Menu

Manchester United Menang 3-0 atas Fullham, Sementara Naik ke Posisi Empat Besar

Manchester United datang ke kandang Fullham pada hari Sabtu (9/2/2019) malam WIB. dengan misi terus menang agar bisa masuk minimal empat besar diakhir musim. Sedangkan bagi Fullham yang menjamu MU di stadion Craven Cottage mempunyai misi berat meraih kemenangan agar bisa keluar dari zona degradasi. Tapi, dewi fortuna lebih berpihak pada tim tamu, dimana Manchester United membawa pulang tiga poin setelah mengalahkan Fullham 3-0 dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-26 dan sementara membawa mereka ke posisi empat besar klasemen Premier League. Sementara Fullham semakin terjerembab di zona degradasi dengan berada di posisi ke-19 dari 20 tim.

Sebenarnya Fullham memiliki beberapa peluang sejak awal babak pertama yang merepotkan dan mengancam pertahanan Manchester United. Namun, para pemain MU yang bermain lepas dan memiliki motivasi tinggi untuk meraih kemenangan berhasil mengendalikan permainan. Menit ke-14 Paul Pogba membawa MU unggul 1-0 setelah memanfaatkan umpan terobosan di kotak pinalti melakukan tembakan keras, bola meluncur deras masuk ke dalam gawang tak bisa dibendung penjaga gawang. Keunggulan Manchester United bertambah menjadi 2-0 pada menit ke-23 setelah aksi Anthony Martial melewati beberapa pemain Fullham masuk ke kotak pinalti dan melepaskan tembakan ke gawang yang tak bisa diselamatkan penjaga gawang. Skor 2-0 untuk keunggulan MU bertahan hingga akhir babak pertama.

Dibabak kedua, Fullham berusaha keras meladeni permainan MU dan secara statistik menguasai penguasaan bola dengan 52% tapi tak bisa menjebol gawang MU yang dijaga David de Gea. Akan tetapi Manchester United justru sukses semakin unggul jauh dengan skor 3-0 setelah Paul Pogba mencetak gol lewat titik finalti pada menit ke-65 karena sebelumnya terjadi pelanggaran terhadap Juan Mata saat menerima umpan di kotak finalti dari Romelu Lukaku yang menerobos kedalam kotak finalti mengirim umpan pada Mata yang kemudian terjatuh karena tarikan pemain belakang Fullham dan wasit menunjuk titik putih. Setelah gol finalti Paul Pogba tidak ada lagi gol yang tercipta, dan skor 3-0 untuk MU bertahan hingga akhir babak kedua.

Berkat kemenangan MU atas Fullham dengan skor 3-0, untuk sementara membawa ke posisi empat klasemen menggeser Chelsea yang baru akan bertanding hari ini menghadapi juara bertahan Manchester City. Hingga pekan ke-26 Premier League, Manchester United mengumpulkan 51 poin hasil dari 15 kali menang, 6 kali seri dan 5 kali kalah. Bukan tidak mungkin jika MU terus melaju memenangkan setiap pertandingan akan meraih hasil terbaik di akhir musim.

Dengan kemenangan ini juga menjaga mental para pemain MU yang akan menjalani pertadingan berat di tengah pekan menghadapi PSG di Liga Champions dan di akhir pekan menghadapi Liverpool sang pimpinan klasemen Premier League. Karena itu pula pelatih MU, Ole Gunnar Solskjaer merotasi tim intinya saat menghadapi Fullham. Ole mengistirahatkan Marcus Rashford, Jesse Lingard, dan Alexis Sanchez. Sedangkan Anthony Martial dan Romelu Lukaku jadi starter sementara di lini pertahanan menurunkan Diogo Dalot, Phil Jones, dan Chris Smalling.

“Selalu ada elemen risiko (dengan perubahan tim), tapi kalau Anda tidak mengambil risiko, Anda tidak menang. Saya harus percaya kepada para pemain, saya tidak merasa ada masalah memainkan siapa saja. Mereka menekan kami di 10 menit pertama, tapi setelah kami bikin gol, saya kira kami luar biasa. Yang paling menggembirakan adalah di babak kedua, cara kami mengendalikannya. Kami bisa saja mencetak empat atau lima gol, ini berbeda dari apa yang kami lakukan saat melawan Leicester. Jadi ini adalah peningkatan”, tutur Solskjaer pada Sky Sports.

Sementara itu torehan dua gol yang dicetak Paul Pogba ke gawang Fullham menjadi catatan tersendiri untuk Pogba yang berhasil mencetak 13 gol sejauh ini dimana dua gol diantaranya dicetak di Liga Champions menjadi yang tertinggi dalam karirnya setelah bersama Juventus pada musim 2014/15 dan 2015/16 mencetak 8 gol. Torehan gol Pogba masih bisa terus bertambah karena masih banyak pertandingan yang akan dihadapi Manchester United. “Aku selalu bermain bersama dengan rekan-rekan setimku yang lain, menyerang bersama, bertahan bersama membantu semua orang. Atmosfer yang bagus membantu tim, dan bagiku, dengan berada lebih banyak di kotak penalti memberiku lebih banyak peluang menciptakan gol”, kata Pogba kepada BBC.

Susunan Pemain:

Fulham: Sergio Rico; Denis Odoi, Maxime Le Marchand, Tim Ream, Joe Bryan (Sessegnon 81′); Calum Chambers, Jean Michael Seri; Andre Schurrle (Christie 53′), Luciano Vietto, Ryan Babel (Cairney 77′); Aleksandar Mitrovic.

Manchester United: David de Gea; Diogo Dalot, Chris Smalling, Phil Jones, Luke Shaw; Ander Herrera (Bailly 85′), Nemanja Matic, Paul Pogba (McTominay 74′); Juan Mata, Romelu Lukaku, Anthony Martial (Sanchez 70′).