Menu

Manchester City Bekuk Tuan Rumah Fulham 2-0 di Liga Inggris 2018/2019

Manchester City bertandang ke markas Fulham dalam lanjutan liga Inggris 2018/2019 laga ke-31 bagi Mancheser City dan ke-32 bagi tuan rumah Fulham. Fulham berusaha memaksimalkan keuntungan menjadi tuan rumah untuk meraih poin mengingat mereka berada di zona degradasi tepatnya di peringkat ke-19 dari 20 tim. Sementara Manchester City sedang dalam tren positif untuk mempertahankan gelar juara liga Inggris dalam enam pertandingan terakhir di liga tak terkalahkan dan bersaing ketat dengan Liverpool dalam perebutan posisi puncak. Terlebih Manchester City masih memungkinkan untuk meraih quadruple setelah jadi juara Piala Liga Inggris, masih ada tiga gelar lagi yang kemungkinan diraih yaitu Liga Inggris, Piala FA dan Liga Champions UEFA.

Fulham menjamu juara bertahan Manchester City di Craven Cottage pada hari Sabtu (30/3/2019) malam kick-off pukul 19.30 WIB. Tim tamu sejak awal babak pertama langsung menggempur pertahanan tuan rumah. Pertandingan baru berlangsung lima menit Manchester City sudah unggul melalui Bernardo Silva. Bermula dari kesalahan Cyrus Christie dalam melakukan backpass, bola berhasil dikuasai Kevin De Bruyne yang kemudian mengumpan bola kepada Sergio Aguero. Setelah menerima umpan dari De Bruyne, Aguero lantas meberikan umpan pada Bernardo Silva yang berada di depan kotak penalti. Kemudian Bernardo Silva sedikit melakukan tusukan yang diakhiri dengan tembakan terarah ke pojok kiri bawah gawang yang tidak mampu diselamatkan Sergio Rico penjaga gawang Fulham. Gol tercipta pada menit ke-5 mengubah skor menjadi 0-1 untuk tim tamu Manchester City.

Setelah gol cepat diawal babak pertama tim tamu semakin dominan mengurung pertahanan tuan rumah. Fulham sebagai tuan rumah tidak bisa berbuat banyak, hanya bisa sekali-kali melakukan serangan balik. Manchester City yang menguasai jalannya pertandingan beberapa kali mendapatkan peluang, seperti tembakan Ilkay Guendogan dan Kevin De Bruyne yang masih bisa diselamatkan penjaga gawang tuan rumah. Gempuran pasukan Josep Guardiola baru bisa menambah hasil pada menit ke-27, berawal lagi dari kesalahan Joe Bryan yang kehilangan kontrol bola, yang kemudian dikuasai Bernardo Silva untuk kemudian mengirim umpan pada Aguero di sisi kanan dalam kotak penalti yang langsung melakukan tusukan ke tiang dekat, dari sudut sempit Sergio Aguero melepaskan tembakan ke pojok kiri atas tanpa bisa dijangkau penjaga gawang, mengubah skor menjadi 0-2 untuk Manchester City.

Disisa waktu yang ada tim tamu terus mengacak-acak pertahanan tuan rumah. Fulham dipaksa bekerja keras mempertahankan gawangnya untuk tidak lebih banyak kebobolan lagi. Hingga akhir babak pertama Manchester City masih unggul 0-2 atas tuan rumah Fulham. Demikian juga dengan di babak kedua tidak banyak perubahan dalam permainan. Perbedaan kualitas pemain diantara kedua tim begitu terlihat jelas. Walaupun demikian, semangat dan kerja keras para pemain Fulham mampu meredam agresivitas dan dominasi tim tamu sehingga hingga akhir pertandingan babak kedua tidak ada lagi gol yang tercipta. Manchester City tetap unggul 0-2 atas tuan rumah Fulham dan untuk sementara Manchester City kembali menggeser Liverpool di puncak klasemen dengan 77 poin selisih 1 poin di peringkat kedua Liverpool dengan 76 poin. Sepertinya perebutan gelar juara Liga Inggris 2018/2019 akan semakin ketat hingga menjelang berakhirnya kompetisi.

Manchester City selain unggul dalam mencetak gol tapi juga unggul 66% dalam penguasaan bola dengan melepaskan 24 tembakan dan 7 tembakan on target. Sedangkan Fulham hanya 34% dalam penguasaan bola dengan melepaskan 5 tembakan dan tanpa ada yang tepat mengarah ke gawang. Dari catatan statistik pertandingan tersebut memang Manchester City sebagai juara bertahan dan memimpin klasemen terlihat jelas perbedaan kualitas dalam banyak hal dari tuan rumah. Lebih dari sekedar menang dengan dua gol, tapi keberhasilan mencuri poin penuh dikandang lawan semakin membuat Manchester City percaya diri dapat mempertahankan gelar juara Liga Inggris musim 2018/2019.

Susunan Pemain:

Fulham: Rico, Christie, Chambers, Fosu-Mensah, Bryan, Cairney (Schuerrle 70′), R Sessegnon, Le Marchand, Zambo Anguissa, Ayite (Kebano 64′), Babel (McDonald 88′)

Manchester City: Ederson, Walker, Otamendi, Laporte, Zinchenko, Gundogan, De Bruyne, D Silva, B Silva, Sterling (Mahrez 88′), Aguero (Gabriel Jesus 57′)