Menu

Prancis Menang Telak 4-0 atas Islandia di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Prancis meraih kemenangan kedua saat jadi tuan rumah menghadapi tim tamu Islandia dengan skor telak 4-0 dalam lanjutan Grup H kualifikasi Piala Eropa 2020. Sementara kemenangan pertama Prancis diraih dalam laga perdana kualifikasi juga dengan skor telak dikandang Moldova dengan skor 4-1. Dengan kemenangan di dua laga awal kualifikasi membuat kepercayaan diri para pemain semakin meningkat dan memuluskan langkah untuk lolos dari babak kualifikasi menuju putaran final Piala Eropa 2020. Empat gol kemenangan Prancis yang dilesakan ke gawang Islandia masing-masing dicetak oleh Samuel Umtiti, Olivier Giroud, Kylian Mbappe dan Antoine Griezmann. Perfoma lini depan Les Bleus tentu sangat memuaskan Didier Claude Deschamps pelatih Prancis.

Prancis menjamu Islandia di Stade De France pada hari Selasa (26/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. Dengan skuad bertabur bintang tuan rumah sempat disulitkan mencetak gol setelah unggul cepat di awal babak pertama sehingga babak pertama ditutup dengan skor 1-0. Gol pertama tuan rumah dicetak oleh Samuel Umtiti pada menit ke-12 memanfaatkan bola lambung dari sepak pojok, bola kemudian disambut dengan sundulan kepala dan selanjutnya bola masuk kedalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang, mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Prancis. Setelah gol yang dicetak Umtiti, Prancis seperti mengalami kebuntuan untuk mencetak gol berikutnya.

Olivier Giroud nyaris menambah skor pada menit ke-18 setelah sundulan kepalanya memanfaatkan umpan silang Benjamin Pavard berhasil diblok Hannes Thor Halldorsson penjaga gawang Islandia. Demikian juga dengan peluang Mbappe pada menit ke-24 bola hasil sepakannya hanya tipis melebar dari sisi gawang. Islandia sempat mengejutkan tuan rumah melalui tendangan bebas Gylfi Sigurdsson pada menit ke-36, tapi berhasil diselamatkan pemain belakang Prancis. Peluang terakhir datang dimenit akhir babak pertama memanfaatkan umpan Layvin Kurzawa bola disundul oleh Blaise Matuidi tapi hanya melebar dari gawang. Babak pertama berakhir tuan rumah Prancis harus puas dengan skor tipis 1-0.

Memasuki babak kedua tim tamu Islandia sempat mengejutkan tuan rumah pada menit ke-2 setelah Birkir Bjarnason berhasil melepaskan tembakan mendatar tapi beruntung masih bisa diselamatkan Hugo Lloris penjaga gawang Prancis. Butuh waktu hampir 23 menit bagi tuan rumah Prancis untuk bisa menggandakan skor, tepatnya pada menit ke-68 umpan silang Benjamin Pavard yang gagal diantisipasi Halldorsson, bola berhasil disontek Olivier Giroud dan masuk kedalam gawang mengubah skor menjadi 2-0 untuk Prancis. Setelah gol Giroud kran gol Prancis yang semula mampet menjadi lancar.

Pada menit ke-78 Prancis kembali menambah skor melaui Kylian Mbappe setelah menerima umpan dari Antoine Griezmann, Mbappe dengan tenang menceploskan bola ke dalam gawang mengubah skor menjadi 3-0 untuk Prancis. Enam menit berselang atau tepatnya pada menit ke-84 Antoine Griezmann tidak ketinggalan mencetak gol. Kali ini gilliran Kylian Mbappe yang memberi umpan dengan tumit pada Griezmann. Kemudian Griezmann melewati Halldorsson kiper Islandia untuk selanjutnya menceploskan bola ke dalam gawang, mengubah skor menjadi 4-0 untuk keunggulan Prancis.

Hingga akhir pertandingan Prancis tetap unggul 4-0, hasil yang sepadan dengan performa permainan para pemain Prancis. Unggul 76% dalam penguasaan bola dengan melepaskan 15 tembakan melebar dan 5 tembakan on target, memperlihatkan bahwa Prancis begitu mendominasi pertandingan atas Islandia yang hanya 24% dalam penguasaan bola, melepaskan 4 tembakan melebar dan 4 tembakan on target. Dengan kemenangan ini membuat Prancis untuk sementara menempati posisi pertama Grup H dengan 6 poin sama dengan Turkey diperingkat kedua hanya unggul selisih poin berkat kemenangan atas Moldova 4-0. Diperingkat ketiga ada Albania dengan poin 3 yang menang 4-0 juga atas Andora, sama poinnya dengan Islandia diperingkat keempat hanya unggul selisih gol.

Susunan Pemain:

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Layvin Kurzawa (Presnel Kimpembe 85′); Paul Pogba, N’Golo Kante (Thomas Lemar 80′); Kylian Mbappe, Antoine Griezmann, Blaise Matuidi, Olivier Giroud (Moussa Sissoko

Islandia: Hannes Thor Halldorsson; Birkir Mar Saevarsson (Skulason 84′), Sverrir Ingason, Kari Amason, Ragnar Sigurdsson, Hordur Magnusson; Runar Mar Sigurjonsson (Traustason 57′), Aron Gunnarsson, Birkir Bjarnason; Gylfi Sigurdsson, Johann Gudmundsson (Finnbogason 62′)

tokoisipulsa agenpulsa