Menu

Liverpool Menang 2-1 di Kandang Fulham

Liverpool harus bertandang ke kandang Fulham dalam lanjutan Liga Inggris 2018/2019 pekan ke-31. Ini adalah kesempatan bagus untuk Liverpool mengambil alih puncak klasemen karena Manchester City akan bermain di Piala FA sehingga partai di Premier League ditunda. Dari sisi performa tim, skuad asuhan Jurgen Klopp sedangan dalam tren positif, setelah pekan lalu menang 4-2 atas Burnley dan di tengah pekan sukses menyingkirkan Bayern Munchen di babak 16 besar Liga Champions. Namun, bermain di Craven Cottage kandang Fulham pada hari Minggu (17/3/2019) malam kick-off pukul 21.15 WIB. Tuan rumah Fulham yang berada di zona degradasi tepatnya di posisi 19 klasemen tengah berjuang keras keluar dari zona degradasi sehingga mampu memberikan perlawanan sengit dan menyulitkan berkembangnya permainan Liverpool.

Dibabak pertama Liverpool membutuhkan waktu 26 menit untuk dapat mencetak gol. Berawal dari serangan dari sisi kiri, Robertson mengirim umpan pada Sadio Mane yang kemudian menggiring bola masuk daerah kotak penalti sebelah kiri, lalu memberikan umpan terobos pendek yang berhasil dikejar dan dikontrol Roberto Firmino, lalu balik memberikan umpan backheel pada Mane yang berada di depan gawang yang langsung menyambar bola dengan sepakan dan bola masuk ke dalam gawang pada menit ke-26 mengubah skor 1-0 untuk Liverpool. Setelah Mane mencetak gol tidak ada lagi gol yang tercipta. Para pemain Liverpool kesulitan menembus pertahanan Fulham yang sekali-kali mampu juga melakukan serangan balik yang membahayakan pertahanan Liverpool. Hingga akhir babak pertama Liverpool masih unggul 1-0 atas tuan rumah Fulham.

Dibabak kedua walaupun Liverpool masih tampil mendominasi jalannya pertandingan, tapi tuan rumah juga kerap kali merepotkan pertahanan Liverpool. Para pemain Liverpool terus menekan dan berusaha mengurung pertahanan Fulham, beberapa kali tercipta peluang yang gagal dimanfaatkan untuk membuat gol. Justru pada menit ke-74 Fulham mengejutkan Liverpool dengan mampu menyamakan skor. Diawali dengan sebuah kesalahan James Milner yang berusaha menyapu bola, tapi bola malah jatuh di depan kotak penalti yang kemudian disundul oleh Virgil van Dijk dalam upaya mengamankan bola dari kejaran Babel. Bola yang disundul Van Dijk ke arah Alisson kiper Liverpool sedikit lemah dan dalam suatu perebutan bola antara Babel dengan Alisson, Babel berhasil merebut bola dan bola sedikit melambung ke depan gawang yang sudah melompong tanpa penjaga, dengan mudah kemudian Babel menceploskan bola ke dalam gawang. Skor berubah menjadi 1-1 untuk kedua tim.

Liverpool membutuhkan waktu tujuh menit untuk kembali unggul. Berawal dari sepakan bola Mohamed Salah di area kotak penalti sebelah kanan, bola meluncur berhasil di blok penjaga gawang, tapi bola pantul menjadi liar di depan gawang berusaha direbut Sadio Mane tap kemudian terlihat kiper Fulham seperti menarik Mane yang kemudian terjatuh dan wasit menghadiahkan Liverpool tendangan penalti. James Milner yang maju sebagai eksekutor tendangan penalti sukses menjalankan tugasnya pada menit ke-81 dan mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Liverpool. Disisa waktu pertandingan tidak ada lagi gol yang tercipta, tim tamu Liverpool tetap unggul 2-1 atas tuan rumah Fulham.

Dari data statistic pertandingan Liverpool mencatatkan 63% penguasaan bola dengan tembakan percobaan sebanyak 16 kali dan tembakan on target sebanyak 6 kali. Sedangkan Fulham mencatatkan 37% dengan 7 tembakan percobaan dan 2 tembakan on target. Data statistic pertandingan tersebut memperlihatkan bahwa Liverpool mendominasi dan menguasai permainan dan memang layak untuk memenangkan pertandingan. Dengan kemenangan Liverpool atas Fulham membuat posisi Liverpool untuk sementara naik ke posisi pertama dengan jumlah poin 74 menggeser Manchester City yang belum main dengan selisih 2 poin saja. Tentu persaingan Liverpool dan Manchester City akan semakin seru dan ketat hingga akhir musim.

Susunan Pemain:

Fulham: Sergio Rico; Timothy Fosu-Mensah (Cyrus Christie 73′), Calum Chambers, Tim Ream, Joe Bryan; Andre-Frank Zambo Anguissa, Jean Michael Seri (Ryan Sessegnon 65′); Floyd Ayite, Tom Cairney (Neeskens Kebano 82′), Ryan Babel; Aleksandar Mitrovic.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Georginio Wijnaldum, Fabinho, Adam Lallana (James Milner 72′); Mohamed Salah (Daniel Sturridge 92′), Sadio Mane, Roberto Firmino (Divock Origi 72′).