Menu

Manchester City Pesta 7 Gol ke Gawang Schalke 04 di Leg 2 Babak 16 Besar Liga Champions UEFA 2018/2019

Manchester City yang sudah hampir pasti dapat melaju ke babak perempat final setelah di leg pertama meraih kemenangan 3-2 di kandang Schalke 04, bermain luar biasa saat giliran menjamu Schalke 04 di leg kedua Liga Champions UEFA 2018/2019. Bermain di Etihad Stadium pada hari Rabu (13/1/2019) dini hari kick-off pukul 03.00 WIB. Tanpa ampun City menghajar Schalke dengan skor telak 7-0, sehingga secara agregat Manchester City unggul 10-2 atas Schalke 04 dan membuat The Citizens berhak lolos ke babak perempat final. Skor agregat 10-2 merupakan yang kedua terbesar di fase gugur setelah yang terbesar 12-1 dibukukan Bayern Munchen atas Sporting CP di musim 2008/2009. Sementara bagi Pep Guardiola lolos ke perempat final kali ini menjadi yang kesembilan dari sepuluh keikutsertaannya memimpin sebuah tim di Liga Champions.

Sejak kick-off babak pertama Manchester City sudah tampil dominan sehingga menguasai jalannya pertandingan. Para pemain City dengan leluasa mendikte permainan Schalke, bola lebih banyak bergulir di sepertiga pertahanan Schalke. Beberapa kali peluang terjadi di awal babak pertama, sontekan Aguera bola hanya membentur tiang gawang. Para pemain Schalke hanya bisa bertahan dari gempuran serangan The Citizens. Kalaupun ada kesempatan melakukan serangan balik, dengan mudah dapat dipatahkan pemain belakang City. Gol baru tercipta pada menit ke-35 melalui tendangan penalti Sergio Aguero. Tendangan penalti diberikan wasit setelah Bruma dinilai wasit menjatuhkan Bernardo Silva di kotak penalti saat berusaha menjangkau umpan lambung dari Gundogan. Aguero yang menjadi algojo tendangan penalti dengan sempurna mengecoh penjaga gawang dan bola masuk ke dalam gawang mengubah skor menjadi 1-0 untuk City.

Tiga menit berselang setelah gol pertama, Manchester United berhasil menambah keunggulan. Tepatnya pada menit ke-38 Sergio Aguero kembali mencatatkan namanya di papan skor. Bermula dari serangan Gundogan mengirim umpan kepada Sterling yang diteruskan dengan umpan pada Aguero. Kemudian Aguero dapat menceploskan bola ke dalam gawang, untuk mengubah skor menjadi 2-0 untuk City. Gol yang dicetak Aguero sempat ditinjau melalui VAR oleh wasit dan pada akhirnya wasit mensahkan gol tersebut. Menjelang turun minum tepatnya pada menit ke-42, kembali City menambah gol untuk mengubah skor menjadi 3-0 melalui Leroy Sane yang melakukan aksi menerobos masuk ke dalam kotak penalti dan menyelesaikannya dengan sebuah gol. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, Manchester United tetap unggul 3-0 atas Schalke 04.

Memasuki babak kedua para pemain Manchester City tidak mengendurkan serangan, pada menit ke-56 kembali menambah gol. Berawal dari umpan Leroy Sane, bola diterima Raheem Sterling yang langsung dtendang dengan tembakan first time dan bola menghujam ke dalam gawang. Kembali wasit meninjau melalui VAR dan pada akhirnya wasit mensahkan gol Sterling yang mengubah skor menjadi 4-0. Jelang menit ke-70 sebuah kombinasi serangan di sayap kiri, Sane menerima umpan dari Oleksandr Zinchenko, yang kemudian diumpan kembali pada Bernardo Silva yang kemudian menyelesaikannya dengan sebuah gol yang mengubah skor menjadi 5-0. City semakin merajalela, pemain yang baru masuk di babak kedua Phil Foden menerima umpan dari Sane di kotak penalti lalu mengecoh penjaga gawang dan diakhiri dengan menceploskan bola ke dalam mengubah skor menjadi 6-0 pada menit ke-78.

Pesta gol City berakhir setelah sebuah umpan matang dari Bernardo Silva berhasil diselesaikan menjadi sebuah oleh Gabriel Jesus dari luar kotak penalti, bola menyusur tanah masuk ke dalam pojok kanan bawah gawang mengubah skor menjadi 7-0 untuk keunggulan Manchester City. Dari data statistic pertandingan Manchester City unggul 73% dalam penguasaan bola dengan melepaskan 15 tembakan dan 11 tembakan tepat mengarah ke gawang. Sedangkan Schalke 04 penguasaan bola hanya 27% dengan melepaskan 2 tembakan dan 1 tembakan tepat ke gawang. Dengan kemenangan tersebut, Manchester City berhak lolos ke babak perempat final menyusul dua tim Inggris lainnya yang lebih dahulu lolos yaitu Tottenham Hotspur dan Manchester United. Tim Inggris lainnya Liverpool masih harus berebut tiket dengan Bayern Munchen.

Susunan Pemain:

Manchester City: Ederson, Walker, Danilo, Laporte (Delph 72), Zinchenko, Gundogan, Silva (Foden 64), Sterling, Sane, Bernardo, Aguero (Jesus 64)

Schalke 04: Fahrmann, Stambouli, Sane, Bruma, Serdar, McKennie (Mendyl 74), Bentaleb, Oczipka, Konoplyanka, Embolo (Skrzybski 69), Burgstalle (Teuchert 79).