Menu

Prancis Kalahkan Moldova 4-1 di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Prancis mengawali laga perdana Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan manis. Di Grup H Prancis begabung bersama Islandia, Turkey, Albania, Andora dan Moldova. Laga perdana Prancis harus bertandang ke markas Moldova. Bermain di Stadionul Zimbru pada hari Sabtu (23/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. Tuan rumah Moldova tidak berkutik menahan gempuran tim tamu Prancis, sehingga harus menyerah dengan skor 1-4. Walaupun Moldova salah satu tim lemah dan diatas kertas Pranis tidak akan kesulitan mengalahkan Moldova, tapi Didier Claude Deschamps pelatih Prancis tetap menurunkan tim terbaiknya. Deschamps menyadari betul kemenangan di laga perdana sangat penting sebagai modal dipertandingan-pertandingan berikutnya.

Para pemain Prancis walaupaun harus bermain di kandang lawan, tapi tetap dapat mendominasi jalannya pertandingan. Sejak menit pertama babak pertama langsung memberi tekanan-tekanan yang merepotkan pertahanan tuan rumah. Setelah duapuluh menitan pertandingan berlangsung Prancis baru bisa menjebol gawang tuan rumah. Tepatnya pada menit ke-24 Prancis bisa membuka skor melalui tendangan voly Antoine Griezmann yang menerima umpan dari Paul Pogba. Bola menembus gawang tanpa bisa diselamatkan Alexei Koselev kiper Moldova, mengubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan Prancis.

Setelah gol pertama yang dicetak Antoine Griezmann, hanya butuh waktu tiga menit Prancis dapt menggandakan keunggulan. Pada menit ke-27 Raphael Varane berhasil menceploskan bola melalui sundulan kepal memanfaatkan sepak pojok Griezmann, mengubah skor menjadi 0-2 untuk Prancis. Kurang dari sepuluh menit tepatnya pada menit ke-36 kembali Prancis dapat menambah keunggulan menjadi 0-3. Berawal dari umpan yang diberikan Blaise Matuidi dari sisi kiri, bola berhasil disambut dengan sepakan Olivier Giroud dan bola terarah ke pojok kanan bawah mengoyak gawang Moldova tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang. Keunggulan Prancis dengan skor 3-0 bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua para pemain Prancis sedikit mengendurkan tempo permainan, sebaliknya tuan rumah berusaha untuk kelur dari tekanan dan memperkecil ketinggalan. Tapi pertahanan tim Prancis terlalu tangguh untuk bisa ditembus para penyerang Moldova. Terlebih setelah bisa melakukan serangan balik mencoba menerobos pertahanan Prancis, para pemain Moldova harus kembali sibuk berjibaku menahan gempuran para pemain Prancis agar tidak kebobolan lebih banyak lagi. Namun, pertahanan tuan rumah pada akhirnya jebol juga pada menit ke-87. Umpan matang Thomas Lemar berhasil dituntaskan Kylian Mbappe untuk mengubah skor menjadi 0-4 untuk keunggulan Prancis.

Menjelang akhir pertandingan tepatnya pada menit ke-89 Moldova bisa mencetak gol hiburan untuk memperkecil kedudukan. Bermula dari kemelut yang terjadi di mulut gawang Prancis, bola sundulan berhasil diblok Hugo Lloris, tapi bola muntah menjadi liar di depan gawang dan mengarah ke Vladimir Ambros yang tanpa kesalahan berhasil mencocor bola sehingga bola masuk kedalam gawang yang mengubah skor menjadi 1-4 masih untuk keunggulan tim tamu Prancis. Hingga akhir pertandingan skor 1-4 untuk Prancis tetap tidak berubah.

Prancis memang pantas memenangkan pertandingan di laga perdana kualifikasi Piala Eropa 2020, dari catatan statistik pertandingan Prancis unggul 68% dalam penguasaan bola dengan melepaskan 17 tembakan melebar dan 10 tembakan on target. Sedangkan Moldova hanya mampu mencatatkan 32% penguasaan bola dengan melepaskan 4 tembakan melebar dan 1 tembakan on target. Alhasil dengan kemenangan ini, untuk sementara Prancis memimpin Grup H unggul selisih gol dari Islandia yang berhasil mengalahkan tuan rumah Andora dengan skor 2-0, disusul Turkey yang juga meraih kemenangan dikandang Albania dengan skor juga sama 2-0.

Susunan Pemain:

Moldova: Alexei Koselev; Ion Jardan, Veaceslav Posmac, Catalin Carp, Oleg Reabciuk; Eugeniu Cebotaru, Artur Ionita; Alexandru Antoniuc (AMbros 73′), Eugeniu Cociuc (Rozgoniuc 46′), Radu Ginsari; Ion Nicolaescu (Damascan 59′)

Prancis: Hugo Lloris; Benjamin Pavard, Raphael Varane, Samuel Umtiti, Layvin Kurzawa; Paul Pogba, N’Golo Kante; Kylian Mbappe, Antoine Griezmann (Lemar 73′), Blaise Matuidi (Thauvin 73′); Olivier Giroud (Fekir 81′)