Menu

Liverpool Menang Dramatis 2-1 di Menit Akhir atas Tottenham Hotspur

Liverpool menjamu Tottenham Hotspur di Anfield pada hari Senin (1/4/2019) dini hari kick-off pukul 22.30 WIB. dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 laga ke-32 bagi Liverpool dan ke-31 bagi Tottenham Hotspur. Liverpool baru sekali kalah dari Tottenham Hotspur dipartai kandang dalam 24 pertandingan terakhir Premier League dengan rekor 15 kali menang, 8 kali seri dan 1 kali kalah pada Mei 2011 di Andfield dengan skor 0-2. Tottenham baru sekali menang menghadapi Liverpool dari 12 pertandingan terakhir di Premier League, menang 1 kali pada Oktober 2017 di stadion Wembley dengan skor 4-1, 4 kali seri dan 7 kali kalah. Dan kemenangan Liverpool secara dramatis di menit akhir menjelang pertandingan usai dengan skor 2-1 atas Tottenham Hotspur, membuat catatan rekor bagi sejarah klub tidak terkalahkan dipartai kandang dalam 36 pertandingan terakhir Premier League.

Sejak menit pertama babak pertama tuan rumah Liverpool langsung berinisiatif melakuka serangan yang dibalas dengan serangan oleh tim tamu Tottenham Hotspur. Liverpool yang sedang dalam periode positif dalam 5 pertandingan terakhir mampu meraih 3 kemenangan dan 2 kali seri, sedangkan Tottenham sedang dalam periode buruk dari 5 pertandingan terakhir hanya 1 kali menang, 1 kali seri dan 3 kali kalah. Bahkan sebelum Liverpool dan Tottenham Hotspur saling berhadapan, Liverpool meraih kemenangan sedangkan Tottenham mengalami kekalahan. Liverpool sedang dalam motivasi tinggi untuk memenangkan pertandingan agar bisa kembali ke puncak klasemen, sementara Tottenham Hotspur sedang kurang baik perfomanya sehingga posisi mereka diperingkat ketiga sudah disamakan poinnya oleh Manchester United dan jika Arsenal memenangkan pertandingan akan turun ke posisi keempat setelah lama berada diposisi ketiga. Jelas kedua tim sedang berada dalam tekanan, tapi tekanan yang berbeda. Tottenham lebih tertekan karena bisa saja terlempar dari zona liga Champions UEFA untuk musim depan.

Mohamed Salah dimenit-menit awal pertandingan langsung mengancam pertahanan tim tamu, tapi tendanganya dari luar kotak penalti masih jauh dari sasaran. Tottenham balik mengancam pada saat Joel Matip terpeleset dan bola dapat dikuasi Christian Eriksen untuk memberikan umpan pada Lucas Moura, tapi sebelum Moura melakukan tembakan ke arah gawang, bola lebih dahulu dipotong ren Alexander-Arnold. Bermain di kandan sendiri dengan dukungan suporter yang luar biasa membuat permainan Liverpool lebih baik hingga akhirnya pada menit ke-16 Liverpool bisa unggul lebih dahulu melaui Roberto Firmino. Bermula dari Andrew Robertson yang melepaskan umpan silang lambung kedalam kotak penalti, bola berhasil disundul ke tanah oleh Firminho memberikan efek pantul yang mengecoh penjaga gawang untuk kemudian bola masuk kedalam gawang mengubah skor menjadi 1-0 untuk Liverpool.

Unggul 1-0 membuat permainan Liverpool semakin berkembang dan gencar melakukan serangan. Para pemain Tottenham Hotspur juga mampu meladeni agresivitas para pemain Liverpool. Pada menit ke-33 tercipta peluang bagi Tottenham, berawal dari sundulan Moura kemudian bola dikontrol Dele Alli yang kemudian bekerja sama dengan Eriksen untuk kemudian Eriksen melepaskan tembakan, tapi saying bola sedikit melebar dari mistar gawang yang dijaga Alisson kiper Liverpool. Empat menit kemudian dibalas serangan oleh Sadio Mane dengan tendangan melengkung, tapi bola sedikit melebar dari tiang gawan. Hingga akhir pertandingan babak pertama skor tak berubah, Liverpool masih unggul 1-0 atas Tottenham Hotspur.

Memasuki babak kedua Tottenham Hotspur berusaha menguasai jalannya pertandingan dan melakukan tekanan-kanan yang mampu merepotkan pertahanan Liverpool. Pada menit ke-57, Tottenham Hotspur hampir saja mampu menyamakan skor, bermula dari tembakan Kane yang berhasil diblok penjaga gawang menciptakan kemelut di depan gawang. Bola yang bergulir liar dimanfaatkan Erikson melakukan sepakan bola ke arah mulut gawang, tapi bola berhasil diblok Robertson sebelum masuk ke gawang dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Tottenham baru benar-benar bisa menyamakan skor pada menit ke-70 melalui Lucas Moura yang menyontek bola di depan gawang memanfaatkan umpan dari Eriksen, mengubah skor menjadi 1-1.

Skor imbang 1-1 hampir saja menjadi skor akhir pertandingan kali ini, tapi beruntung bagi Liverpool pada menit ke-90, Mohamed Salah berhasil melakukan sundulan dari dalam kotak penalti sebelah kanan, bola gagal ditangkap penjaga gawang dengan sempurna menyebabkan bola liar membentur Toby Alderweireld dan bola berbelok arah masuk kedalam gawang, mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Liverpool. Hingga akhir pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, Liverpool menang dramatis di menit-menit akhir pertandingan dengan skor akhir pertandingan 2-1 atas Tottenham Hotspur. Berkat kemenangan ini membuat Liverpool untuk sementara naik ke posisi pertama dengan jumlah poin 79 menggeser Manchester City diposisi kedua dengan selisih 1 poin dan jumlah pertandingan yang lebih sedikit satu pertandingan. Tentunya persaingan Liverpool dengan Manchester City menjadi semakin seru dalam perebutan gelar juaran Liga Inggris 2018/2019.

Susunan Pemain:

Liverpool: Alisson, Matip, Van Dijk, Robertson, Alexander-Arnold, Milner (Fabinho 77′), Wijnaldum, Henderson (Origi 77′), Firmino, Salah (Lovren 90+5′), Mane

Tottenham Hotspur: Lloris, Vertonghen, Rose, Alderweireld, Trippier, Sanchez (Son 69′), Sissoko, Eriksen (Llorente 90+1′), Moura (Davies 82′), Alli, Kane