Menu

Rafael Nadal Melaju ke Semifinal Australia Terbuka 2019

Rafael Nadal, mantan petenis nomor satu dunia itu berhasil melaju ke semifinal Australia Terbuka 2019 setelah di perempatfinal yang digelar di Rod Laver Arena, Selasa (22/1/2019) tanpa kesulitan berarti mengkandaskan perlawanan petenis non unggulan Frances Tiafoe dalam waktu 1 jam 47 menit dengan skor akhir 6-3, 6-4, 6-2. Suskes ini juga diikuti dengan pencapaian belum kehilangan satu setpun sejak awal turnamen hingga melaju ke semifinal.

Keberhasilannya melaju ke semifinal menebus kegagalannya tahun lalu yang terhenti dibabak perempatfinal akibat mengalami masalah dan dia sangat bahagia untuk pencapaiannya di tahun ini. “Aku mengalami masalah di turnamen ini pada tahun lalu. Bisa kembali ke semifinal berarti segalanya untukku. Aku ingin berterima kasih kepada semua orang. Bisa bermain di sini selalu spesial,” tutur Nadal.

Rafael Nadal di turnamen Australia Terbuka 2019 ini menempati unggulan ke-2 dan akan menghadapi unggulan ke-14 yaitu Stefano Tsitsipas di babak semifinal. Tsitsipas sukses maju ke babak semifinal berkat keberhasilannya menumbangkan perlawanan Roberto Bautista Agut dalam permainan 4 set yang melelahkan tentunya dengan skor 7-5, 4-6, 6-4, 7-6 (2).

Tsitsipas seorang petenis muda berbakat dengan usia yang baru 20 tahun diprediksi bakal menjadi bintang yang bersinar terang di masa depan, dan menandai era baru tenis generasi muda. Pertemuan antara petenis berpengalaman dengan petenis muda berbakat ini sejatinya sudah pernah 2 kali bertemu dan di semifinal ini tentu akan menjadi yang ketiga buat mereka berdua. Nadal dari dua pertemuan itu berhasil menang yakni di Barcelona Terbuka dan Rogers Cup 2018.

Menurut Nadal pertemuan ketiganya dengan petenis muda Tsitsipas akan berlangsung menarik. Karena para petenis mudah sudah banyak ambil bagian dalam turnamen besar, yang menurutnya harus bisa menunggu lebih sedikit tapi rupanya di tahun ini para petenis mudah tidak bersabar menunggu untuk ambil di turnamen besar. Jadi, tahun ini akan jadi pengalaman hebat terlebih bisa memberikan pengalaman kepada para petenis muda.

Dikutip BBC, “Aku pernah bilang bahwa petenis-petenis muda bisa sedikit menunggu, tapi sepertinya mereka tidak ingin menunggu. Mereka sekarang bersaing di sini. Ini akan menjadi sebuah tahun yang hebat dalam kaitannya dengan berbagi generasi yang membuat olahraga ini istimewa. Itu akan menarik. Kita lihat saja apa yan akan terjadi” ucap Nadal.

Bagi Rafael Nadan sendiri keikutsertaannya dalam turnamen Australia Terbuka 2019 ini mempunyai ambisi tersendiri untuk meraih gelar juara kedua kalinya dimana, ia pernah meraihnya pada tahun 2009, jadi sudah cukup lama sekali. Walaupun sebenarnya, Nadal sudah tiga kali masuk final tapi selalu kalah. Dengan demikian tidak ada salahnya di tahun 2019 ini Nadal berharap bisa meraih gelar juara Australia Terbuka 2019.