Menu

Liverpool Melumat Bournemouth 3-0 untuk Mengambil Alih Kembali Puncak Klasemen

Liverpool sukses melumat Bournemouth dengan skor 3-0 di Stadion Anfield, Sabtu (9/2/2019) pukul 22.00 WIB. Berkat kemenangan tersebut bagi Liverpool tidak hanya mengehentikan rentetan dua kali hasil seri yang diraih sebelumnya, tapi dengan kemenangan atas Bournemouth juga dapat mengambil alih kembali puncak klasemen yang sempat dikuasai juara bertahan Manchester City. Hingga pekan ke-26 liga Inggris 2018/2019, Liverpool sukses meraih 65 poin hasil dari 20 kali menang, 5 kali seri dan 1 kalah. Berkat kemenangan ini juga menambah motivasi para pemain Liverpool tetap menjaga asa untuk dapat menjuarai Premier League musim ini.

Babak pertama berlangsung sengit, gawang Liverpool nyaris saja kebobolan, apabola bola yang ditendang sangat keras dari luar kotak finalti tidak berhasil diblok penjaga gawang. Liverpool berhasil memecah kebuntuan yang berawal dari tendangan sudut yang dilakukan James Milner, bola melambung ke tengah kotak finalti disundul pemain belakang Bournemouth mengarah ke Naby Keita yang berhasil mengontrol bola yang kemudian mengirim umpan balik ke James Milner di sisi kanan yang langsung melepaskan umpan lambung menyilang ke dalam kotak finalti lalu disambut dengan sundulan kepala Sadio Mane dan gol tercipta pada menit ke-24. Skor berubah 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Beberapa menit kemudian liverpool menambah keunggulan, berawal dari serangan disisi kiri Andrew Robertson mengirim umpan terobosan lambung yang jatuh di kotak finalti yang berhasil dikuasai Georginio Wijnaldum setelah sebelumnya melakukan sprint untuk menjangkau bola. Lalu melakukan bola lob melewati penjaga gawang dan bola masuk ke pojok kanan atas gawang Bournemouth. Wijnaldum mencetak gol pada menit ke-34 untuk membawa keunggulan 2-0 atas Bournemouth yang bertahan hingga babak pertama berakhir.

Dibabak kedua diawali serangan balik dari sisi kanan, Naby Keita dari tengah lapangan mengirim umpan terobosan yang sukses dikejar oleh Roberto Firmino yang lantas menggiring bola ke kotak finalti sebelah kanan, lalu memberikan umpan back heel pada Mohamed Salah, Salah yang menerima umpan langsung sedikit menggiring bola, kemudian Salah melepaskan tembakan bola ke arah gawang sebelah kiri dan bola meluncur masuk ke gawang walau sudah berusaha diblok penjaga gawang dan Salah mendapat gangguan dari pemain belakang. Tapi gol tetap tercipta pada menit ke-48 melalui kaki Mohamed Salah dan merubah skor menjadi 3-0 untuk keunggulan Liverpool dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Juergen Klopp pelatih Liverpool tidak bisa menyembunyikan rasa puasnya atas performa anak asuhnya setelah didua laga sebelumnya mendapatkan hasil seri. Kepada BBC Klop mengatakan “Kami tidak senang dengan penampilan di dua laga terakhir dan sedikit direpotkan dengan bola mati. Kami harus memperbaiki banyak hal. Ada beberapa pemain yang cedera dan para pemain yang fit tiba-tiba saja sakit semalam sebelum pertandingan. Kami punya ekspektasi tinggi dan kami menang meyakinkan hari ini – kami tampil luar biasa di lapangan. Gol ketiga benar-benar kelas dunia. Kami ingin memperlihatkan reaksi. Tugas kami bukan hanya melewati krisis yang ada tapi harus tampil bagus serta menang meyakinkan”.

Susunan Pemain

Liverpool: Alisson; Virgil van Dijk, Joel Matip, Andrew Robertson, James Milner; Georginio Wijnaldum (Trent Alexander-Arnold 77′), Naby Keita, Fabinho; Roberto Firmino (Daniel Sturridge 90′), Sadio Mane (Divock Origi 87′), Mohamed Salah.

Bournemouth: Artur Boruc; Steve Cook, Nathan Ake, Diego Rico (Chris Mepham 80′), Adam Smith; Jefferson Lerma (Lys Mousset 73′); Jordan Ibe (Dominic Solanke 59′), Dan Gosling, Andrew Surman, Ryan Fraser; Joshua King.