Menu

Portugal Juara UEFA Nations League 2019

Tim Nasional Portugal sukses menjadi juara UEFA Nations League 2019 setelah dipartai final mengalahkan Timnas Belanda dengan skor 1-0. Pertandingan final digelar di Estadio Do Dragao, Porto, Portugal pada hari Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Selecao das Quinas julukan untuk timnas Portugal mampu mencetak gol semata wayang di babak kedua melalui Goncalo Guedes yang tidak mampu dibalas pasukan The Orange. Walaupun anak asuh Ronald Koeman mampu sedikit unggul dalam penguasaan bola dengan 57% berbanding 43% anak asuh Fernando Santos, tapi Portugal cukup efektif dengan mampu melepaskan 18 tembakan dengan 7 on target dan 1 berbuah gol, sedangkan Belanda hanya mampu melepaskan 4 tembakan dengan 1 on target.

Keberhasilan Portugal meraih tropy UEFA Nations League 2019 merupakan tropy kedua dalam tiga tahun terakhir setelah sebelumnya juga berhasil meraih gelar bergengsi Piala Eropa 2016. Dikutip dari Reuters, pelatih Portugal Fernando Santos mengungkapkan keberhasilan Portugal meraih tropy dalam kompetisi yang diikutinya tidak lepas dari kepercayaan pada pelatih, tim yang solid seperti sebuah keluarga dan semua akan terus bekerja keras untuk dapat meraih juara dalam setiap kompetisi. “Para pemain ini sudah menyelesaikan pekerjaan fantastis. Kami tak mempunyai waktu untuk menciptakan rutinitas, jadi mereka harus percaya pelatih mereka. Untuk lima tahu terakhir, kami menjadi keluarga yang solid yang kami tahu apa yang bisa kami lakukan. Kami akan terus bekerja dengan cara yang sama… kami selalu menjadi kandidat untuk memenangi kompetisi yang kami ikuti”.

Sementara itu pelatih tim nasional Belanda, Ronald Koeman menyatakan meskipun timnya harus mengakui keunggulan Portugal, tapi hasil yang didapat merupakan sebuah kemajuan untuk mendapatkan hasil positif kedepannya. Sebagimana diketahui, timnas Belanda dalam dua ajang kompetisi bergengsi sebelumnya yaitu Piala Eropa 2016 dan Piala Dunia 2018 gagal ikut berpartisipasi dan hanya bisa menjadi penonton. Seperti dikutip dari Reuters, Koeman mengatakan “Kami tahu bahwa kami melakukan langkah besar dari tahun sebelumnya dan ini positif. Tapi, untuk membuat langkah berikutnya mungkin kami membutuhkan waktu. Mungkin masih terlalu dini untuk menjadi juara, ada Piala Eropa yang bergulir tahun depan. Tapi, saya tak ingin menjadi terlalu negatif mengenai performa tim ini, para pemain ini. Saya sangat bangga pada semangat tim, cuma dengan itu tak cukup malam ini. Tapi, secara satu musim keseluruhan sungguh sangat positif”.

Apabila kita perhatikan data statistik pada pertandingan final antara Portugal dengan Belanda, kedua tim sebenarnya cukup berimbang yang dapat kita lihat juga dengan hasil dibabak pertama yang berakhir dengan skor 0-0. Walaupun Belanda unggul tipis dalam penguasaan bola tapi minim melakukan ancaman terhadap gawang Portugal. Sementara Portugal lini serangnya begitu dominan mampu membombardir pertahanan Belanda. De Oranje tidak memiliki pembeda seperti yang dimiliki tim Selecao das Quinas seperti Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva, dan Guedes. Faktor pembeda inilah yang membuat Portugal dapat keluar menjadi juara UEFA Nations League 2019.

Selain gelar juara UEFA Nations League 2019, dua pemain Portugal juga meraih penghargaan bergengsi dalam turnamen tersebut. Cristiano Ronaldo menjadi top skor dan Bernardo Silva menjadi pemain terbaik. Sementara dari tim Belandan, ada pemain berusia 22 tahun yaitu Frenkie De Jong yang meraih penghargaan sebagai pemain muda terbaik.

Susunan Pemain:

Portugal: Patricio; Semedo, Fonte, Rúben Dias, Guerreiro; Danilo, William Carvalho (Neves 90), Bruno Fernandes (Moutinho 81); Bernardo Silva, Ronaldo, Guede (Rafa 75)

Belanda: Cillessen; Dumfries, Van Dijk, De Ligt, Blind; Wijnaldum, De Jong, De Roon (Luuk de Jong 81); Bergwijn (van De Beek 60), Depay, Babel (Promes 46)