Menu

Raheem Sterling Cetak Hat-Trick saat Inggris menang 5-0 atas Ceko di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Tim Nasional Inggris yang tergabung di Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020 bersama Bulgaria, Montenegro, Kosovo dan Republik Ceko. Dilaga perdana Grup A Inggris menjamu Republik Ceko di Stadion Wembley pada hari Sabtu (23/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.47 WIB. Gareth Southgate pelatih Inggris mencoba menurunkan Jadon Sancho sebagai starter untuk menggantikan Marcus Rashford yang dipulangkan akibat cidera. Jadon Sancho yang sedang tampil gemilang di Borussia Dortmund tentu ingin membuktikan kemampuannya pada Southgate bahwa dirinya memang layak untuk masuk timnas Inggris. Untuk pertandingan kali ini, Southgate juga memanggil Callum Hudson-Odoi salah satu pemain muda Chelsea yang sedang naik performa permainannya di liga.

Sejak kick-off babak pertama para pemain Inggris menggebrak lewat serangan-serangan yang membahayakan pertahanan tim tamu Republik Ceko. Inggris membutuhkan waktu kurang lebih 24 menit untuk bisa mencetak gol pertamanya. Berawal dari kerjasama apik, Harry Kane memberikan umpan pada Jadon Sancho yang membuka ruang di sisi kanan. Setelah berhasil menguasai bola Sancho kemudian melepaskan umpan silang ke depan gawang yang disambut dengan sepakan Raheem Sterling membuat bola berbelok dan masuk kedalam gawang mengubah skor menjadi 1-0 untuk Inggris pada menit ke-24.

Setelah gol pertama yang dicetak Sterling, segala usaha para pemain Inggris untuk menambah gol selalu kandas dipertahanan Republik Ceko. Demikian juga sebaliknya, usaha para pemain Ceko untuk keluar dari tekanan dan melakukan serangan balik selalu dapat dipatahkan para pemain bertahan Inggris. Keberuntungan datang bagi Inggris pada masa injury time Pavel Kaderabek melanggar Sterling di dalam kotak penalti dan tanpa ragu wasit menunjuk titik putih. Harry Kane yang maju sebagai eksekutor tendangan penalti sukses menceploskan bola kedalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang. Gol tercipta pada menit ke-45+2 dan mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Inggris sekaligus menutup skor di babak pertama.

Dibabak kedua para pemain Inggris semakin gencar melakukan serangan dan tekanan pada pertahanan Republik Ceko. Para pemain Ceko yang berjuang keras untuk tidak kebobolan lagi hanya mampu mempertahankan pertahanannya kurang lebih selama 17 menit. Karena pada menit ke-62 Raheem Sterling berhasil mencetak gol keduanya memanfaatkan umpan dari Kyle Walker. Sterling melepaskan tembakan bola yang melengkung dengan kaki kirinya mengecoh penjaga gawang dan bola masuk ke dalam gawang mengubah skor menjadi 3-0 untuk Inggris. Enam menit berselang tepatnya pada menit ke-68 kembali Raheem Sterling mencetak gola ketignya. Tendangannya dari pinggir kotak penalti sempat membentur Celutska pemain Ceko tapi bola kemudian masuk kedalam gawang mengubah skor menjadi 4-0 untuk Inggris.

Hat-trick Raheem Sterling dalam pertandingan kali ini merupakan yang pertama kalinya untuk timnas Inggris, meneruskan performa cemerlang di Manchester City. Disepuluh menit babak kedua Inggris mendapatkan gol tambahan lewat gol bunuh diri pemain Ceko. Berawal dari tusukan Callum Hudson-Odoi di sisi kiri kemudian melepaskan tembakan keras ke arah gawang yang berhasil diblok penjaga gawang, tapi bola pantul membentur Tomas Kalas dan bola pantulannya masuk ke dalam gawang. Gol tercipta pada menit ke-84 dan mengubah skor menjadi 5-0 untuk Inggris. Disisa waktu pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta. Inggris meraih kemenangan meyakinkan dilaga perdana Grup A Kualifikasi Piala Eropa 2020.

Berkat kemenangan telak Inggris atas Republik Ceko, untuk sementara menempatkan Inggris di posisi pertama Grup A. Di posisi kedua dan ketiga ditempati Bulgaria dan Montenegro yang bermain imbang 1-1, sementara Kosovo masih belum bermain. Kemenangan di laga perdana menambah kepercayaan diri skuad besutan Gareth Southgate untuk dapat meraih hasil terbaik disetiap pertandingan agar dapat memuluskan jalan menuju putaran final Piala Eropa 2020. Walaupun perjalanan masih panjang, tapi jik melihat performa permainan timnas Inggris dan seandainya mereka mampu mempertahankan performanya, bukan hal yang tidak mungkin Inggris akan lebih cepat memastikan lolos ke Piala Eropa 2020.

Susunan Pemain:

Inggris: Jordan Pickford, Kyle Walker, Michael Keane, Harry Maguire, Ben Chilwell; Dele Alli (Rice 63′), Eric Dier (Barkley 17′), Jordan Henderson, Jadon Sancho, Harry Kane, Raheem Sterling (Hudson-Odoi 70′)

Republik Ceko: Jiri Pavlenka; Pavel Kaderabek, Ondrej Celustka, Tomas Kalas, Filip Novak; Tomas Soucek, David Pavelka; Theodor Gebre Selassie, Vladimir Darida (Masopust 67′), Jakub Jankto (Vydra 46′); Patrik Schick (Skoda 82′)