Menu

Review Hasil Pertandingan Leg 1 Babak 16 Besar Liga Europa UEFA 2018/2019

Liga Europa UEFA 2018/2019 sudah menyelesaikan babak 16 besar leg 1 pada hari Jumat (8/3/2019) dini hari kick-off bersamaan mulai pukul 00.55 WIB. Beberapa tim favorit juara sesuai prediksi dapat hasil maksimal, meskipun ada juga yang tersandung. Yang paling mengejutkan tentu saja kekalahan Arsenal di kandang Rennes dengan skor cukup telak 1-3. Walaupun di leg kedua nanti Arsenal masih mungkin come back dan meraih tiket lolos ke babak perempat final karena akan bertindak sebagai tuan rumah, tapi minimal harus menang dengan skor 2-0 dan menjaga lawan jangan sampai mencetak gol tandang lebih dari satu gol. Sementara bagi Rennes untuk lolos hanya membutuhkan hasil imbang dengan atau tanpa gol.

Demikian juga dengan Sevilla walau tidak kalah hanya meraih hasil imbang tapi tamunya Slavia Praha mampu unggul dengan dua agregat gol tandang. Sevilla menjamu tamunya Slavia Praha di Ramon Sanchez Pizjuan dan sempat unggul cepat di menit pertama Wissam Ben Yedder, tapi Slavia Praha mampu menyamakan skor di menit 25 melalui Miroslav Stoch. Tiga menit berselang Sevilla kembali unggul melalui Munir El Haddadi. Tapi lagi-lagi Praha menyamakan skor menit ke-39 melalui Alex Kral. Skor imbang 2-2 bertahan hingga akhir babak pertama. Dibabak kedua tidak ada lagi gol yang tercipta sehingga skor akhir Sevilla vs Slavia Praha adalah 2-2. Dileg kedua nanti kedua tim masih mempunyai kesempatan yang sama. Sevilla harus menang minimal 1-0 untuk lolos, sedangkan bagi Slavia Praha yang akan jadi tuan rumah hanya membutuhkan hasil imbang 0-0 atau 1-1.

Dua tim kandidat kuat juara musim ini Napoli dan Chelsea mampu memaksimalkan sebagai tuan rumah dengan masing-masing meraih kemenangan meyakinkan. Napoli yang menjamu Red Bull Salzburg di San Paolo Stadio tidak menemui kesulitan untuk menaklukan tamunya dengan skor 3-0. Dua gol di babak pertama masing-masing dicetak oleh Arkadiusz Milik menit ke-10 dan Fabian Ruiz Pena pada menit ke-18. Satu gol tambahan tercipta dibabak kedua berkat gol bunuh diri Jerome Onguene pemain Red Bull. Sehingga Napoli bisa dipastikan lolos ke babak perempat final karena saat tandang ke kandang Red Bull hanya butuh minimal imbang dan bagi Red Bull tentu tidak akan mudah sekalipun jadi tuan rumah di leg kedua nanti karena harus dapat menang dengan skor 4-0.

Sementara itu Chelsea yang menjamu Dynamo Kiev di Stamford Bridge juga menang dengan skor 3-0. Satu gol di babak pertama dicetak oleh Pedro pada menit ke-17 dan dua gol tambahan lainnya dicetak di babak kedua melalui Willian pada menit ke-65 dan Callum Hudson-Odoi pada menit ke-90. Dengan keunggulan agregat 3 gol tentu bagi Chelsea hanya membutuhkan hasil imbang di leg kedua nanti saat bertandang ke kandang Dynamo Kiev. Sedangkan bagi Dynamo Kiev menjadi tugas berat jika ingin lolos karena harus menang minimal dengan skor 4-0. Tapi dalam sepakbola apapun bisa terjadi seperti pepatah “Bola itu bundar”. Jika tidak hati-hati dan menganggap enteng lawan bukan tidak mungkin bisa saja kepeleset dan kalah dengan skor telak.

Hasil pertandingan lainnya Eintracht Frankfurt yang menjamu Inter Milan harus bermain imbang 0-0 yang membuat kedua tim masih sama-sama memiliki peluang lolos, terlebih bagi Inter Milan yang di leg kedua nanti akan menjadi tuan rumah. Dinamo Zagreb yang menjadi tuan rumah menang tipis 1-0 atas tamunya Benfica, kedua tim juga masih punya peluang yang sama untuk lolos saat Benfica di leg kedua giliran menjamu Dinamo Zagreb. Kemenangan tipis juga diraih tuan rumah Valencia dengan skor 2-1 atas tamunya FC Krasnodar. Lain halnya dengan Villarreal yang menang telak di kandang Zenit dengan skor 3-1. Dengan unggul agregat gol tandang tentu sangat menguntungkan bagi Villarreal di leg kedua nanti yang giliran menjamu Zenit. Villarreal hanya butuh hasil imbang untuk dapat lolos, sedangkan bagi Zenit cukup berat karena minimal harus menang dengan skor 3-0.