Menu

MotoGP Catalunya 2019 Diwarnai Insiden Para Rider Top Terjatuh

MotoGP Catalunya 2019 diwarnai insiden Para Rider Top Terjatuh yang membuat balapan menjadi kurang gregetnya terlebih kejadiannya dilap kedua. Seri ke-7 motoGP berlangsung di Sirkuit Catalunya, Catalunya, pada hari Minggu (16/6/2019) mulai pukul 19.00 WIB. Pada awalnya balapan berjalan lancar dan bakal menjadi balapan paling seru mengingat para rider top langsung bersaing saling salip di posisi depan. Setelah start Andrea Dovizioso yang memulai balapan dari posisi kelima mampu memimpin diposisi terdepan setelah tikungan pertama di depan Marc Marquez. Demikian juga dengan Maverick Vinales yang start dari posisi keenam mampu mendekati Dovizioso, tapi kemudian berhasil disalip kembali oleh Marquez. Ketiga pembalap didepan dibayang-bayangi oleh Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi. Jadi seandainya tidak ada insiden para rider top terjatuh hingga garis finish, mungkin balapan akan berlangsung sengit dan menarik untuk ditonton.

Petaka terjadi dilap kedua yang membuat para rider top terjatuh. Insiden terjadi di tikungan 10 lap kedua yang diawali dari aksi Jorge Lorenzo yang berusaha menyalip dari dalam tapi kemudian gagal mengendalikan motornya dan terjatuh. Motor yang terjatuh menabrak Andrea Dovizioso dan Maverick Vinales yang membuat keduanya juga ikut terjatuh. Sial buat Valentino Rossi walau sudah berusaha menghindar agar tidak tertabrak motor Lorenzo, pada akhirnya harus terjatuh juga. Keempat pebalap akhirnya tidak mampu melanjutkan balapannya hingga finish. Disisi lain insiden tersebut membawa keuntungan bagi Marc Marquez yang kemudian melesat sendirian memimpin balapan hingga menyentuh garis finish setelah menyelesaikan 24 lap.

Dengan berhasil menjadi juara di Catalunya, membuat posisi Marquez di posisi pertama klasemen makin kokoh meninggalkan Dovizioso dan Valentino Rossi yang gagal finish tanpa mendapatkan tambahan poin. Sedangkan posisi kedua diraih Fabio Quartararo dan Danilo Petrucci diposisi ketiga. Alex Rins yang punya peluang besar berada diposisi tiga besar yang bersaing ketat dengan Quartararo dan Petrucci, akhirnya harus puas menempati posisi keempat setelah membuat kesalahan dilap ke-18.

Jorge Lorenzo yang jadi penyebab insiden terjatuhnya para rider top, seusai balapan meminta maaf. Dikutip dari akun Twitter Repsol Honda, Lorenzo mengemukakan permohonan maafnya “Anda tak punya pilihan lain jika terlambat mengerem, seperti itulah yang terjadi pada saya. Saya membuat kesalahan dan saya meminta maaf. Itu benar-benar nasib nahas, membuat Dovi, Maverick, dan Valentino tak bisa melanjutkan balapan. Itu bukan salah mereka, itu salah saya”. Sementara itu rekan setim Lorenzo yang secara tidak langsung mendapat keuntungan dari insiden terjatuhnya para pesainnyaitu memberikan pembelaannya atas insiden yang terjadi. Dikutip dari Crash, Marquez mengemukakan pendapatnya “Tentu saja, jika Anda melihatnya orang-orang akan berkata ‘ apa yang dilakukan Lorenzo?’. Tapi buat saya tidak seperti itu. Lorenzo ada di jalur balap, malang untuknya dia kehilangan kendali bagian depan motor dan Dovi serta Vinales keluar dari jalur mereka. Mereka ada di sana dan motor Lorenzo menghantam mereka. Saat ada dua atau tiga motor di depan, itu menghasilkan slipstream dan hal seperti itu bisa saja terjadi. Seperti di akhir lintasan lurus Australia, atau seperti yang terjadi empat tahun lalu saat (Andrea) Iannone menghantam Lorenzo. Malah apa yang terjadi pada Iannone ke Lorenzo lebih buruk lagi. Lorenzo tidak kehilangan kendali dalam peristiwa tadi. Sebuah ketidakberuntungan buat rider lain karena Lorenzo mengalami itu, di mana mudah sekali itu terjadi, juga karena tanki bahan bakar (masih penuh).”

Bagi ketiga rider top yang terjatuh tentu insiden tersebut membuat kerugian bagi mereka karena gagal finish yang mengakibatkan kehilangan poin dan posisi mereka di klasemen motoGP 2019 terancam tergeser oleh pebalap lainnya. Tim Monster Energy Yamaha paling merasakan terkena dampaknya sehingga tidak heran bila mereka sangat kecewa atas insiden yang terjadi dimana dua pebalap andalan mereka Valentino Rossi dan Maverick Vinales terjatuh dan tidak bisa menyelesaikan balapan. “Ini sangat mengecewakan dan sulit diterima, sekaligus mengakhiri akhir pekan yang sebenarnya berjalan bagus buat tim kami. Terlebih lagi, ini kejam karena tak ada yang bisa dilakukan Vale dan Maverick untuk menghindarinya,” tutur Tim Direktur Yamaha, Massimo Meregalli, dikutip dari Detiksport.

Berikut Hasil Lengkap MotoGP Catalunya 2019:
Pos Pebalap Tim Lap Gap
1 Marc Marquez Honda 24 40m31.175s
2 Fabio Quartararo Petronas Yamaha 24 2.660s
3 Danilo Petrucci Ducati 24 4.537s
4 Alex Rins Suzuki 24 6.602s
5 Jack Miller Pramac Ducati 24 6.870s
6 Joan Mir Suzuki 24 7.040s
7 Pol Espargaro KTM 24 16.144s
8 Takaaki Nakagami LCR Honda 24 17.969s
9 Tito Rabat Avintia Ducati 24 22.661s
10 Johann Zarco KTM 24 26.228s
11 Andrea Iannone Aprilia 24 32.036s
12 Miguel Oliveira Tech3 KTM 24 44.666s
13 Sylvain Guintoli Suzuki 24 51.363s
– Cal Crutchlow LCR Honda 18 DNF
– Franco Morbidelli Petronas Yamaha 16 DNF
– Francesco Bagnaia Pramac Ducati 5 DNF
– Hafizh Syahrin Tech3 KTM 3 DNF
– Valentino Rossi Yamaha 2 DNF
– Andrea Dovizioso Ducati 2 DNF
– Maverick Vinales Yamaha 1 DNF
– Jorge Lorenzo Honda 1 DNF
– Aleix Espargaro Aprilia 1 DNF
– Karel Abraham Avintia Ducati 0 DNF
– Bradley Smith Aprilia 0 DNF

Berikut klasemen 10 besar MotoGP setelah balapan seri ke-7 Catalunya:
1. Marc Marquez 140
2. Andrea Dovizioso 103
3. Alex Rins 101
4. Danilo Petrucci 98
5. Valentino Rossi 72
6. Jack Miller 53
7. Fabio Quartararo 51
8. Takaaki Nakagami 48
9. Pol Espargaro 47
10 Cal Crutchlow 42