Menu

Manchester City Juara Carabao Cup 2019

Manchester City akhirnya sukses meraih gelar juara Piala Liga Inggris atau Carabao Cup 2018/2019 setelah di partai final mengalahkan Chelsea 4-3 lewat adu tendangan penalti usai 120 menit bermain skor imbang 0-0. Ini adalah gelar pertama di musim 2018/2019 bagi Manchester City dari empat gelar yang bisa diraih musim ini. Sebab Manchester City hinggi kini masih berkompetisi di tiga kompetisi yang berbeda yaitu Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions UEFA. Bukan tidak mungkin Manchester City dibawah asuhan Josep Guardiola bisa membuat rekor dengan meraih empat tropi dalam satu musim kompetisi mengingat perfoma City belakangan ini yang tajam di depan, kokoh di belakang dan solid di tengah serta kerja sama tim yang apik dengan umpan-umpan pendek cepat, membuat City selalu mendominasi permainan dan sulit dikalahkan.

Partai final Carabao Cup 2019 diselenggarakan di Stadion Wembley pada hari Minggu (24/2/2019) kick-off pukul 23.30 WIB. Kedua pelatih baik Josep Guardiola pelatih Manchester City dan Maurizio Sarri pelatih Chelsea dapat menurunkan tim terbaiknya. Rupanya kedua pelatih benar-benar ingin meraih tropi piala dan tidak memandang sebelah mata dengan menurunkan para pemain lapis kedua. Kedua pelatih sadar betul bahwa raihan tropi begitu berharga agar dapat mengakhiri musim dengan raihan paling tidak satu gelar untuk motivasi di musim depan dan menjaga kepercayaan dari manajemen dan fans.

Beban berat ada dikubu Chelsea karena dua pekan sebelumnya tepatnya tanggal 10 Pebruari 2019 mereka harus menelan kekalahan telak dari City dengan skor 0-6. Maurizio Sarri pelatih Chelsea sudah belajar dari kekalahan tersebut dan menjanjikan perubahan permainan untuk lebih baik lagi dan memberikan perlawanan pada Manchester City. Paling tidak hinga babak pertama usai Chelsea berhasil meredam agresivitas dan dominasi Manchester City. Berungkali para pemain Chelsea sukses mematahkan serang-serangan yang dibangun para pemain City. Alhasil hingga babak pertama selesai skor imbang 0-0 harus diterima kedua tim.

Babak kedua tidak jauh berbeda dengan babak pertama, kokohnya benteng pertahanan masing-masing membuat kedua tim susah untuk mencetak gol. Hanya sekali-kali menciptakan peluang yang dapat diantisipasi lini pertahanan masing-masing. Hingga akhir babak kedua belum juga tercipta gol. Laga final kemudian dilanjutkan kebabak tambahan waktu 2×15 menit. Untuk menambah daya serang, pelatih Chelsea menarik keluar Willian dan memasukan Gonzalo Higuain. Dalam babak extra time 2×15 menit tak jua kunjung tercipta gol oleh kedua tim, yang pada akhirnya memaksa kedua tim untuk melakukan adu tendangan penalti untuk menentukan pemenangnya.

Sebelum drama adu tendangan dimulai, terlebih dahulu sudah dimuli dengan drama saat Kepa Arrizabalaga kiper Chelsea menolak untuk diganti. Saat itu Maurizio Sarri sudah mempersiapkan Willy Caballero dan bersiap untuk masuk mengganti Kepa yang ditengarai menderita cidera. Tapi Kepa bersikukuh memberi isyarat dirinya baik-baik saja, kontan saja kejadian itu sempat membuat murka sang manajer Chelsea yang terlihat marah-marah di bangku cadang bahkan Sarri sempat meninggalkan pinggir lapangan menuju ruang ganti, tapi kemudian dia kembali lagi dan babak adu tendangan penalti dimulai.

Dari lima penendang penalti Chelsea dua diantaranya gagal menceploskan bola ke dalam gawang yaitu Jorginho dan David Luiz. Penendang lainnya seperti Azpilicueta, Emerson dan Hazard sukses menjebol gawang City. Sedangkan dari lima penendang penalti Manchester City hanya Leroy Sane yang gagal menendang penalti, penendang lainnya seperti Guendogan, Aguero, Bernardo Silva dan Raheem Sterling sukses menjebol gawang Chelsea. Alhasil Manchester City keluar sebagai pemenang dalam adu tendangan penalti tersebut dengan skor 4-3 dan meraih gelar juara Carabao Cup 2019.

Susunan Pemain:

Chelsea: Kepa; Azpilicueta, David Luiz, Rüdiger, Emerson; Kanté, Jorginho, Barkley (Loftus-Cheek 89); Willian (Higuain 95), Hazard, Pedro (Hudson Odoi 79)

Manchester City: Ederson, Zinchenko, Laporte(Kompany 46), Otamendi, Walker, Fernandinho, Silva (Guendogan 79), De Bruyne (Sane 86), Bernardo, Sterling, Aguero