Menu

Membandingkan Raihan Tropi Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi

Memang tidak ada habisnya saat membicarakan kehebatan dan prestasi dua mega bintang lapangan hijau yaitu Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, termasuk jika harus membandingakan raihan tropi keduanya baik di klub profesionalnya dan tim nasional masing-masing. Seperti diketahui Cristiano Ronaldo baru saja bersama rekan-rekan setim di tim nasional Portugal mempersembahkan gelar juara UEFA Nations League 2019. Cristiano Ronaldo dkk. di babak final sukses mengalahkan timnas Belanda dengan skor 1-0 melalui gol yang dicetak Goncalo Guedes. Partai final sendiri digelar di Estadio Do Dragao pada hari Senin (10/6/2019) dini hari WIB. Ini raihan tropi ke-31 bagi CR7 sepanjang karir profesionalnya di dunia sepakbola, dan tropi kedua yang diraih di tahun 2019 setelah sebelumnya meraih tropi Seri A Liga Italia bersama Juventus.

Cristiano Ronaldo yang kini berusia 34 tahun menjadi penyerang andalan di klub-klub besar yang dibelanya seperti Sporting Lisbon, Manchester United, Real Madrid dan Juventus, juga andalan sekaligus kapten di timnas Portugal. Total Cristiano Ronaldo sudah mengoleksi 31 tropi, dimana 2 tropi diantaranya dipersembahkan untuk tim nasional Portugal yaitu Piala Eropa 2016 dan UEFA Nations League 2019. Sementara 29 tropi lainnya diraih bersama klub-klub yang dibelanya diantaranya: 1 tropi bersama Sporting Lisbon, 10 tropi bersama Manchester United, 16 tropi bersama Real Madrid dan 2 tropi bersama Juventus. Tentunya raihan tropi CR7 masih akan terus bertambah bersama klubnya sekarang Juventus dan juga timnas Portugal.

Dengan usia yang sudah berkepala tiga, tentunya karir CR7 di dunia sepakbola sudah berada dipenghujung karirnya dan C. Ronaldo menyadari betul akan hal tersebut. Namun, Ronaldo dengan kondisi fisik yang masih bugar dan performanya di lapangan hijau yang masih stabil, CR7 masih punya banyak ambisi mempersembahkan lebih banyak gelar untuk timnas Portugal dan klub yang dibelanya. Dikutip dari ESPN, Cristiano Ronaldo memberikan komentarnya tentang masa depan dirinya dan juga timnas Portugal “Dengan atau tanpa Cristiano, tim nasional akan tetap lanjut. Saya rasa tim ini punya potensi hebat. Ada banyak pemain muda, pemain yang sudah berada lama di sini akan semakin dewasa dan lebih baik. Saya ingin menjadi bagian dari proyek ini karena saya merasa baik-baik saja dan saya merasa mampu membantu tim nasional. Saya rasa timnas punya potensi untuk bisa terus berkembang dan memenangi lebih banyak trofi”.

Lalu bagaimana dengan Lionel Messi? Ternyata sepanjang karir profesionalnya Lionel Messi sudah mengoleksi 34 tropi sedikit lebih unggul dengan yang diraih oleh Cristiano Ronaldo. Tapi, 34 tropi yang diraih Messi hanya bersama klub yang dibelanya yaitu Barcelona dengan rincian 10 kali menjuarai LaLiga, 6 kali Copa del Rey, 8 Piala Super Spanyol, 4 kali Liga Champions, 3 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Dunia Antarklub. Jadi, Lionel Messi belum mampu meraih tropi bersama tim nasional Argentina di level senior. Messi hanya mampu mengantarkan Argentina menjadi runner-up Piala Dunia 2014 dan Copa America 2015 serta 2016. Capain terbaik Messi bersama timnas Argentina baru dilevel junior saat meraih jurara di Piala Dunia U-20 2005 dan Olimpiade 2008. Tapi Messi masih memiliki peluang mempersembahkan tropi pertama untuk timnas senior Argentina, karena Argentina bersama Lionel Messi berpartisipasi di Copa America 2019 yang berlangsung dari tanggal 14 Juni sampai 7 Juli 2019.

Jadi, jika kita bandingkan dari raihan tropi yang diraih Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi, secara kuantitas memang Lionel Messi unggul dengan 34 tropi sementara Cristiano Ronaldo baru 31 tropi. Namun secara kualitas, menurut saya Cristiano Ronaldo lebih unggul dari Lionel Messi. Karena 31 tropi yang diraih CR7 diraih bersama 4 klub berbeda dan tim nasional Portugal. Sedangkan 34 tropi yang diraih Lionel Messi semuanya diraih bersama klubnya saat ini yaitu Barcelona. Disini tidak bermaksud memperdebatkan raihan tropi secara kuantitas atau kualitas, karena keduanya baik Cristiano Ronaldo maupun Lionel Messi merupakan dua pemain sepakbola hebat dan performa di lapangan hijau sudah tidak diragukan lagi. Mengingat keduanya juga masih aktif bermain sepakbola, tentunya keduanya masih berpeluang menambah jumlah koleksi tropinya baik untuk klub yang dibelanya maupun untuk tim nasional negaranya masing-masing.