Menu

Manchester United Menang Dramatis 3-2 atas Southampton Berkat 2 Gol Romelu Lukaku

Manchester United kembali meraih kemenangan, kali ini saat menjamu Southampton di Old Trafford pada hari Sabtu (2/3/2019) kick-off pukul 22.00 WIB. dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-29. Pertandingan yang tidak mudah bagi Manchester United setelah di babak pertama harus tertinggal dengan skor 0-1. Baru di babak kedua Manchester United mampu menyamakan dan berbalik unggul 2-1. Tapi di pertengahan babak kedua kembali kedua tim berbagi skor 2-2. Romelu Lukaku benar-benar sedang on fire setelah di pekan ke-28 mampu mencetak 2 gol, di pekan ke-29 kembali mencetak 2 gol. Bahkan berkat gol keduanya dipenghujung laga membawa Manchester United unggul 3-2 atas tamunya Southampton.

Sebagai tuan rumah sejak awal babak pertama para pemain Manchester United tampil langsung memberikan tekanan-tekanan ke jantung pertahanan Southampton. Umpan terobosan Paul Pogba yang ditujukan untuk Marcus Rashford membentuk pemain Southampton dan bola sedikit berbelok pada Romelu Lukaku. Lukaku yang berhasil menguasai bola langsung menggiring bola masuk ke dalam kotak penalti dan melepaskan tembakan keras menyusur tanah ke arah gawang, tapi dengan cekatan penjaga gawang berhasil memblok bola dan membuat bola berbelok arah melebar dari arah gawang.

Southampton balik mengancam pertahanan MU. Dari serangan sebelah masuk pertahanan MU, Redmond mengirim umpan terobosan ke ruang kotak penalti sebelah kiri, dalam sebuah perebutan bola, Bertrand terjatuh dan sepertinya mendapat gangguan tarikan dari Smalling, tapi wasit bergeming itu bukanlah sebuah pelanggaran yang harus diganjar dengan hukuman tendangan penalti. Gagal mendapatkan penalti, tak membuat para pemain larut dalam kekecewaan. Bermula dari Austin yang menguasai di sepertiga pertahanan MU melepaskan umpan silang ke sebelah kanan yang berhasil dikontrol dengan baik oleh Yan Valery. Dengan sedikit kontrol bola, Valery melepaskan tendangan keras ke pojok kanan atas gawang. Bola yang meluncur cepat dan keras sebetulnya berhasil diblok David de Gea kiper MU, tapi karena bolanya terlaku keras bola itupun masuk membobol gawang. Gol tercipta pada menit ke-26 dan mengubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan Southampton yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Memasuki babak kedua, Manchester United langsung tancap gas. Pemain muda MU berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-53. Diawali serangan bali dari sisi kanan, sebuah umpan matang diterima Andreas Pereira dengan sedikit kontrol melepaskan tembakan terarah ke pojok kanan atas dari depan luar kotak penalti. Bola melengkung menghujang tajam membobol gawang Southampton dan mengubah skor menjadi 1-1. Enam menit berselang Manchester United berbalik unggul menjadi 2-1 melalui Romelu Lukaku yang menerima umpan terobosan di kotak penalti, dengan sedikit kontrol mengarahkan bola ke pojok kanan bawah, dan bola tanpa bisa diselamatkan penjagawa gawang meluncur masuk ke dalam gawang tepatnya pada menit ke-59.

Pada menit ke-75 Southampton berhasil menyamakan skor menjadi 2-2 setelah tendangan bebas yang dilakukan James Ward-Prowse, bola melengkung tajam melewati pagar betis pemain MU, tanpa bisa diselamatkan David de Gea, bola meluncur masuk ke pojok kiri atas gawang. Gol indah yang membuat terhenyak para pemain dan fans Setan Merah dan sepertinya laga akan berkesudahan dengan hasil imbang. Tapi dipenghujung laga, tepatnya pada menit ke-88, Romelu Lukaku sukses mencetak gol keduanya di pertandingan tersebut dan mempersembahkan kemenangan bagi MU dengan skor 3-2. Gol yang dicetak Lukaku bermula dari bola liar di depan kotak penalti, berhasil dikuasai Lukaku dan mengarahkan bola kembali ke pojok kanan bawah. Dengan sedikit power dan akurasi tinggi, Lukaku menendang bola dan bola itu meluncur menyusur tanah masuk ke dalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang.

Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta dan misi Manchester United memenangkan pertandingan tersebut tercapai. Memang MU dibawah arahan Ole Gunnar Solskjaer, menjadi semakin tajam dan beberapa kali mampu keluar dari situasi kritis. Berkat kemenangan tersebut, membuat posisi Manchester United kembali naik ke peringkat 4 dengan 58 poin. Sementara bagi Southampton dengan kekalahan tersebut membuat mereka tak beranjak dari posisi ke-17 dengan mengumpulkan 27 poin.

Susunan Pemain:

Manchester United: David de Gea; Ashley Young (c), Chris Smalling, Victor Lindelof, Luke Shaw; Scott McTominay, Andreas Pereira (Fred 82′), Paul Pogba; Marcus Rashford (Tahith Chong 95′), Romelu Lukaku, Alexis Sanchez (Diogo Dalot 52′)

Southampton: Angus Gunn; Jan Bednarek, Maya Yoshida (Sam Gallagher 90′), Jannik Vestergaard; Yan Valery, James Ward-Prowse, Oriol Romeu, Pierre-Emile Hojbjerg (c), Ryan Bertrand; Nathan Redmond, Charlie Austin (Stuart Armstrong 63′)