Menu

Manchester United Perpanjang Kontrak Juan Mata Hingga 2021

Manchester United secara resmi sudah memperpanjang kontrak Juan Mata hingga 2021 dari yang semula masa bakti gelandang berusia 31 tahun asal Spanyol tersebut akan berakhir pada Juni 2019 ini. Konfirmasi perpanjangan kontrak Juan Mata diketahui dari akun twitter MU pada 19 Juni 2019. Selain dikontrak untuk durasi dua tahun terdapat opsi perpanjangan satu tahun. Selengkapnya dikutip dari situs resmi Manchester United berikut keterangannya “Manchester United dengan senang hati mengumumkan bahwa Juan Mata telah menandatangani kontrak baru, yang akan membuatnya tetap di klub sampai Juni 2021, dengan opsi untuk memperpanjang satu tahun ke depan”. Dengan demikian berakhir sudah spekulasi tentang masa depan Juan Mata yang berkembang belakangan ini.

Juan Mata direkrut Manchester United pada bulan Januari 2014 dari Chelsea dan sudah tampil sebanyak 218 pertandingan dengan mengemas 45 gol. Mata juga ikut membantu The Red Devils meraih gelar Community Shield, Piala FA, Piala Liga dan Liga Europa. Adapun sosok yang berperan meyakinkan Mata untuk tetap bertahan di Old Trafford adalah Ole Gunnar Solskjaer yang tidak lain manajer Setan Merah. Solskjaer menilai Juan Mata sebagai pemain senior yang dapat menjadi panutan para pemain muda MU dan dirinya masih membutuhkan tenaga dan pengalaman Mata dipasukannya dalam mengarungi kompetisi musim depan. Terlebih dua pemain senior lainnya Ander Herrera dan Antonio Valencia sudah meninggalkan klub. Dengan demikian masih menurut Solskjaer, Juan Mata memiliki peran penting dalam rencananya mematangkan bakat skuad muda MU.

Dikutip dari The Telegraph berikut keterangan lengkap Ole Gunnar Solskjaer tentang sosok Juan Mata di MU “Juan adalah pemain profesional terbaik dan salah satu pemain paling cerdas yang pernah bekerja sama dengan saya. Dia adalah contoh bagus untuk pemain muda kami dengan apa yang telah dilakukannya. Dia mengerti apa artinya menjadi pemain Manchester United dan telah merangkum segalanya dalam klub hebat ini. Saya senang dia telah menandatangani kontrak baru, karena saya tahu bahwa bakat dan mentalnya akan sangat berharga bagi skuad kami”.

Sementara itu Juan Mata mengungkapkan antusiasme dan kegembiraannya dapat terus bertahan di Old Trafford. Dirinya merasa mendapat kehormatan masih diberi kesempatan menjadi bagian diklub sebesar MU. Menurutnya Old Trafford sudah seperti rumahnya dan sudah tidak sabar dapat melanjutkan kerjasama dengan manajer MU, Ole Gunnar Solskjaer yang dinilainya mempunya visi yang menarik untuk masa depan Manchester United. Dikutip dari situs resmi MU, berikut pernyataan lengkap Juan Mata “Merupakan kehormatan nyata untuk terus mewakili klub yang luar biasa ini dan fans kami yang luar biasa. Aku telah berada di Manchester United selama lima tahun dan aku bangga menyebut Old Trafford sebagai rumahku. Aku tak sabar untuk bekerja dengan Ole dan staf pelatihnya yang luar biasa; visi yang mereka miliki untuk klub benar-benar menarik. Aku sangat senang akan menjadi bagian dari itu”.

Menarik untuk kita tunggu bagaimana kiprah Juan Mata di Manchester United dalam dua musim kedepan. Mungkin kalau segala sesuatunya berjalan lancar Juan Mata dan Solskjaer dapat berkontribusi besar untuk kesuksesan MU dimasa depan. Pengalaman Mata tentu sangat dibutuhkan Solskjaer untuk membimbing para pemain muda MU agar dapat lebih berkembang dan pada akhirnya mampu mencapai level permainan MU yang diharapkan. Namun apabila tidak berjalan sesuai yang diharapkan karir Solskjaer dan Juan Mata di Manchester United dapat berhenti ditengah jalan.