Menu

Manchester United Resmi Rekrut Daniel James, Lalu Siapa Dia?

Manchester United secara resmi sudah merekrut Daniel James dari Swansea City dengan durasi kontrak lima tahun. Pemain berusia 21 tahun asal Wales yang berposisi sebagai winger tersebut ditebus The Red Devils dari Swansea dengan kisaran harga 15 juta Poundsterling pada 12 Juni 2019 yang diikat kontrak hingga 2024 dengan opsi tambahan satu tahun demikian diinfokan di situs resmi MU. Daniel James menjadi rekrutan pertama Manchester United dibawah manager Ole Gunnar Solskjaer. Tentang alasannya merekrut Daniel James, Solskjaer menilai bahwa James memiliki kemampuan komplit dan memenuhi syarat untuk menjadi pemain MU. Karena itu dirinya merasa sangat gembira dapat merekrut pemain muda yang bertalenta seperti Daniel James. Musim lalu saat masih bersama Swansea City, Daniel James bermain sebanyak 38 kali dengan mencetak 5 gol.

Dikutip dari The Guardian, Ole Gunnar Solskjaer menjelaskan lebih lengkap tentang perekrutan Daniel James. “Daniel adalah winger muda yang mengesankan dengan banyak kemampuan, visi permainan, kecepatan luar biasa dan etos kerja yang bagus. Dia punya musim yang hebat dengan Swansea dan punya segala atribut yang dibutuhkan untuk mejadi pemain Manchester United. Kami bangga dia mau bergabung dengan klub ini dan kami siap bekerja sama dengannya. Ini lingkungan yang tepat untuk Daniel melanjutkan perkembangannya”, demikian pernyataan Solskjaer.

Sementara itu Daniel James sendiri menceritakan antusiasmenya dirinya dapat bergabung dengan Setan Merah. Menurutnya menjadi hari terbaik saat dapat memulai menjadi bagian skuad MU dan sudah tidak sabar untuk menunjukan kemampuan terbaiknya di lapangan hijau untuk membantu MU dapat berprestasi lebih baik lagi. Dikutip dari FourFourTwo, Daniel James mengatakan “Ini adalah salah satu hari terbaik dalam hidup saya dan sebuah tantangan yang saya tunggu. Premier League merupakan liga terbaik di dunia dan Manchester United merupakan tempat sempurna untuk terus mengembangkan diri sebagai pemain. Ini merupakan momen yang sangat membanggakan buat saya dan keluarga saya, namun, ada kesedihan karena ayah saya tak bisa berbagi pengalaman ini bersama kami. Saya tak sabar bekerja bersama Ole, bertemu tim, dan memulai semuanya”.

Lebih lanjut Daniel James menjelaskan bahwa dibalik kekagumannya dengan tim yang bermarkas di Old Trafford itu, diakuinya ada peran besar dari Ryan Giggs, manajernya di timnas Wales yang notabene mantan pemain Manchester United. Seperti dikutip dari situs resmi MU, Daniel James mengatakan “Ryan adalah kredit besar mengapa saya bisa berada di sini sekarang. Dia memberi saya kesempatan di laga melawan Slovakia [saat mencetak gol perdana untuk Wales] dan itu luar biasa. Dia memberi saya kepercayaan, menyaksikan beberapa laga saya di Swansea dan dia sosok yang layak dipuji mengapa saya bisa berada di sini sekarang, karena jelas dia menyebut saya”.

Daniel James sebenarnya lahir di Yorkshire, Inggris pada tanggal 10 November 1997, tapi karena ayahnya dari Wales, lantas dia lebih memilih membela timnas Wales. Saat berusia Sembilan tahun James bergabung dengan akademi Hull City pada tahun 2006 dan kurang lebih selama tujuh tahun menimba ilmu di sana. Pada waktu usianya menginjak 16 tahun James sempat menjadi pemain cadangan Hull pada musim 2013/2014. Pada bulan Agustus 2014, James bergabung dengan Swansea City untuk merumput bersama tim muda. Kesempatan debut di tim senior tiba pada bulan Pebruari 2018, ia diturunkan sebagai pemain pengganti di Piala FA melawan Notts County dan berhasil mencetak satu gol. Kemudian berlanjut di liga Divisi Championship saat Swansea City menghadapi Birmingham City pada bulan Agustus 2018.

Manajer timnas senior Wales, Ryan Giggs yang menilai Daniel James sebagai pemain muda berbakat, lantas memanggilnya ke timnas senior pada bulan November 2018 saat Wales menghadapi Albania. Dan gol pertamanya untuk timnas senior berhasil ia ciptakan pada kesempatan keduanya bersama timnas senior Wales yang terjadi pada bulan Maret 2019, kala Wales mengalahkan Slovakia di Kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan skor 1-0 berkat gol tunggalnya tersebut. Sehingga mungkin Manchester United tidak salah dapat mendatangkan Daniel James, selain masih muda juga dinilai mempunyai kecepatan layaknya Usain Bolt.