Menu

Manchester United Singkirkan Chelsea Dibabak Kelima Piala FA 2019

Manchester United sukses menyingkirkan Chelsea di babak kelima Piala FA 2019 dengan skor 2-0 lewat gol-gol yang dicetak oleh Ander Herrera dan Paul Pogba di babak pertama, yang membawa mereka ke babak kuarter final yang kelima secara beruntun. Bukan tidak mungkin Manchester United akan menjadi jura baru FA Cup 2019 di bulan Mei nanti. Kemenangan Manchester United atas Chelsea menjadi kebangkitan sempurna setelah mereka kalah dari PSG di liga Champions Eropa. Pertemuan antar Manchester United dengan Chelsea menjadi yang ke-14, dimana Chelsea menjadi pemenanga dalam empat pertemuan terakhir termasuk di final musim lalu. Dan Chelsea sebenarnya memiliki kesempatan menyingkirkan Manchester United untuk kelima kalinya di piala FA, tapi dini hari tadi tidak terwujud, karena mereka harus menyerah 0-2 di kandang sendiri.

Bertanding di Stamford Bridge kandang Chelsea pada hari Selasa (19/2/2019) pukul 02.30 WIB. dinihari, Manchester United datang bertamu dengan tim yang terluka usai takluk dari PSG dan tanpa Martial juga Lingard. Demikian juga dengan tim tuan rumah Chelsea yang juga terluka dan sedang mencari pelampiasan setelah dipecundangi Manchester City 6 gol tanpa balas. Setelah kick-off Chelsea langsung tancap gas yang juga diladeni dengan tim yang sama-sama sedang mencari pelampiasan dengan kemenangan. Jual beli serangan tak terelakan, masing-masing saling mengancam pertahanan dan berulangkali saling merepotkan lewat serangan baliknya.

Gol baru tercipta pada menit ke-31 saat itu Paul Pogba yang sedikit punya ruang bebas di sisi kiri depan kotak penalti, leluasa mengarahkan bola silang melambung ke depan gawang dalam kotak penalti, dan Ander Herrera yang tak terkawal berlari mengikuti arah bola jatuh tepat dari belakang Luiz mencuri bola denga sundulan dan mengarahnya ke sudut kiri gawang tanpa bisa dijangkau penjaga gawang sehingga sementara Manchester United unggul dengan skor 1-0 atas tuan rumah Chelsea.

Jelang akhir pertandingan babak pertama, tepatnya menit ke-45 Manchester United sukses menambah keunggulan menjadi 2-0 diawali aksi Marus Rashford di sisi kanan leluasa menerima umpan terobosan dari Paul Pobga, menggiring ke dekat sudut kotak penalti lalu melepaskan umpan lambung terukur ke dalam kotak penalti yang langsung disambut dengan sundulan kepala Paul Pogba diantara diantara para pemain belakang Chelsea, dan bola berhasil masuk ke dalam gawang sebelah kiri setelah sempat tertepis tangan penjaga gawang tapi bola hanya sedikit berbelok arah dan tetap masuk ke dalam gawang. Hingga akhir pertandingan babak pertama skor 2-0 untuk keuggulan Manchester United tidak berubah.

Memasuki babak kedua terutama Chelsea yang tertinggal dua gol bekerja ekstra keras untuk dapat mencetak gol mengurangi defisit gol. Tapi usaha keras para pemain Chelsea hingga akhir pertandingan tak berbuah gol, sehingga skor tak berubah tetap 2-0 untuk keunggulan Manchester United dan membuat Chelsea harus tersingkir dari Piala FA 2019. Padahal pada pertandingan tersebut Chelsea unggul 67% dalam penguasaan bola dengan 11 kali tembakan melenceng dan 2 tepat sasaran. Sedangkan Manchester United hanya 33% penguasaan bola dengan 7 tendangan melebar dan 5 tendangan terarah dengan 2 diantaranya berbuah gol.

Susunan Pemain:

Chelsea: Kepa; Azpilicueta (Zappacosta 82), Luiz, Rudiger, Alonso; Kante, Jorginho, Kovacic (Barkley 71); Pedro (Willian 58), Higuain, Hazard

Manchester United: Romero, Young, Lindelof, Smalling, Shaw, Herrera, Matic, Pogba, Mata (Andreas Pereira 76), Lukaku (Sanchez 73), Rashford (McTominay 94)