Menu

Manchester City Menang Dramatis 3-2 di Markas Schalke 04 Babak 16 Besar Leg 1 Liga Champions UEFA 2018/2019

Manchester City berhasil menang secara dramatis setelah mengalahkan tuan rumah Schalke 04 di Veltins Arena, Kamis (21/2/2019) kick-off pukul 03.02 WIB. dalam lanjutan babak 16 Besar Leg 1 Liga Champions UEFA 2018/2019. Adalah Sergio Aguero yang mengejutkan tuan rumah dengan berhasil mencetak gol lebih dahulu pada menit 18 membuat keunggulan 1-0 untuk Manchester City sebelum kedudukan dibalikan menjadi 2-1 bagi keunggulan Schalke 04 lewat dua penalti Bentaleb menit 38 dan 45 yang bertahan hingga akhir babak pertama. Diwarna kartu merah yang diterima Otamendi, Manchester City justru dapat menyamakan kedudukan menjadi 2-2 melalui tendangan bebas Leroy Sane pada menit 85, sebelum akhirnya Manchester City menang dengan skor 3-2 dari aksi Raheem Sterling menjelang akhir pertandingan tepatnya menit ke-90 setelah menerima umpan langsung bola lambung dari Ederson penjaga gawang Manchester City ke sepertiga pertahanan Schalke 04 sebelah kanan yang langsung dikejar, dikontrol dan digiring ke kotak penalti untuk kemudian diceplokan ke dalam gawang Schalke 04.

Gol yang dicetak Raheem Sterling pada menit ke-90 untuk membawa timnya keluar sebagai pemenang di Liga Champions menyamai pencapaian yang dibuat oleh Kevin De Bruyne saat berhadapan dengan Sevilla pada bulan Oktober 2015. Dengan kemenangan Manchester City atas Schalke 04 menambah rekor pertemuan atas tim Jerman setelah tak terkalahkan dari 8 pertandingan terakhir Liga Champions dengan 7 kali menang 1 kali imbang, dimana terakhir kalah dari Bayern Munchen pada September 2014.

Bagi Schalke 04 kekalahan atas Manchester City mengakhiri rekor kandang di kompetisi Eropa yang tak terkalahkan dalam 9 pertandingan terakhir, dimana kekalahan kandang terakhir terjadi pada Pebruari 2016 dari Shakhtar Donetsk. Dan Schalke 04 sendiri selalu tersingkir di babak 16 besar dari tiga keikutsertaan terakhirnya di Liga Champions sejak terakhir kali dapat mencapai semi final pada musim 2010/2011.

Kekalahan Schalke 04 hari ini kemungkinan besar akan membuat mereka kembali tersingkir di babak 16 besar, karena di leg kedua nanti akan bertandang ke kandang Manchester City dengan kalah agregat 2-3 yang tentunya akan sangat berat untuk menang dengan minimal mencetak empat gol atau memaksa perpanjangan waktu dengan menang 3-2 lagi. Sementara bagi Manchester City dengan kemenangan 3-2 membuat mereka bisa sedikit rileks dan dapat lebih fokus ke liga domestik dahulu, karena untuk lolos ke babak perempat final Manchester City hanya butuh hasil imbang.

Pada pertandingan antara Schalke 04 vs Manchester City ini ada dua penalti yang diberikan pada tuan rumah Schalke 04 oleh wasit setelah wasit melihat Video Assistant Referee (VAR) dan juga kartu merah yang diterima Nicolas Otamendi sehingga Manchester City harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 68. Pep Guardiola pelatih Manchester City memberikan komentarnya seperti dilansir dari BBC. “Saya kira itu penalti, mereka layak dapat dua penalti, saya percaya pada VAR. Terkadang saya memang tak setuju dengan VAR tapi sekarang berbeda. Kami memberi mereka dua penalti dan kartu merah. Dalam kompetisi ini hal tersebut tak terlalu baik. Kami masih belum siap bertarung untuk tahap selanjutnya, tapi hasil laga cukup bagus. Kami bermain dengan kepribadian luar biasa. Kami memberikan dua gol ketika mereka sama sekali tidak melakukan apa-apa. Ini belum berakhir, kompetisi ini benar-benar berbeda.” tegas Guardiola.

Susunan Pemain:

Schalke: Fahrmann, Nastasic, Bruma, Sane, Oczipka, Bentaleb, McKennie (Skrzybski 77), Caligiuri, Mendyl (Burgstaller 65), Serdar, Uth (Harit)

Manchester City: Ederson, Walker, Laporte, Otamendi, Fernandinho, Gundogan, De Bruyne (Zinchenko 87), Silva (Kompany 70), Bernardo, Sterling, Aguero (Sane 78)