Menu

Liverpool Kandaskan Perlawanan Bayern Munchen dengan Skor 3-1

Liverpool akhirnya berhasil menjadi tim keempat dari Liga Inggris yang melaju ke babak perempat final Liga Champions 2018/2019 menyusul tiga tim Inggris lainnya yaitu Tottenham Hotspur, Manchester United dan Manchester City yang sudah lebih dahulu melaju ke babak delapan besar tersebut. Setelah bermain imbang 0-0 di leg pertama babak 16 besar yang dimainkan di stadion Anfield, Liverpool sukses mengalahkan tuan rumah Bayern Munchen dengan skor 3-1 di leg kedua dan membawa Liverpool ke babak perempat final dengan keunggulan agregat 3-1 atas Bayern Munich. Kegagalan Munchen melaju ke babak perempat final di musim ini merupakan yang pertama setelah kegagalan di musim 2010/2011. Sementara bagi Liverpool keberhasilanya menembus perempat final kali ini membuka jalan menebus kegagalan juara di musim lalu yang dikalahkan Real Madrid di partai puncak.

Bermain di Allianz Arena pada hari Minggu (14/3/2019) dini hari kick-off pukul 03.01 WIB. sejak awal babak pertama kedua tim bermain dengan sangat hati-hati. Dari segi permaian kedua tim cenderung lebih lambat, seperti saling menunggu momentum lawan lengah atau berbuat kesalahan. Peluang Liverpool unggul hadir dimenit ke-24 setelah umpan Mohamed Salah di sisi kanan dituntaskan dengan sepakan keras dari luar kotak penalti oleh Firminho, tapi bola sedikit melebar bebera senti dari tiang gawang sebelah kiri. Baru pada menit ke-26 Liverpool berhasil memecah kebuntuan terlebih dahulu setelah umpan lambung Virgil van Dijk dari serpertiga pertahanan Liverpool melewati tengah lapangan, bola jatuh di depan kotak penalti sebelah kiri berhasil dikuasai Sadio Mane yang sedikit menggiring bola ke dalam kotak penalti dan mengelabui penjaga gawang Munchen yang datang menyergap,lalu Mane Menchip bola terukur masuk kedalam gawang sambil memutar badan dan mengubah skor menjadi 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Bayern Munchen cepat merespon menyamakan skor, setelah Gnabry menerima umpan di sisi kanan kotak penalti dan bermaksud memberikan umpan silang pada Robert Lewandowski di depan gawang sebelah kiri, tapi bola berhasil dipotong Joel Matip, karena itu pula bola sedikit berbelok arah dan masuk ke dalam gawang sendiri pada menit ke-39 yang membuat skor berubah menjadi imbang 1-1. Bayern Munchen hampir saja berbalik unggul menjelang akhir pertandingan. Robert Lewandowski yang menerima umpan dan sudah berhadapan satu lawan satu dengan penjaga gawang, gagal mengkonversinya menjadi sebuah gol, bola sepakannya berhasil ditepis penjaga gawang. Sehingga hingga akhir pertandingan selesai tidak ada lagi gol tambahan dari kedua tim dan untuk sementara skor imbang 1-1.

Masuk babak kedua para pemain Liverpool tampil menggebrak merepotkan pertahanan tuan rumah Bayer Munchen. Tapi baru pada menit ke-68 Liverpool kembli unggul. Kali ini diawali dari sebuah tendang sudut James Milner, bola sukses ditanduk Virgil van Dijk diantara para pemain Munchen yang memenangkan pertarungan diudara dan membuat skor bertambah untuk Liverpool menjadi 2-1. Setelah ketingglan 1-2 para pemain Bayern Munchen berusaha mengejar perolehan gol tim tamu. Tapi apalah daya dari sebuah kombinasi serangan, dari sisi kanan kotak penalti Salah melepaskan umpan chip cantik tepat ke depan gawang sebelah kiri yang langsung diteruskan oleh Sadio Mane dan bola meluncur dengan keras tanpa bisa selamatkan penjaga gawang. Gol tercipta pada menit ke-84 dan mengubah skor menjadi 3-1 untuk keunggulan Liverpool.

Hingga akhir pertandingan, tidk ada lagi gol yang tercipta dan Liverpool berhak melaju ke babak perempat final setelah unggul agregat 3-1 atas Bayern Munchen. Kemenangan yang melegakan Jurgen Klop pelatih Liverpool ditengah performa yang turun naik dari anak asuhannya. Sehingga membuat mereka turun ke posisi kedua di klasemen Liga Inggris setelah beberapa bulan berada di puncak. Tentu dengan kemenangan ini juga bisa memotivasi para pemain Liverpool untuk terus memenangkan pertandingan agar dapat meraih double winner di musim ini sebagai juara Liga Inggris dan Liga Champions UEFA.

Susunan Pemain:

Bayern Munich: Manuel Neuer; Rafinha, Niklas Sule, Mats Hummels, David Alaba; Javi Martinez (Leon Goretzka 72′), Thiago Alcantara; Serge Gnabry, James Rodrigue (Renato Sanches 79′), Franck Ribery (Kingsley Coman 61′); Robert Lewandowski.

Liverpool: Alisson; Trent Alexander-Arnold, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Jordan Henderson (Fabinho 15′), Georginio Wijnaldum, James Milner (Adam Lallana 87′); Mohamed Salah, Sadio Mane, Roberto Firmino (Divock Origi 83′).