Menu

Naomi Osaka Juara Australia Terbuka 2019

Petenis putri Jepang, Naomi Osaka berhasil menjadi juara Australia Terbuka 2019 setelah difinal tunggal putri sukses mengalahkan petenis asal Ceko, Petra Kvitova yang berlangsung di Melbourne, Australia pada hari Sabtu (26/1/2019). Untuk meraih tropi perdana di Aurtralia Terbuka, Osaka membutuhkan waktu 2 jam 27 menit melalui rubber set dengan skor 7-6, 5-7, dan 6-4. Osaka menjadi petenis putri berusia 21 tahun yang berbakat yang diawal tahun 2019 meriah gelar grand slam keduanya setelah tahun lalu meraih gelar juara Amerika Serikat terbuka dan awal pekan depan akan dinobatkan sebagai petenis nomor satu dunia.

Sejak awal set pertama pertarungan dua petenis putri ini menyajikan permainan yang menegangkan, kejar-kejaran skor terus berlangsung. Osaka lebih dulu unggul 1-0 saat forehand Kvitova out dari lapangan permainan, yang pada akhirnya unggul 5-4. Kvitova yang tidak ingin kehilangan set pertama bekerja keras menahan dan menyerang Osaka dengan pukulan backhand hingga mampu menahan di angka 15 dan menyamakan skor jadi 5-5.

Penonton dibuat tegang setelah terjadi reli cukup panjang pada gim ke-11 dimana Osaka dan Kvitova saling kejar mengejar angka. Osaka sempat memimpin jauh 40-15 tapi berhasil dikejar Kvitova jadi 30-40 yang pada akhirnya Osaka berhasil mengunci skor jadi 6-5. Kvitova tidak ingin menyerah begitu saja dan memaksa Osaka untuk masuk tie-break dan skor berubah sama kuat 6-6. Tapi, beberapa kesalahan dilakukan Kvitova yang pada akhirnya Osaka sukses mengunci set pertama dengan skor 7-6 dalam waktu 51 menit.

Set kedua berhasil menjadi milik Kvitova setelah tampil garang dan lewat 2 kali break mampu unggul 2-0. Tapi, memenangkan set kedua tidak didapat dengan mudah. Di gim ke-3 Osaka mulai bangkit berhasil memperkecil skor jadi 1-2 juga lewat break dan berbalik unggul 4-2 pada gim ke-6. Dan semakin menjauh menjadi 5-3 lewat pukulan forehandnya yang tidak bisa dibalas oleh Kvitova. Sebenarnya Osaka hanya membutuhkan satu gim lagi untuk memenangkan set kedua dan merebut gelar juara.

Akan tetapi Kvitova tidak mau memberikan gelar juara dengan mudah pada Osaka. Pada gim ke-9 Kvitova mampu bangkit meraih poin sehingga skor menjadi 4-5 masih untuk keunggulan Osaka. Pada akhirnya Kvitova berhasil menyamakan skor menjadi 5-5 pada gim ke-10. Begitu juga pada gim ke-11 Kvitova berhasil meraih poin dan unggul 6-5 atas Osaka. Merasa di atas angin, Kvitova tidak menyia-nyiakan untuk merebut set kedua pada gim ke-12 berhasil unggul 7-5 atas Osaka dan mengubah skor menjadi imbang 1-1 dan memaksa rubber-set untuk menentukan sang juara.

Set ketiga merupakan set penentuan untuk menentukan sang juara. Sesungguhnya menjadi awal yang bagus bagi Kvitova setelah unggul lebih dulu 2-1. Tapi Osaka kemudian mampu memimpin 4-2 melalui pukulan forehandnya. Di gim ke-7 Kvitova berhasil memperkecil ketinggalan menjadi 3-4 atas Osaka. Sayang, Kvitova gagal menyamakan skor setelah voli-nya di depan net melebar dan membuat Osaka unggul 5-3.

Satu gim lagi Osaka meriah gelar juara, tapi Kvitova belum menyerah dan memaksa lanjut gim ke-10 dengan skor 4-5 masih untuk keunggulan Osaka. Namun, pada akhirnya gelar juara Australia Terbuka 2019 menjadi milik Naomi Osaka setelah mengakhiri set ketiga dengan skor 6-4. Selamat, untuk Naomi Osaka yang menjadi juara tenis tunggal putri Australia Terbuka 2019.