Menu

Real Madrid Kalahkan Ajax Amsterdam 2-1 di Leg 1 Babak 16 Besar Liga Champions UEFA 2018/2019

Real Madrid berhasil mengalahkan Ajax Amsterdam wakil dari Liga Belanda dengan skor 2-1 di leg 1 babak 16 besar Liga Champions UEFA 2018/2019 pada hari Kamis (14/2/2019) mulai pukul 03.02 WIB. dini hari. Bertanding di stadion Amsterdam Arena kadang Ajax, Real Madrid yang merupakan juara bertahan Liga Champions UEFA 2017/2018 datang bertamu dengan satu tekad memenangkan pertandingan dan misi menjaga asa mempertahankan gelar juara sekaligus berharap bisa meraih gelar juara untuk keempat kalinya secara beruntun.

Sejak kick-off babak pertama dimulai baik Ajax maupun Real Madrid tampil menyerangan, jual beli serangan tak terhindarkan berusaha mencetak gol terlebih dahulu tapi solidnya pertahanan masing-masing membuat bola seperti enggan masuk kedalam gawang. Walaupun kedua tim menurunkan tim terbaiknya, tapi hingga babak pertama selesai tidak ada gol yang tercipta, alhasil skor kaca mata 0-0 menutup babak pertama.

Memasuki awal babak kedua baik Ajax dan Real Madrid masih kesulitan menembus pertahanan lawan. Baru pada menit ke-60 Karim Benzema, penyerang andalan Real Madrid memecah kebuntuan dengan berhasil mencetak gol setelah diawali aksi Vinicius Jr yang menggiring bola di sisi kiri, melewati beberapa pemain lalu mengirim umpan matang pada Benjema di kotak finalti, Benjema yang menerima umpan langsung melepaskan tendangan keras ke pojok kiri atas gawang Ajax yang di jaga Onana. Onana yang berusaha memblok dengan melompat menjangkau bola tapi tidak berhasil karena bola yang kencang dan dari jarak dekat, alhasil skor tercipta untuk keunggulan Real Madrid 1-0.

Skor 1-0 untuk keunggulan Real Madrid atas tuan rumah Ajax hanya bertahan 15 menit, karena pada menit ke-75 tercipta gol penyama kedudukan menjadi 1-1 yang berawal dari umpan segitiga, seorang pemain Ajax dari sepertiga lapangan di pertahanan Madrid melepaskan umpan ke sisi kiri kotak finalti yang berhasil dikontrol Neres lalu melepaskan umpan mendatar ke tengah kotak finalti yang disambut dengan sepakan Ziyech dan bola meluncur ke gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang Real Madrid.

Menjelang akhir pertandingan sebuah skema serang balik Casemiro dari tengah lapangan mengirim umpan terobosan ke sudut sebelah kanan yang berusaha dijangkau Daniel Carvajal, bola yang dalalm kontrol Carvajal yang walaupun mendapat gangguan dari pemain belakang Ajax berhasil melepaskan umpan lambung menyilang melewati beberapa pemain di dalam kotak finalti, berhasil dimanfaatkan Marco Asensio yang lolos dari jebakan off-side dengan bebas menyambut bola dan mengarahkan bola ke gawang yang melompong dan gol tercipta pada menit ke-87. Skor berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Real Madrid atas Ajax Amsterdam yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan Real Madrid atas Ajax Amsterdam dengan skor 2-1 membuat peluang Real Madrid untuk lolos ke babak perempatfinal menjadi semakin besar, mengingat di leg 2 giliran Real Madrid yang akan menjadi tuan rumah. Dengan keunggulan dua gol tandang tentu menjadi sangat berat untuk Ajax bisa lolos karena harus menang dengan selisih minimal dua gol atau memaksa extra time dengan skor 2-1 diwaktu normal. Tentu bagi Ajax merupakan mission imposible di leg 2 nanti, tapi dalam sepakbola bisa saja menjadi mission posible, karena apapun bisa terjadi dalam sepakbola. Walaupun peluang Real tetap lebih besar untuk bisa lolos ke babak perempat final.

Susunan Pemain

Ajax Amsterdam: Onana; Mazraoui, De Ligt, Blind, Tagliafico; Van de Beek, De Jong, Schone (Dolberg 73); Ziyech, Neres, Tadic

Real Madrid: Courtois; Carvajal, Ramos, Varane, Reguilon; Casemiro, Modric, Kroos; Bale (Vazquez 61), Benzema (Asensio 73), Vinicius (Diaz 81)