Menu

Liverpool Juara Liga Champions UEFA 2018/2019

Liverpool akhirnya keluar sebagai juara Liga Champions UEFA 2018/2019 setelah pada partai final mampu mengalahkan Tottenham Hotspur dengan skor 2-0. Keberhasilan Liverpool meraih gelar juara musim ini, menebus kegagalan menjadi juara musim lalu. Saat itu di partai final Liga Champions 2017/2018 Liverpool harus mengakui ketangguhan Real Madrid dengan skor 1-3. Gol dari Karim Benzema berhasil disamakan oleh Sadio Mane, sebelum akhirnya Real Madrid unggul 3-1 melalui brace Gareth Bale. Namun, di musim 2018/2019 Liverpool berhasil kembali ke final dan sukses meraih gelar juara yang sudah ditunggu selama 14 tahun setelah terakhir kali juara pada musim 2004/2005 dengan mengalahkan AC Milan di final melalui adu tendangan penalti. Bagi Liverpool ini adalah gelar juara Liga Champions UEFA yang keenam dalam sejarah klub.

Partai final Liga Champions UEFA 2018/2019 dihelat di Stadion Wanda Metropolitano, Madrid, Spanyol pada hari Minggu (2/6/2019) dini hari kick-off pukul 02.02 WIB. Pertandingan berlangsung kurang dari satu menit, tim asuhan Juergen Klopp mendapatkan hadiah tendangan finalti. Bermula dari aksi Sadio Mane di dalam kotak penalti sebelah kiri, dengan cerdik Mane menendang bola dengan mengarahkan ke tangan Sissoko, dan sebelumnya bola membentur dada lalu pantulannya mengenai tangan, dan tanpa ampun karena kejadiannya berada dalam kotak penalti, wasit langsung menunjuk titik putih. Mohamed Salah yang maju sebagai eksekutor tendangan penalti, mengarahkan bola ke arah sebelah kanan gawang yang sebetulnya berhasil diterkat penjaga gawang. Tapi karena bola meluncur keras membuat Huga Lloris tak mampu memblok bola, sehingga bola itupun masuk ke dalam gawang. Gol Tercipta pada menit ke-2 dan membawa Liverpool unggul 1-0 atas Tottenham Hotspur.

Tertinggal gol cepat dari Liverpool, Tottenham Hotspur berusaha mengendalikan permainan dan mencoba terus menerus menekan dan mengurung pertahanan Liverpool. Namun, pertahanan solid Liverpool masih sulit untuk ditembus para pemain Tottenham Hotspur. Babak pertama berlangsung sedikit monoton, Liverpool yang bermain sepertinya terlalu berhati-hati tidak bermain seperti biasanya yang keluar menyerang. Pantaslah Tottenham Hotspur sedikit mendominasi jalannya permainan di lapangan hijau. Walaupun Tottenham banyak menekan tapi tidak cukup efektif membahayakan pertahanan Liverpool. Sebaliknya Liverpool beberapa kali sempat mengancam gawang Tottenham Hotspur melalui serangan balik. Namun hingga akhir pertandingan babak pertama tidak ada gol tambahan lagi dan Liverpool tetap unggul 1-0 atas Tottenham Hotspur.

Memasuki babak kedua pasukan Mauricio Pochettino semakin gencar melakukan serangan-serangan. Terus menurus melakukan serangan tapi pertahanan Liverpool masih kokoh untuk bisa ditembus. Beberapa perubahan dilakukan oleh Pochettino untuk membongkar solidnya pertahanan Liverpool. Pahlawan Tottenham di semi final, Lucas Moura dimasukan pada menit ke-66, cukup efektif menciptakan beberapa peluang melaui Dele Alli, Son Heung-min dan Lucas Moura. Tapi Alisson Becker penjaga gawang Liverpool tampil prima melakukan beberapa penyelamatan gemilang dari kebobolan. Pada akhirnya Liverpool mampu mengunci gelar juara pada menit ke-87, Divock Origi mampu mencetak gol yang menggenapkan keunggulan Liverpool menjadi 2-0 dan bertahan hingga akhir pertandingan.

Berkat kemenangan atas Tottenham Hotspur, Liverpool kini mengumpulkan enam tropy Liga Champions terbanyak ketiga, AC Milan kedua dengan 7 tropy dan Real Madrid diposisi pertama dengan 13 tropy. Keberhasilan Liverpool menjuarai liga Champions musim ini sekaligus juga memutus dominasi Real Madrid yang sudah menjadi juara Liga Champions tiga musim berturut-turut. Sementara di Inggris, Liverpool pengumpul gelar juara Liga Champions terbanyak dengan 6 tropy disusul Manchester United dengan tiga gelar juara. Empat tropy diraih Liverpool pada musim 1976/1977, 1977/1978, 1980/1981, dan 1983/1984 saat masih berformat Piala Eropa/Champions format lama Liga Champions dan dua tropy lagi diraih saat sudah berformat Liga Champions pada musim 2004/2005 dan musim ini 2018/2019.

Susunan Pemain:

Tottenham Hotspur: Lloris; Trippier, Alderweireld, Vertonghen, Rose; Winks (Moura 66′), Sissoko, Eriksen, Alli (Llorente 81′); Son, Kane.

Liverpool: Alisson; Alexander-Arnold, Matip, Van Dijk, Robertson; Fabinho, Henderson, Wijnaldum (Milner 62′); Salah, Mane (Gomez 90′), Firmino (Origi 58′)