Menu

Liverpool vs Bayern Munich Tanpa Gol di Leg pertama 16 besar Liga Champions UEFA 2018/2019

Liverpool menjamu Bayern Munich di Stadion Anfield dalam lanjutan babak 16 besar leg pertama Liga Champions EUFA 2018/2019 pada hari Rabu (20/2/2019) pukul 03.00 WIB. Walaupun kedua tim tampil dengan kekuatan penuh dan sama-sama memperagakan permainan yang menyerang, tapi sangat disayangkan hingga akhir pertandingan tidak ada gol yang tercipta. Liverpool dan Bayern Munchen berbagi skor kacamata alias 0-0. Menurut catatan data statistik pertandingan, Liverpool kalah tipis dalam penguasaan bola dengan 49% sedangkan tim tamu Bayern Munich 51%. Namun, Liverpool menunjukan betapa berbahayanya dengan melepaskan 15 tembakan dan 2 tembakan tepat sasaran, sedangkan Bayern Munchen melepaskan 9 tembakan tanpa ada yang tepat sasaran.

Liverpool harus menunggu 12 menit untuk mendapatkan peluang setelah Jordan Henderson memberikan umpan pada Mohamed Salah yang menyambut dengan sepakan tapi bola berhasil ditangkap Manuel Neuer penjaga gawang Bayern Munich. Bayern balik membahayakan gawang Liverpool saat umpan silang Serge Gnabry nyaris membuat Joel Matip melakukan gol bunuh diri andai saja Alisson Becker penjaga gawang Liverpool itu gagal memblok bola yang berbelok arah dengan kakinya. Setelah Alisson Becker membuat penyelamatan gemilang, menit ke-16 malah membuat blunder yang nyaris berbuah gol, saat itu dia melepaskan umpan tapi jatuh di kaki Kingsley Coman penyerang Bayern yang langsung melepaskan tembakan, beruntung bolanya tidak tepat sasaran.

Demikianlah sedikit gambaran jalannya pertandingan di babak pertama, begitupun dengan babak kedua, kedua tim silih berganti melakukan serangan mencoba menerobos masuk dan menciptakan peluang mencetak gol. Tapi hingga akhir babak kedua tidak ada gol yang tercipta, skor akhir 0-0. Dengan hasil akhir yang tanpa gol kedua tim masih memiliki peluang yang sama untuk bisa lolos ke babak perempatfinal, mengingat di leg kedua Bayern Munchen yang giliran menjamu Liverpool. Bagi Liverpool cukup dengan hasil imbang tapi harus mencetak gol, sedangkan bagi Bayern Munich untuk lolos harus dapat memenangkan pertandingan dengan skor berapapun. Jadi, Liverpool sedikit lebih diuntungkan di leg kedua nanti untuk dapat lolos ke babak berikutnya. Tapi, mencetak gol untuk setidaknya menahan imbang di kandang Munchen tentu bukan pekerjaan mudah.

Beberapa catatan menarik dari pertemuan antara Bayern Munchen dan Liverpool diantaranya; Bayern Munchen baru sekali menang atas Liverpool di kompetisi Eropa dari 7 pertemuan mereka dimana 4 seri dan 2 kali kalah. Bayern Munchen juga gagal mencetak gol saat menghadapi Liverpool di Anfield dalam tiga laga sebelumnya. Bayern Munchen salah satu tim yang belum terkalahkan dimusim ini sejak fase grup liga Champions dan selalu mencapai semi final sebanyak tujuh kali dari sembilan musim terakhir. Bagi Liverpool menahan imbang Bayern juga melanjutkan rekor sebelumnya 19 pertandingan tak terkalahkan di kompetisi Eropa kala bertanding di Anfield, 14 kali menang dan 5 kali seri, dimana terakhir kalah dari Real Madrid bulan Oktober 2014. Sedangkan bagi Jurgen Klopp pelatih Liverpool, pertemuan dengan Bayern Munchen di semua kompetisi berakhir imbang 0-0 adalah yang pertama dari 30 pertemuannya.

Susunan Pemain:

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Fabinho, Robertson; Wijnaldum, Henderson, Keita (Milner 76′); Sadio Mane, Firmino (Origi 76′), Salah.

Bayern Munich: Neuer; Kimmich, Süle, Hummels, Alaba; Thiago, Javi Martínez, James (Renato 87′); Gnabry (Rafinha 90′), Lewandowski, Coman (Ribery 80′).