Menu

Lionel Messi Tampil Gemilang Bantu Barcelona Menang 5-1 atas Lyon

Barcelona akhirnya dapat melaju ke babak perempat final setelah mengkandaskan perlawanan Lyon dengan skor meyakinkan 5-1 di Camp Nou pada hari Kamis (14/3/2019) dini hari kick-off pukul 03.01 WIB. dalam lanjutan babak 16 besar Liga Champions 2018/2019. Barcelona lolos ke babak perempat final dengan agregat gol 5-1 atas Lyon karena di leg pertama saat bermain di markas Lyon kedua tim bermain imbang 0-0. Ini adalah kemenangan ketiga kandang Barcelona saat berhadapan dengan Lyon di Liga Champions. Barcelona juga belum terkalahkan di kandang dalam 30 pertandingan terakhir di Liga Champions. Dan lolosnya Barcelona ke babak perempat final Liga Champions musim ini menjadi yang ke-12, setelah mengalami kegagalan di musim 2006/2007.

Sejak kick-off babak pertama sudah tampil agresif menyerang memporak porandakan pertahana Lyon dan beberapa peluang tercipta yang hampir saja berbuah gol. Tapi gol baru benar-benar tercipta pada menit ke-17 melalui tendangan penalti Lionel Messi. Berawal dari umpan terobosan Messi di dalam kotak penalti, bola berhasil dikuasai Suarez, tapi kemudian dijatuhkan dari belakang oleh Denayer. Wasit lantas menghadiahkan tendangan penalti untuk Barcelona yang dieksekusi oleh Lionel Messi dengan tendangan panenka yang mengecoh penjaga gawang dan membawa keunggulan 1-0 untuk Barcelona.

Gol kedua Barcelona bertambah pada menit ke-31 setelah umpan terukur Arthur dari sepertiga pertahaan Lyon sisi sebelah kiri tepat ke kaki Suarez di depan kotak penalti sebelah kanan yang langsung menggiring bola ke dalam kotak penalti diantara tekanan dua pemain lawan, lalu diantara sergapan penjaga gawang melepaskan umpan silang ke depan gawang sebelah kiri yang sudah ditunggu Countinho yang langsung menceploskan bola ke dalam gawang yang melompong tak terjaga, mengubah skor menjadi 2-0 untuk keunggulan Barcelona. Skor 2-0 bertahan hingga babak pertama selesai, karena kedua tim tidak dapat menciptakan gol tambahan.

Selepas kick-off babak kedua, Barcelona kian mendominasi permaian tapi Lyon yang hanya mampu melakukan serangan balik dapat memperkecil skor pada menit ke-58 setelah terjadi kemelut di depan gawang dalam kotak penalti yang berawal dari tendangan sudut, bola liar di depan gawang diantara perebutan bola, Lucas Tousart berhasil memanfaatkan bola dengan tembakan terarah ke pojok kiri gawang yang tidak bisa diselamatkan Ter Stegen dan mengubah skor menjadi 2-1. Seperti tersengat para pemain Barcelona langsung mengurung pertahanan Lyon dan pada menit ke-78 sebuah aksi Lionel Messi dari seperti lapangan menggiring bola masuk kotak penalti dan mengecoh dua pemain Lyon sebelum melepaskan tembakan menyusur tanah yang sempat ditepis penjaga gawang, tapi bola yang meluncur melambat tepat masuk ke pojok kiri gawang dan mengubah skor jadi 3-1 untuk keunggulan Barcelona.

Keunggulan Barcelona semakin menjauh setelah Gerard Pique berhasil mencetak gol pada menit ke-81 memanfaatkan umpan silang dari Lionel Messi yang sebelumnya juga menggiring bola dari sepertiga lapangan masuk kotak penalti lalu diantara tekanan para pemain Lyon melepaskan umpan ke depan gawang sebelah kiri dimana ada Pique yang berdiri bebas tak terkawal tanpa ampun menceploskan bola ke dalam gawang yang sudah melompong, mengubah skor menjadi 4-1 untuk Barcelona.
Lionel Messi benar-benar menjadi mega bintang selain mencetak dua gol juga membuat dua assist dipertandingan ini. Asist keduanya dibuat setelah menggiring bola dari sepertiga lapangan lalu memberikan umpan dari luar kotak penalti ke dalam kotak penalti sebelah kiri dimana ada Ousmane Dembele yang menyambut umpn dengan sebuah tembakan terarah ke pojok kanan gawang yang berhasil diblok penjaga gawang, tapi bola pantul justru masuk ke dalam gawang pojok sebelah kiri. Gol tercipta pada menit ke-86 dan mengubah skor menjadi 5-1 untuk keunggulan Barcelona. Setelah gol Dembele tidak ada lagi gol yang tercipta, Barcelona menang 5-1 atas Lyon berhak untuk lolos ke babak perempat final.

Susunan Pemain:

Barcelona: Marc-Andre ter Stegen; Clement Lenglet, Gerard Pique, Jordi Alba, Sergi Roberto (Nelson Semedo 83′), Sergio Busquets, Arthur (Arturo Vidal 74′), Ivan Rakitic, Luis Suarez, Philippe Coutinho (Ousmane Dembele 70′), Lionel Messi.

Lyon: Anthony Lopes (Mathieu Gorgelin 34′); Marcelo, Fernando Marcal, Jason Denayer, Ferland Mendy (Maxwel Cornet 77′), Leo Dubois, Tangut Ndombele, Nabil Fekir, Lucas Tousart, Memphis Depay (Bertrand Traore 73′), Mussa Dembele.