pemain MU lalu melepaskan umpan lambung ke depan gawang sebelah kiri di dalam kotak penalti, tanpa terkawal Jeffrey Schlupp melakukan sundulan, tapi disayangkan tidak tepat mengarahkan bola membuat bola melebar dari sisi kiri gawang MU. Hingga akhir babak pertama tidak ada lagi gol yang tercipta membuat keunggulan 1-0 MU bertahan hingga akhir babak pertama.

Di babak kedua, sebuah kombinasi serangan Paul Pogba, Romelu Lukaku diakhiri umpan matang Diogo Dalot dari sisi kanan kotak penalti ke depan gawang yang disambut dengan sundulan kepala Paul Pogba, tapi bola tidak tepat sasaran hanya melambung diatas mistar gawang. Manchester United baru bisa mencetak gol keduanya pada menit ke-52. Bermula dari sepak pojok yang dilakukan Ashley Young, bola melambung ke arah sebelah kiri tepi kotak penalti yang disambut sundulan kepala Smalling kedepan gawang, dalam perebutan bola Victor Lindelof berhasil menyundul bola terarah ke sebelah kiri depan gawang, Romelu Luka memenangkan perebutan bola lalu menendang bola sambil berbalik badan, bola masuk ke pojok atas gawang Palace, skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan MU.

Crystal Palace mengurung dan mengacak-acak pertahanan MU, buntutnya menit ke-66 sebuah umpan silang dari sisi kiri kotak penalti disambut dengan sundulan kepala Joel Ward bola mengarah ke dalam gawang sebelah kanan. Skor berubah menjadi 1-2 untuk Manchester United. Setelah gol tersebut, para pemain Palace semakin gencar menyerang mencoba menyamakan skor. Tapi dari sebuah serangan Paul Pogba yang menerima umpan di depan kotak penalti mengirim umpan terobosan ke kotak penalti sebelah kanan yang berhasil dikuasi Ashley Young yang berdiri bebas tak terkawal menggiring bola ke depan gawang sebelah kiri lalu melepaskan tendangan keras menyusur tanah, bola meluncur deras dipojok kanan bawah gawang di sela-sela kaki penjaga gawang. Skor berubah menjadi 3-1 untuk keunggulan Manchester United.

Di sisa pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Alhasil hingga akhir pertandingan Manchester United tetap unggul dengan skor 3-1. Walaupun MU dapat memenangkan pertandingan tapi tetap belum mengubah posisi mereka di posisi ke-5 dengan poin 55, karena hampir diwaktu bersamaan para pesaing MU diperebutan posisi empat seperti Chelsea dan Arsenal sama-sama meraih kemenangan. Sedangkan Crystal Palace dengan kekalahan tersebut harus tertahan di posisi ke-14 dengan 30 poin. Bagi Manchester United ini adalah kemenangan tandang beruntung kedelapan disemua ajang kompetisi untuk pertama kali dalam sejarah klub. Dan dalam 22 pertandingan terakhir di liga tidak terkalahkan dari Crystal Palace (Menang 18 kali, 4 kali seri).

Susunan Pemain:

CRYSTAL PALACE: Guaita, Tomkins, Kelly, Ward, Van Aanholt (Kouyate 83′), Schlupp, McArthur (Meyer 61′), Townsend, Milivojevic, Zaha, Batshuayi (Benteke 78′)

MANCHESTER UNITED: De Gea, Young, Smalling, Lindelof, Shaw, Dalot (Bailly 77′), Pogba, Fred (Garner 90′), McTominay, Sanchez (Rashford 77′), Lukaku.