Menu

Real Madrid Geser Atletico Madrid di Peringkat Kedua Setelah Menang 3-1

Pertandingan sengit terjadi di pekan ke-23 LaLiga Santander 2018/2019 dalam tajuk derby Madrid, kali ini Atletico Madrid giliran menjamu Real Madrid di Standion Wanda Metropolitano pada hari Sabtu (9/2/2019) malam WIB. Tuan rumah Atletico Madrid yang tengah berupaya mengejar Barcelona di puncak klasemen malah harus menyerah kalah dari Real Madrid dengan skor 1-3. Dengan kekalahan tersebut, Atletico Madrid harus rela tempatnya digeser Real Madrid di peringkat kedua dan makin menjauh dari Barcelona. Tiga gol tercipta di babak pertama, dua gol dari pemain Real Madrid dan dan 1 gol lagi dari pemain Atletico Madrid. Dan di babak kedua hanya tercipta 1 gol tambahan dari pemain Real Madrid yang membuat Real Madrid menang 3-1 atas Atletico Madrid.

Sejak menit pertama babak pertama kedua tim memperagakan permainan menyerang dengan tempo cukup cepat sehingga enak ditonton. Gol baru tercipta di menit ke-16 melaui Casemiro. Berawal dari sepak pojok bola lambung mengarah ke tengah kotak finalti, bola yang jadi rebutan sundulan antara Sergio Ramos dan pemain belakang Atletico Madrid mengarah dan jatuh pada Casemiro yang tidak terkawal dan berhasil dimanfaatkan dengan melakukan tendangan akrobatik, sambil salto menendang bola yang mengarah ke pojok kiri gawang Atletico Madrid yang tak bisa diselamatkan penjaga gawang.

Kurang lebih sembilan menit kemudian sebuah umpan terobosan dari sisi kanan tengah lapangan dilepaskan Angel Correa, bola yang mengarah ke depan kotak finalti. Antoine Griezmann berlari sangat cepat tanpa bisa dikejar berusaha menjangkau dan mengontrol bola, dan setelah berhasil Antoine Griezmann menggiring bola ke kotak finalti dan saat berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, Antoine Griezmann menendang bola mendatar melewati selangkangan penjaga gawang dan meluncur masuk ke dalam gawang pada menit ke-25, dan gol tercita untuk menyamakan kedudukan menjadi 1-1. Tetapi sebelum wasit mensahkan gol Antoine Griezmann terlebih dahulu melakukan peninjauan melalui VAR karena Antoine Griezmann dinilai telah terjadi offside.

Menjelang akhir pertandingan babak pertama, sebuah aksi dari Vinicius Junior yang menggiring bola dari sisi kiri mencoba menerobos masuk ke kotak finalti, tapi dengan terpaksa diganjal dari belakang hingga terjatuh oleh pemain belakang Atletico Madrid. Kemudian wasit tanpa ragu menunjuk titik putih karena melai telah telah terjadi pelanggaran. Sergio Ramos yang maju sebagai eksekutor sukses menjebol gawang pada menit ke-42 dimana bola diarahkan ke pojok kiri yang tidak bisa diselamatkan penjaga gawanga Atletico Madrd dan membawa keunggulan 2-1 hingga babak pertama selesai.

Dibabak kedua permainan semakin menarik setelah terjadi beberapa pergantian pemain, kedua tim berusaha mencetak gol tambahan. Pelatih Real Madrid memasukan Gareth Bale untuk lebih meningkatkan daya serang dari sayap kiri, dan itu terbukti saat Luka Modric dari tengah mengiring bola lalu melepaskan umpan silang terobosan ke sisi kiri, bola berhasil dikuasai Bale di kotak finalti sebelah kiri, Bale yang menerima umpan matang mengontrol bola lalu melepaskan tendangan keras dengan kaki kiri ke arah pojok kanan gawang yang tak bisa dblok penjaga gawang Atletico Madrid. Gol tercipta pada menit ke-74 dan mengubah skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Real Madrid yang bertahan hinga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan atas Atletico Madrid, Real Madrid menggeser Atletico Madrid di peringkat kedua dengan mengoleksi 45 poin hasil dari 14 kali menang, 3 kali seri dan 6 kali kalah. Sedangkan Atletico Madrid dengan kekalah tersebut membuat mereka turun peringakat ke posisi ketiga dengan raihan 44 poin hasil dari 12 kali menang, 8 kali seri dan 3 kali kalah. Kemenangan ini juga buat Sergio Ramos dan Gareth Bale membuatkan catatan tersendiri. Musim ini bagi Sergio Ramos menciptakan rekor sendiri karena 100% sukses cetak gol dari titik putih tanpa kegagalan disemua ajang kompetisi dengan jumlah 8 gol finalti. Bagi Bale 1 golnya ke gawang Atletico Madrid membuat dirinya sudah mencetak 100 gol, 54 assist dari 217 penampilannya sejak berseragam Real Madrid dari tahun 2013 setelah direkrut dari Tottenham Hotspur.

Setelah mengalahkan Atletico Madrid, para pemain Real Madrid semakin termotivasi untuk mengejar Barcelona di puncak klasemen, seperti yang dituturkan Sergio Ramos pada beIN Sports, “Kami memenuhi target untuk memulihkan posisi di klasemen dan memangkas jarak dengan tim-tim teratas dan sekarang kami akan lihat bagaimana mereka tampil. Masih ada banyak poin yang diperebutkan dan tim mana pun bisa menyulitkan, seperti yang sudah kita lihat di putaran pertama musim. Kami punya harapan dan akan berjuang untuk tiga kompetisi. Liga memotivasi kami dan kami ingin terus memperjuangkannya dan menyulitkan Barcelona”.

Susunan Pemain

Atletico Madrid: Jan Oblak; Santiago Arias, Jose Gimenez, Diego Godin, Lucas Hernandez; Angel Correa, Saul Niguez, Thomas Partey, Thomas Lemar; Alvaro Morata, Antoine Griezmann

Real Madrid: Thibaut Courtois; Dani Carvajal, Raphael Varane, Sergio Ramos, Sergio Reguilon; Luka Modric, Casemiro, Toni Kroos; Lucas Vazquez, Karim Benzema, Vinicius Junior