Menu

Manny Pacquiao di Usia 40 Pertahankan Gelar Juara Dunia

Manny Pacquiao yang dijuluki Pacman adalah seorang petinju kebanggan Filipina juga Asia Tenggara dan Asia pada umumnya atas kiprahnya di dunia olahraga tinju yang hingga usia saat ini 40 tahun masih mampu naik ring dan hebatnya mampu mempertahankan sabuk gelar juara dunia.

Manny Pacquiao terakhir kali bertarung di atas ring saat menghadapi Lucas Martin Matthysse di Kuala Lumpur, Malaysia pada bulan July tahun 2018, saat itu Pacman berhasil menjadi pemenang. Setelah kemenangan atas Lucas Martin Matthysse, saat itu Pacman dijadwalkan akan bertarung lagi bulan Januari tahun 2019. Sebelumnya banyak beredar rumor bahwa Pacman akan tarung ulang dengan Floyd Mayweather Jr, tapi kenyataannya Pacman ternyata berhadapan dengan Adrien Broner yang berusia 29 tahun atau 11 tahun lebih muda.

Banyak yang berpendapat bahwa pertarungan Manny Pacquiao dengan Adrien Broner hanya akan dijadikan pemanasan Pacman sebelum berhadapan dengan lawan sesungguhnya dalam tarung ulang dengan Floyd Mayweather Jr yang tiga tahun sebelumnya berhasil mengalahkan dirinya.

Pertarungan Manny Pacquiao vs Adrien Broner yang berlangsung di MGM Grand, Las Vegas, Amerika Serikat pada Minggu (20/1/2019) siang WIB. dimenangkan oleh Manny Pacquiao dengan angka mutlak 117-111, 1116-112, dan 116-112 hasil penilaian dewan juri. Berkat kemenangan ini petinju yang dijuluki Pacman berhasil mempertahankan gelar juara dunia WBA kelas welter.

Walaupun Manny Pacquiao dengan usia yang 11 tahun lebih tua dari Adrien Broner, tapi semangat dan tenaga tampak tidak menjadi hambatan, malahan tampil agresif menyerang dan bahkan sebenarnya nyaris meng-KO Adrien Broner setelah beberapa kali pukulan telak mendarat di wajah Broner.

Pertarungan ini bagi Manny Pacquiao secara keseluruhan adalah yang ke-70 selama berkarir di ring tinju profesional dan yang ke-24 mempertahankan gelar juara dunia, tapi merupakan yang pertama saat usianya 40 tahun. Dan tentunya para pecinta tinjua akan sangat antusias menantikan tarung ulang Pacman melawan Floyd Mayweather Jr. Apakah itu akan terwujud? Mari kita tunggu beberapa minggu atau bulan ke depan.