Menu

Real Madrid Belum Bisa Move On dari Cristiano Ronaldo di Laga El Clasico Menghadapi Barcelona

Real Madrid menjamu Barcelona di Santiago Bernabeu dalam waktu kurang dari tiga hari menjalani dua laga El Clasico didua ajang yang berbeda. Pertama pada hari Kamis (28/2/2019) pukul 03.00 WIB dini hari dalam lanjutan semifinal Copa del Rey leg 2. Saat itu Real Madrid hanya butuh hasil imbang 0-0 untuk bisa lolos ke final Copa del Rey setelah dileg 1 saat bermain di Camp Nou kandang Barcelona bermain imbang 1-1. Tapi hasil akhir dileg 2 Real Madrid harus rela tersingkir karena kalah telak 0-3 atau secara agregat kalah 1-3 dari Barcelona. Tiga hari kemudian tepatnya pada hari Minggu (3/3/2019) dinihari pukul 02.44 WIB. Real Madrid kembali menghadapi Barcelona diajang LaLiga Santander (Liga Spanyol) 2018/2019 pekan ke-26. Lagi-lagi Real Madrid harus takluk di kandang sendiri, kali ini dengan skor tipis 0-1 untuk kemenangan Barcelona.

Di LaLiga Barcelona memimpin klasemen dengan 60 poin hingga pekan ke-26 hasil dari 18 kali menang, 6 kali seri dan 2 kali kalah. Sedangkan Real Madrid berada di posisi ketiga dengan 48 poin hasil dari 15 kali menang, 3 kali seri dan 8 kali kalah. Dengan selisih 12 poin ditunjang dengan konsistensi permainan Barcelona, rasanya sangat sulit bagi Real Madrid untuk dapat mengejar Barcelona di peringkat pertama. Yang mungkin bisa dilakukan adalah memperebutkan peringkat kedua klasemen yang ditempati Atletico Madrid.

Real Madrid tanpa kemenangan di lima pertemuan terakhir menghadapi Barcelona di LaLiga dengan 2 kali imbang dan 3 kali kalah. Sementara Barcelona dapat menjadi tim pertama dalam sejarah kompetisi LaLiga menang empat kali beruntun dalam laga tandang menghadapi Real Madrid. Bahkan di LaLiga musim ini Barcelona sukses mengalahkan Real Madrid di laga kandang dan tandang. Pada putaran pertama LaLiga musim ini, pada 28 Oktober 2018 saat bermain di Camp Nou, Barcelona menggasak Real Madrid dengan skor telak 5-1. Dan pada putaran kedua LaLiga, Barcelona juga mengalahkan Real Madrid di Santiago Bernabeu dengan skor 1-0. Hal ini menunjukan bahwa Barcelona mulai sulit dikalahkan oleh Real Madrid.

Ada satu sosok yang mungkin dirindukan fans dan sebagian pemain Real Madrid, bahkan mungkin juga oleh para punggawa Barcelona. Dialah Cristiano Ronaldo, karena ternyata laga yang bertajuk El Clasico setiap kali Real Madrid bertemu Barcelona terasa kurang gregetnya tanpa kehadiran sosok CR7 di lapangan. Lebih dari sekedar persaingan kedua klub antara Real Madrid dan Barcelona tapi juga ada persaingan antara Lionel Messi dengan Cristiano Ronaldo, dan itu hilang di musim ini. Ibarat sayur tanpa garam, LaLiga musim ini terasa hambar terutama persaingan Real Madrid dengan Barcelona.

Mungkin kalau saja masih ada Cristiano Ronaldo, Real Madrid masih bisa bersaing memperebutkan gelar juara Liga Spanyol 2018/2019. Pun mungkin Real Madrid tidak akan mengalami kekalahan dua kali di laga kandang dan tandang LaLiga. Sepertinya belum ada sosok yang mampu menggantikan CR7 di lini depan Madrid. Gareth Bale yang diharapkan bisa menggantikan peran yang ditinggalkan Ronaldo malah tidak tampil optimal, demikian juga dengan pemain lainnya. Rupanya secara umum sepertinya Real Madrid belum bisa Move On sejak kepergian Cristiano Ronaldo ke Juventus.