Menu

Penalti Lionel Messi Bawa Barcelona Menang 1-0 atas Real Valladolid

Barcelona akhirnya bisa bernafas lega setelah kembali meraih poin penuh di kandang sendiri, setelah didua laga sebelumnya meriah hasil imbang 2-2 saat menghadapi Valencia dan diimbangi Athletic Club tanpa gol, membuat para pemain Barcelona sedikit dalam tekanan, mengingat di tengah pekan besok tepatnya pada hari Rabu (20/2/2019) dini hari WIB. harus bertandang ke markas Lyon untuk menjalani laga 16 besar leg 1 Liga Champions UEFA 2018/2019. Barcelona yang membutuhkan kemenangan menurunkan Lionel Messi sejak kick-off babak pertama, hal tersebut bisa difahami karena Barcelona berharap bisa membuat gol cepat untuk segera mengamankan kemenangan, karena dilaga sebelumnya yang mengistirahatkan Messi, sangat terasa Barcelona kesulitan mencetak gol dan memenangkan pertandingan.

Bertanding di kandang sendiri, Camp Nou pada hari Minggu (17/2/2019) kick-off pukul 02.47 WIB dini hari, Barcelona menjamu Real Valladolid dalam lanjutan Liga Spanyol 2018/2019 pekan ke-24. Dalam pertandingan kali ini, pelatih Barcelona mengistirahatkan Luis Suarez, Cautinho dan Ivan Rakitic yang baru dimasukan pada pertengahan babak kedua. Walaupun tanpa ketiga pemain tersebut dan mengandalkan Boateng dan Dembele untuk mendukung Messi tetap tampil dominan membombardir pertahanan Valladolid. Berulang kali pergerakan Messi di depan dan dikotak penalti sangat merepotkan para pemain Valladolid. Namun, hingga empat puluh menit berlalu gol dari kedua tim belum juga tercipta. Para pemain Valladolid juga bukan tanpa perlawanan, selain solid dibelakang juga cukup merepotkan pertahanan Barcelona melalui serangan baliknya.

Barcelona baru bisa membukukan keunggulan pada menit ke-43 melalui titik penalti. Berawal dari kontroversi pelanggaran terhadap Gerard Pique, wasit tanpa ampun menghadiahkan Barcelona tendangan penalti. Para pemain Valladolid mungkin mengira Pique sengaja menjatuhkan diri karena upaya menjatuhkan Pique oleh salah satu pemain Valladolid yang mengawalnya saat itu, selain sebelumnya tangan yang mungkin dilihat wasit menarik dan menyebabkan Pique terjatuh dalam kotak penalti. Anehnya wasit tidak meninjau melalui VAR, karena mungkin sudah yakin telah terjadi pelanggaran terhadap Pique. Lionel Messi yang maju sebagai algojo sukses mengeksekusi tendangan penalti ke arah pojok kanan bawah tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang walau sudah tertebak arahnya tapi bola meluncur kedalam gawang dengan cepat, sehingga skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Barcelona yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Dibabak kedua permainan Barcelona semakin berkembang terlebih setelah masuknya Suarez, Cautinho dan Ivan Rakitic membuat mereka semakin gencar menggempur pertahanan Valladolid, tapi tak satupun yang dapat berbuah gol. Barcelona berpeluang menambah keunggulan setelah Cautinho dilanggar di kotak penalti yang berbuah hukuman penalti lagi. Kali ini Messi yang menjadi eksekutor, tendangan penaltinya gagal berbuah gol setelah bola yang meluncur kembali ke arah kanan berhasil diblok penjaga gawang, alhasil skor 1-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan Barcelona vs Real Valladolid dengan skor tipis 1-0 membuatnya makin kokoh di puncak klasemen dengan mengoleksi 54 poin hasil dari 16 kali menang, 6 kali seri dan 2 kali kalah. Sekaligus dengan kemenangan ini bisa menjadi modal berharga sebagai ajang pemanasan sebelum menghadapi Lyon di kandangnya dalam lanjutan UEFA Champions League.

Susunan Pemain:

Barcelona: Ter Stegen, Sergi Roberto, Pique, Vermaelen, Alba, Alena (Rakitic 76′), Busquets, Vidal, Messi, Dembele (Coutinho 70′), Boateng (Suarez 60′)

Real Valladolid: Masip, Calero, Olivas, Fernandez, Nacho, Anuar, Herrero, Antonito, Verde (Villa 67′, Plaza 76′), Unal (Keko 79′), Guardiola