Menu

Novac Djokovic Juara Australia Terbuka 2019

Bertanding di Rod Laver Arena, Minggu (27/1/2019), Novac Djokovic sukses mengunci satu gelar grand slam di awal tahun 2019 setelah mengalahkan Rafael Nadal di babak final tenis tunggal putra turnamen Australia Terbuka 2019 melalui straight sets 6-3, 6-2, 6-3. Petenis nomor satu dunia itu begitu mendominasi atas petenis unggulan kedua yang sudah biasa bertemu dan saling mengalahkan yang pada akhirnya lagi kali ini Djokovic berhasil mengkandaskan Nadal.

Bagi Djokovic gelar di Australia Terbuka 2019 merupakan gelar grand slam ketiga beruntun setelah juara Wimbledon dan AS Terbuka 2018. Sepanjang karirnya Djokovic sudah mengoleksi 15 gelar grand slam dengan tujuh diantaranya dari gelaran Australia Terbuka. Sedangkan bagi Nadal, ia sudah lima kali masuk final Australia Terbuka tapi hanya sekali tampil sebagai juara di tahun 2009 silam. Walaupun demikian Rafael Nadal tetap sedikit lebih unggul dengan 17 gelar grand slam dan rekor masih dipegang Federer dengan 20 gelar grand slam

Sejak set pertama Djokovic sudah mendominasi tampil lepas sementara Nadal tampak tegang dan beberapa kali melakukan kesalahan sendiri. Djokovic berhasil berkali-kali mematahkan servis Nadal dengan pukulan-pukulan yang akurat. Dominasi Djokovic terus berlanjut ke set kedua dan jarang membuat kesalahan. Nadal hanya mampu mengimbangi Djokovic di dua gim set ketiga, setelahnya Djokovic terus mengambil kendali hingga akhir, Djokovic pun berhasil meraih gelar juara Australia Terbuka 2019.

Seperti dilansir BBC, Djokovic secara panjang lebar menjelaskan “Saya sadar membuat sejarah di olahraga yang benar-benar saya cintai adalah sesuatu yang spesial. Tentu itu memotivasi saya. Bermain di grand slam, event terbesar ATP, adalah prioritas utama saya di musim ini dan musim-musim yang akan datang. Berapa musim lagi? Saya tidak tahu. Saya tidak mau berpikir terlalu jauh. Saya ingin fokus ke diri sendiri untuk terus meningkatkan permainan dan menjaga kesehatan yang saya punya -mental, fisik, emosional agar saya bisa bersaing di level setinggi ini untuk bertahun-tahun ke depan”.

Selamat untuk Novac Djokovic yang sukses menjuarai Australia Terbuka 2019.