Menu

Liverpool Ditahan Imbang West Ham United 1-1

Liverpool mulai tersandung merasakan tekanan sebagai pemuncak klasemen yang tidak bisa duduk dengan tenang dan nyaman karena para pesaing mereka seperti Manchester City dan Tottenham Hotspur semakin mendekat. Setelah tengah pekan kemarin (Kamis, 31/1/2019) ditahan imbang Leicester City 1-1 di kandang sendiri, kali ini di pekan ke-25 harus bertandang ke kandang West Ham United pada Selasa (5/2/2019) pukul 03.00 WIB. dan kembali meraih hasil imbang 1-1 yang membuat persaingan di puncak klasemen Premier League / Liga Inggris 2018/2019 semakin ketat.

Bertanding di Stadion Olimpiade London, kandang West Ham United, Liverpool sedikit dalam tekanan untuk dapat memenangkan pertandingan mengingat ditengah pekan sebelumnya meraih hasil imbang sedangkan para pesaing sudah meraih kemenangan. Sedangkan bagi West Ham United tentunya berhasrat untuk dapat memenangkan pertandingan memanfaatkan sebagai tuan rumah juga untuk terus naik di tangga klasemen yang saat ini berada di posisi ke-12 dan rentan terjerembab ke jurang degradasi jika mengalami kekalahan.

Performa Liverpool yang sedang menurun mencoba dimanfaatkan para pemain West Ham United sejak kick off babak pertama, pada menit ke-2 aksi Chicharito di kotak pinalti berhasil melakukan tendangan ke arah pojok kanan Liverpool yang gagal diantisipasi penjaga gawang Liverpool tapi beruntung bola sedikit melebar dari tiang gawang. Para pemain Liverpool juga tak tinggal diam beberapa kali mengancam pertahanan West Ham United, akan tetapi justru pemain belakang West Ham yaitu Cresswell dari sisi kiri di luar kotak pinalti melakukan tembakan keras ke pojok kanan gawang yang sedikit melebar terjadi pada menit ke-9.

Liverpool baru bisa mencetak gol pada menit ke-22, diawali aksi James Milner di pojok kanan pertahanan West Ham, mengirim umpan menyilang ke kotak pinalti yang disambut oleh Sadio Mane sambil memutar badan yang melakukan sepakan bola sambil terjatuh ke pojok kiri gawang West Ham yang gagal diblok penjaga gawang, skor berubah menjadi 1-0 untuk keunggulan Liverpool.

Keunggulan Liverpool tidak bertahan lama karena pada menit ke-28, Michail Antonio sukses mencetak gol dengan tendangan keras ke pojok gawang Liverpool yang dijaga Alisson dan gagal diantisipasi, setelah sebelumnya menerima umpan matang dari Felipe Anderson. Skor berubah menjadi 1-1 untuk kedua tim dan bertahan hingga babak pertama selesai.

Dibabak kedua baik Liverpool dan West Ham United berusaha untuk mencetak gol tambahan, tapi hingga babak kedua berakhir tidak ada lagi gol yang tercipta dan Liverpool harus puas berbagi angka 1-1 dengan West Ham United. Walaupun Liverpool begitu dominan dengan penguasaan bola mencapai 74% berbading 26% dengan 11 tembakan ke gawang, dan 6 tendangan mengarah ke gawang tapi hanya 1 yang berbuah gol. Tak pelak dengan hasil imbang 1-1 ini membuat posisi Liverpool di puncak klasemen semakin terusik karena pesaing mereka terutama Manchester City di peringkat kedua kini hanya berselisih 3 poin saja.

Dengan hasil imbang yang diraih Liverpool di pekan ke-25 dalam lanjutan liga Inggris 2018/2019 masih menempatkan mereka di posisi pertama dengan raihan 62 poin, hasil dari 19 kali menang, 5 kali seri dan 1 kali kalah. Sedangkan bagi West Ham United dengan hasil imbang ini masih menempatkan mereka di posisi 12 klasemen dengan raihan 32 poin hasil dari 9 kali menang, 5 kali seri dan 11 kali kalah.

Susunan Pemain:

West Ham United: Lukasz Fabianski; Ryan Fredericks, Issa Diop, Angelo Ogbonna, Aaron Cresswell; Robert Snodgrass, Mark Noble, Declan Rice, Felipe Anderson; Michail Antonio, Chicharito.

Liverpool: Alisson; James Milner, Joel Matip, Virgil van Dijk, Andrew Robertson; Fabinho, Naby Keita; Sadio Mane, Adam Lallana, Mohamed Salah; Roberto Firmino.