Menu

Real Madrid Disingkirkan Ajax Amsterdam dari Liga Champions UEFA 2018/2019

Real Madrid secara mengejutkan disingkirkan Ajax Amsterdam dari Liga Champions UEFA 2018/2019 setelah di leg kedua babak 16 besar mengalami kekalahan telak 1-4 di kandang sendiri dan secara agregat kalah 3-5. Padahal Real Madrid hanya membutuhkan minimal hasil imbang untuk dapat lolos ke babak perempat final, mengingat di leg pertama Real Madrid sudah menang dengan skor 2-1 di kandang Ajax Amsterdam. Real Madrid sang juara bertahan 3 kali berturut-turut 2015/2016, 2016/2017 dan 2017/2018 Liga Champions UEFA harus tersingkir secara tragis di kandang sendiri. Kegagalan Real Madrid di Liga Champions musim ini tidak lepas dari berbagai masalah yang dihadapi sejak awal musim. Mulai dari mundurnya Zinedine Zidane, hengkangnya Cristiano Ronal do ke Juventus, dipecatnya Julen Lopetegui yang diganti dengan Santiago Solari, hingga menurunnya performa Gareth Bale dan yang terbaru dua kali kekalahan beruntun dari Barcelona diajang Copa del Rey dan LaLiga.

Sepertinya di musim ini Real Madrid tidak akan mendapat gelar apapun. Setelah disingkirkan Barcelona di babak semi final Copa del Rey, kali ini Real Madrid disingkirkan Ajax Amsterdam di babak 16 besar Liga Champions. Dan diajang LaLiga rasanya sudah tertutup peluang Real Madrid untuk menjuarai LaLiga karena hingga pekan ke-26 sudah tertinggal jauh dengan selisih 12 poin dari pimpinan klasemen Barcelona dan berada di peringkat ketiga. Real Madrid menjadi tim pertama yang gagal melaju ke babak perempat final dengan status juara bertahan setelah Chelsea di musim 2012/2013 yang gagal lolos dari fase grup. Buat Real Madrid kekalahan di kandang dengan skor 1-4 menjadi yang terbesar di kompetisi Eropa. Dan ini jadi kekalahan pertama Real Madrid dari Ajax setelah 7 kemenangan sebelumnya. Biasanya tim yang menang tandang dengan skor 2-1 di leg pertama akan lolos ke babak berikutnya setelah melewati leg kedua, tapi kali ini Real Madrid mengalami kegagalan sekaligus memutus rekor Real Madrid yang selalu masuk semi final dari delapan musim terakhir Liga Champions UEFA.

Real Madrid menjamu Ajax Amsterdam di Santiago Bernabeu pada hari Rabu (6/3/2019) dini hari kick-off pukul 03.00 WIB. Ajax yang terbebani dengan ketinggalan agregat gol 1-2 tampil lepas meladeni pemainan tuan rumah Real Madrid yang hanya butuh hasil imbang. Mengawali babak pertama langsung menekan pertahanan Ajax, dari sisi kanan Lucas Vazquez mengirim umpan silang lambung kotak penalti yang disambut dengan sundulan kepala Raphael Varane tapi sayang bola malah membentur mistar gawang. Fans Real Madrid justru malah dikejutkan dengan respon cepat para pemain Ajax, menit ke-7 berawal dari aksi Dusan Tadic yang berhasil merebut bola dari Toni Kroos menggiring bola dan masuk ke kotak penalti sebelah kanan, lalu memberikan umpan ke Hakim Ziyech yang langsung melepaskan tembakan keras menyusur karah ke arah pojok kiri gawang. Dan bola meluncur masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan Courtois kiper Real Madrid, mengubah skor menjadi 1-0 untuk Ajax.

Sebelas menit berselang dari gol pertama Ajax tepatnya pada menit ke-18, Ajax sukses menggandakan keunggulan. Bermula dari solo run Tadic yang melewati hadangan pemain Madrid dan dari depan kotak penalti melepaskan umpan terobosan yang berhasil dimanfaatkan oleh David Neres yang mengecoh penjaga gawang berhasil menceploskan bola ke dalam gawang dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk Ajax. Entah apa yang terjadi para punggawa Real Madrid, entah terpukul dengan dua gol cepat Ajax ataukah karena tidak tampil dalam form terbaiknya. Yang jelas terlihat begitu mudahnya para pemain Ajax memporakporandakan pertahanan Real Madrid. Walaupun berusaha keras mencoba mencetak gol balasan, tapi hingga akhir babak pertama Real Madrid kesulitan mencetak gol. Sehingga berakhirnya babak pertama, Real Madrid tertinggal dua gol dari Ajax dengan agregat gol 2-3 untuk Ajax.

Memasuki babak kedua, Real Madrid mencoba untuk segera mencetak gol untuk mengejar ketertinggalan karena sudah berada diposisi kritis. Alih-alih terus menggempur pertahanan Ajax, menit 62 gawang Real Madrid malah kebobolan untuk ketiga kalinya. Dusan Tadic melepaskan tendangan melengkung terarah ke pojok kiri atas gawang Real Madrid dari tepi kotak penalty, bola masuk ke gawang tanpa bisa ditepis penjaga gawang. Ajax unggul makin jauh dengan skor 3-0 atas Real Madrid atau unggul agregat 4-2. Pada menit ke-70 Real Madrid sempat memperkecil kedudukan menjadi 1-3 atau 3-4 secara agregat melalui Marco Asensio yang melepaskan tembakan menyusur tanah ke pojok kanan bawah dari tepi kotak penalti depan gawang yang tidak bisa dijangkau penjaga gawang. Dalam usaha terus mengejar selisih gol, dua menit berselang setelah gol Asensia, tepatnya menit ke-72 Real Madrid malah kembali kebobolan melalui tendangan bebas yang dilakukan oleh Lasse Schone dari sisi kiri bola melengkung masuk ke sisi sebelah kanan gawang Real Madrid mengubah skor menjadi 4-1 untuk keunggulan Ajax.

Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, Real Madrid harus menyerah kalah 1-4 di kandang sendiri dari tamunya Ajax Amsterdam yang sekaligus menyingkirkan Real Madrid dari babak 16 besar Liga Champions. Sementara bagi Ajax Amsterdam, kemenangan 4-1 di leg kedua setelah tertinggal 1-2 di leg pertama membawa mereka ke babak perempat final Liga Champions UEFA 2018/2019 dengan keunggulan agregat gol 5-3.

Susunan Pemain:

Real Madrid: Courtois, Carvajal, Nacho, Varane, Reguilon, Modric, Casemiro (valverde 87′), Kroos, Vazquez (Bale 29′), Benzema, Vinicius (Asensio 35′)

Ajax Amsterdam: Onana, Mazraoui (Veltman 81′), de Ligt, Blind, Tagliafico, Schone (de Wit 73′), van de Beek, de Jong, Ziyech, Tadic, Neres (Dolberg 74′)