Menu

Mengejutkan Arsenal Dikalahkan Rennes 1-3 di Babak 16 Besar Leg 1 Liga Europa 2018/2019

Arsenal secara mengejutkan dikalahkan Rennes 1-3 di Babak 16 Besar Leg 1 Liga Europa 2018/2019 setelah sempat unggul lebih dahulu diawal laga. Rennes menjadi tim kesepuluh dari Prancis yang dihadapi Arsenal disemua ajang kompetisi Eropa. Dan Arsenal berhasil mengalahkan sembilan tim dari antaranya. Sebelumnya juga Arsenal tidak pernah mengalami kekalahan saat laga tandang ke markas tim lawan dari Prancis. Ini adalah yang ke-16 kali Arsenal dapat melaju ke babak 16 besar di kompetisi Eropa dari 16 musim terakhir sejak musim 2003/2004. Dimana 14 kali diantaranya di Liga Champions UEFA antara musim 2003/2004 hingga 2016/2017. Sedangkan di musim 2017/2018 dan 2018/2019 Arsenal hanya bisa tampil di Liga Europa UEFA. Sementara bagi Rennes menjamu tim dari Inggris adalah untuk kali kedua dalam sejarah klub. Rennes pertama kali menghadapi tim dari Inggris untuk pertama kali di tahun 2001 saat mereka mengalahkan Aston Villa 2-1 di leg pertama semi final Intertoto Cup.

Rennes menjamu Arsenal di Steda de la Route de Lorient pada hari Jumat (08/03) dini hari kick-off pukul 00.55 WIB. Tuan rumah Rennes mengawali kick-off babak pertama dan langsung mengancam pertahanan Arsenal, tapi dengan sigap dinetralisir para pemain Arsenal. Arsenal balik menyerang dan dimenit ke-3 berhasil unggul cepat. Aksi Alex Iwobi di sisi kiri pertahanan Rennes mengelabui beberapa pemain Rennes, lalu melepaskan sepakan dari tepi kotak penalti dengan bola sedikit melengkung selutut terarah ke pojok kanan bawah gawang tanpa bisa dijangkau penjaga gawang dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk Arsenal. Menit ke-12 Arsenal hampir saja menggandakan keunggulan, berawal dari umpan terobosan Ozil ke sisi kiri kotak penalti, bola berhasil dikuasai Iwobi menggiring dalam kotak penalti lalu mengirim umpan ke tengah kotak penalti yang disambut dengan tendangan cukup keras dari Torreira, bola berhasil diblok penjaga gawang. Bola muntah dari penjaga gawang coba dimanfaatkan Aubameyang dengan tendangan salto tapi bola hanya melambung di atas mistar gawang Rennes.

Rennes memiliki peluang untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-14 tendangan bebas Grenier yang meluncur deras dari seperti tengah lapangan hanya membentur mistar gawang. Setelahnya baik Rennes maupun Arsenal hanya bisa saling mengancam pertahanan lawang. Silih berganti saling serang menciptakan kemelut dan peluang yang tak juga berbuah gol. Petaka buat Arsenal terjadi dimenit ke-41 setelah Sokratis Papastathopoulos diganjar kartu kuning kedua yang berbuntuk kartu merah yang membuat Sokratis diusir wasit dari lapangan. Sejak menit 41 itulah Arsenal hanya bermain dengan 10 pemain menghadapi 11 pemain Rennes yang agresif. Berawal dari pelanggaran yang berbuntuk kartu merah itupula Arsenal harus ketinggalan, setelah tendangan bebas yang membentur pagar para pemain Arsenal, bola muntah dimanfaatkan Benjamin Bourigeaud yang langsung melepaskan tendangan keras ke arah pojok kanan atas gawang Arsenal yang tak bisa diselamatkan penjaga gawang. Gol tercipta pada menit ke-42 dan mengubah skor menjadi 1-1. Skor 1-1 bertahan hingga pertandingan babak pertama berakhir.

Dibabak kedua tuan rumah Rennes semakin leluasa dan mendominasi jalannya pertandingan berkat keunggulan jumlah pemain. Menit 65 Rennes mendapatkan keuntungan, sebuh gol tercipta lewat gol bunuh diri Nacho Monreal yang kala itu mencoba memblok bola silang dari sisi pertahanan sebelah kanan membentur paha Monreal yang membuat bola berbelok arah dan masuk ke dalam gawang mengubah skor 2-1 untuk Rennes. Tak berhenti sampai disitu, Rennes kembali mencetak gol ketiga pada menit ke-88. Berawal dari serangan dari sisi kiri pemain Rennes yang baru masuk Lea Siliki memberikan umpan silang lambung ke tinga jauh di sisi kanan kotak penalti yang disambut dengan sundulan kepala Ismaila Sarr dan bola masuk mengoyak gawang yang dijaga Petr Cech mengubah skor menjadi 3-1 untuk Rennes. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, Rennes unggul 3-1 atas Arsenal. Dileg kedua nanti giliran Arsenal yang akan menjamu Rennes, dan Arsenal harus menang dengan skor minimal 2-0 untuk dapat lolos ke babak perempat final, sedangkan bagi Rennes hanya membutuhkan hasil imbang saja.

Susunan Pemain:

Rennes: Koubek; Zeffane, Da Silva, Mexer, Bensebiani; Sarr, Andre, Grenier (Gelin 90+1′), Bourigeaud (Lea Siliki 73′); Ben Arfa, Hunou.

Arsenal: Cech; Mustafi, Papastathopoulos, Koscielny, Monreal; Torreira, Xhaka; Mkhitaryan, Ozil (Ramsey 70′), Iwobi (Guendouzi 53′), Aubameyang (Kolasinac 79′).