Menu

Real Madrid Kalah 0-3 dari Barcelona Semi Final Leg 2 Copa del Rey

Real Madrid menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu, Kamis (28/2/2019) pukul 03.00 WIB dini hari dalam lanjutan Copa del Rey leg 2. Secara agregat sebenarnya Real Madrid sedikit diuntungkan dengan gol tandang karena di leg pertama berakhir imbang 1-1. Jadi Real Madrid hanya butuh hasil imbang 0-0 atau menang 1-0 untuk dapat lolos ke babak final. Namun kenyataanya Real Madrid malah harus menelan kekalahan dengan skor telak 0-3 dari Barcelona. Alhasil Real Madrid tersingkir di babak semi final dan Barcelona melaju ke babak final Copa del Rey 2018/2019 dan berpeluang meraih trebel winner, karena Barcelona masih memimpin di liga Spanyol, maju ke babak final Copa del Rey, dan masih berkiprah di Liga Champions UEFA.

Babak pertama berlangsung ketat, kedua tim kesulitan menciptakan gol. Walaupun Real Madrid jadi tuan rumah tapi Barcelona unggul dalam penguasaan bola. Tuan rumah Real Madrid mampu melakukan serangan balik yang beberapa kali mengancam pertahanan Barcelona. Seandainya para pemain Real Madrid mampu memaksimalkan setiap peluang yang didapatkan mungkin merekalah yang akan berada di partai puncak. Vinicius Junior menerima umpan di dalam kotak penalti tanpa terkawal melepaskan tembakan tapi sayang bola hanya lewat di atas mistar gawang. Demikian juga saat umpan silang mendatar Karim Benzema dari sisi sebelah kiri ke depan gawang Barcelona disambut tendangan Vinicius tapi berhasil diblok penjaga gawang, bola liar jatuh di kaki Lucas Vasquez tapi Vasquez tidak sempurna dalam melakukan tendangan, bola malah melambung ke sisi kanan kotak penalti.

Vinicius yang bermain cukup bagus beberapa kali merepotkan pertahanan Barcelona. Kali ini dia masuk menerobos kotak penalti, lalu melepaskan umpan pada Karim Benzema di tengah kotak penalti. Benzema yang berdiri bebas di dalam kotak penalti, menerima umpan matang dan langsung melakukan tendangan, tapi bola berhasil diselamatkan kaki Ter Stegen kiper Barcelona. Begitu pula dengan peluang matang yang didapat Vinicius yang berdiri bebas depan gawang menerima umpan matang lalu menyambar bola sambil menjatuhkan diri, tapi lagi-lagi bola melambung di atas mistar gawang. Alhasil babak pertama ditutup dengan skor 0-0 yang sebetulnya sudah cukup untuk meloloskan Real Madrid ke babak final.

Real Madrid mengawali babak kedua tapi justru Barcelona mendapatkan peluang pertama dari situasi tendangan bebas Lionel Messi, bola lambung jatuh tepat di tengah kotak penalti yang disambut sundulan kepala Gerard Pique tapi bola melambung di atas mistar gawang. Karim Benzema balik mengancam dengan situasi hampir sama dengan Barcelona berawal dari tendangan bebas, bola yang datang ke dalam kotal penalti disambut dengan sundulan kepala Benzema, tapi bola sedikit melambung di atas mistar gawang Barcelona. Pada akhirnya Barcelona mampu mencetak gol lebih dahulu menit ke-50 berawal dari tusukan Dembele di sisi kiri kotak penalti memberikan umpan pada Luis Suarez yang langsung menyambar bola tersebut disela hadangan kaki Sergio Ramos, bola meluncur ke pojok kiri gawang Real Madrid tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Barcelona.

Setelah ketinggalan 0-1 dari Barcelona, Real Madrid bukan tanpa peluang beberapa peluang tercipta melalui sundulan kepala Reguilon tapi berhasil diblok penjaga gawang. Demikian juga dengan bola sundulan Casemiro yang sedikit melebar dari gawang. Adapula tendangan bebas Toni Kroos yang sedikit melambung dari gawang. Peluang matang yang didapat Vinicius Junior di depan gawang setelah mengecoh beberapa pemain Barcelona melepaskan tendangan ke arah pojok kanan gawang tapi bola sedikit melebar.

Namun dari sekian banyak peluang Real Madrid tanpa membuahkan gol, justru malah Barcelona yang sukses menggandakan keunggulan pada menit ke-69. Berawal dari seranga balik, umpan terobosan di kotak penalti sebelah kanan berhasil dikuasi Dembele yang kemudian melepaskan umpan silang ke depan gawang, Raphael Varane yang mencoba memblok bola agar tidak sampai pada Luis Suarez malah membelokan bola masuk ke dalam gawang sendiri dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Barcelona.

Alih-alih berusaha mengejar ketinggalan, justru Barcelona mampu menambah keunggulan menjadi 3-0 pada menit ke-73. Suarez yang masuk kedalam kotak penalti dilanggar oleh Casemiro dan wasit menghadiahkan tendangan penalti. Luis Suarez yang menjadi eksekutor tendangan penalti, sukses menceploskan bola ke dalam gawang yang dijaga K. Navas kiper Real Madrid tersebut mati langkah tak bisa menangkap bola tendangan penalti Suarez. Gol penalti Suarez ternyata menjadi gol penutup laga. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Barcelona sukses melaju ke babak final Copa del Rey 2018/2019 dengan keunggulan agregat gol 4-1.

Susunan Pemain:

Real Madrid: Keylor Navas; Daniel Carvajal, Sergio Ramos (c), Raphael Varane, Sergio Reguilon; Toni Kroos, Casemiro (Federico Valverde 75′), Luka Modric; Lucas Vazquez (Gareth Bale 68′), Karim Benzema, Vinicius Junior (Marco Asensio 81′)

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Nelson Semedo, Gerard Pique, Clement Lenglet, Jordi Alba; Sergi Roberto, Sergio Busquets (Arthur 86′), Ivan Rakitic; Lionel Messi (c), Luis Suarez (Arturo Vidal 78′), Ousmane Dembele (Philippe Coutinho 75′)