Menu

Manchester City Geser Liverpool di Puncak Klasemen Setelah Kalahkan Everton 2-0

Manchester City sementara berhasil menggeser Liverpool dari puncak klasemen Premier League 2018/2019 pekan ke-26 yang menggelar pertandingan lebih cepat di tengah pekan pada Kamis (7/2/2019) dini hari WIB. setelah mengalahkan tuan rumah Everton dengan skor 2-0. Dua gol Manchester City tercipta dimasa injury time babak pertama dan dimasa injury time babak kedua. Berkat kemenangan ini, Manchester City naik ke posisi pertama dengan mengoleksi 62 poin dari 26 pertandingan, hasil dari 20 kali menang, 2 kali seri dan 4 kali kalah. City menggeser Liverpool ke peringkat kedua yang baru akan bertanding pada hari Sabtu (9/2/2019) walaupun dengan raihan poin yang sama 62 poin tapi kalah dalam selisih gol.

Bertandang ke Goodison Park kandang Everton, Manchester City mempunyai misi untuk memenangkan pertandingan agar dapat menggeser Liverpool di puncak klasemen. Sejak awal babak pertama Manchester City sudah mendominasi permainan, dan tuan rumah Everton tidak cukup mampu mengimbangi permainan City. Data statistik menunjukan 62% penguasan bola dikuasasi Man City berbanding 38% penguasaan bola oleh Everton. Man City berhasil melepaskan 15 kali tendangan ka gawang dengan 4 diantaranya mengarah tepat dan 2 berbuah gol, berbanding dengan Everton yang hanya mampu melepaskan 4 tendangan ke arah gawang dengan hanya 1 yang tepat ke arah gawang.

Walaupun Manchester City tampil dominan dengan menguasai jalannya pertandingan tapi rapatnya pertahanan Everton membuat City kesulitan untuk mencetak gol. Bahkan gol Man City baru tercipta di masa injury time babak pertama tepatnya menit ke-45+2 melalui pemain belakang Aymeric Laporte yang menyambut bola lambung dengan sundulan dari tendangan bebas David Silva yang mengarahkan bola ke pojok kiri atas gawang Everton yang tidak bisa dijangkau penjaga gawang, dan golpun tercipta merubah skor menjadi 0-1 untuk keunggulan Manchester City yang bertahan hingga akhir babak pertama.

Memasuki babak kedua baik Man City ataupun Everton sama-sama ngotot untuk mencetak gol walau kemelut sering terjadi di pertahanan Everton tapi hampir 90 menit berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Gol tambahan baru bisa dicetak Man City dimasa injury time melalui pemain pengganti Gabriel Jesus yang masuk menggantikan Sergio Aguero. Gol tercipta pada menit ke-90+7 yang diawali umpan terobosan dari luar kotak finalti oleh Kevin de Bruyne yang disambut dengan sprint Gabriel Jesus ke kotak finalti menguasai bola lalu menggiring bola dan saat berhadapan dengan penjaga gawang berusaha melepaskan tendangan tapi berhasil diblok, bola yang melambung ke atas kembali berhasil dikuasai Gabriel Jesus dan melakukan sundulan ke arah gawang yang melompong, dan gol tercipta merubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Manchester City yang bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan 2-0 atas Everton, sementara Manchester City naik ke puncak klasemen, tapi di hari Sabtu jika Liverpool berhasil memenangkan pertandingan atau hanya bermain seri tentu puncak klasemen akan kembali dikuasai Liverpool. Tapi paling tidak dengan kemenangan ini, membuat Liverpool berada dalam tekanan besar dan persaingan meraih gelar juara akan semakin ketat.

Susunan Pemain

EVERTON: Pickford, Digne, Zouma, Keane, Kenny, Gueye, Bernard (Richarlison 73′), Andre Gomes (Sigurdsson 63′), Davies, Walcott (Tosun 80′), Calvert-Lewin

MANCHESTER CITY: Ederson, Otamendi, Walker, Laporte, Stones, David Silva (De Bruyne 89′), Fernandinho, Guendogan, Bernardo Silva, Aguero (Gabriel Jesus 80′), Sane (Sterling 59′)