Menu

Lionel Messi Belum Bosan Mencetak Hat-Trick Membobol Gawang Lawan

Lionel Messi memang belum bosan untuk mencetak hat-trick dalam urusan membobol gawang lawan, kali ini Messi membuat hat-trick ke-33 di LaLiga saat Barcelona mengalahkan Real Betis dengan skor telak 4-1. Messi seperti tidak mau kalah dari Cristiano Ronaldo yang di tengah pekan kemarin mencetak hat-trick saat Juventus mengalahkan Atletico Madrid dengan skor 3-0 di babak 16 besar Liga Champions. Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo memang dua pemain hebat dengan kemampuan diatas rata-rata bahkan mungkin tidak salah jika ada yang berseloroh keduanya berasal dari planet lain. Keduanya selalu rajin mencetak gol bahkan kalaupun tidak mencetak gol tapi selalu terlibat dalam proses sebuah gol misalnya dengan memberikan assist. Jadi keduanya tidak hanya mampu mencetak gol dalam hampir setiap pertandingan tapi lebih daripada itu sudah banyak mencetak hat-trick berarti memang punya kemampuan yang luar biasa dalam urusan mencetak gol.

Dalam lanjutan Liga Spanyol 2018/2019 pekan ke-28, Barcelona bertandang ke markas Real Betis. Bermain di Stadion Benito Villamarin pada hari Senin (18/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.47 WIB. Tuan rumah Real Betis mengambil inisiatif melakukan serangan-serangan dan mencoba mengendalikan permainan. Tapi dominasi tuan rumah hanya mampu bertahan kurang dari 18 menit awal babak pertama. Didahului sebuah pelanggaran Guardado, wasit memberikan tendangan bebas untuk Barcelon. Lionel Messi yang mengeksekusi tendangan bebas dari depan luar kotak penalti dengan kaki kirinya sukses membobol gawang Real Betis pada menit ke-18, bola yang masuk ke pojok kiri atas gawang tanpa bisa dijangkau penjaga gawang mengubah skor jadi 1-0 untuk Barcelona.

Menjelang akhir babak pertama tepatnya pada menit ke-45+2 Lionel Messi kembali mencetak gol, kali ini memanfaatkan umpan Luis Suarez dari luar kotak penalti, Messi berhasil mengejar dan mengontrol bola di tengah kotak penalti dan melakukan sepakan membuat bola masuk ke dalam gawang setelah kiper terkecoh sepakan Messi. Skor berubah menjadi 2-0 untuk keunggulan Barcelona yang bertahan hingga akhir babak pertama selesai.

Memasuki babak kedua para pemain Barcelona semakin agresif mengurung pertahanan Real Betis. Peluang emas Barcelona untuk menambah gol datang saat bola tendangan gawang Marc-Andre ter Stegen kiper Barcelona melewati tengah lapangan berhasil dijangku Luis Suarez yang langsung menggiring bola dan hanya tinggal berhadapan dengan penjaga gawang Real Betis, tapi bola sepakan Suarez sedikit melebar dari tiang gawang.

Luis Suarez berhasil menebus kegagalan menaklukan kiper Real Betis pada menit ke-63, di seperti pertahanan Real Betis, Suarez menerima umpan dari Gerard Pique, lalu dibawah baying-bayang dan tekanan tiga pemin Betis, Suarez berhasil melepaskan diri dan masuk ke dalam kotak penalti dan kembali berhadapan one-on-one dengan Paul Lopez kiper Real Betis. Kali ini Luis Suarez tanpa kesalahan dapat membobol gawang Real Betis dan mengubah skor menjadi 3-0 untuk Barcelona.

Real Betis mampu memperkecil ketinggalan pada menit ke-82, berawal dari serangan balik yang berhasil masuk kotak penalti menciptakan kemelut dalam kotak penalti, Lainez mengecoh dua pemain Barcelona lalu memberikan umpan pada Loren Moron yang kemudian dari tepi dalam garis depan kotak penalti melepaskan tembakan melengkung terukur dan terarah ke pojok kanan atas gawang tanpa bisa diselamatkan Ter Stegen akhirnya bola masuk mengubah skor menjadi 1-3 Barcelona. Berselang satu menit Barcelona langsung menekan dan hampir saja melebarkan keunggulan andai bola sepakan Arturo Vidal yang mengarah ke sudut gawang tidak berhasil ditepis kiper Real Betis.

Barcelona pada akhirnya menuntaskan perlawanan Real Betis dengan skor 4-1 setelah Lionel Messi mencetak gol indah pada menit ke-85 sekaligus mencetak hat-trick pada pertandingan tersebut. Dari luar kotak penalti Messi memberi umpan pada Ivan Rakitic di sisi kiri dalam kotak penalti, lalu mengirim balik umpan pada Messi yang sudah berada dalam kotak penalti, lantas Messi langsung melepaskan sepakan dengan mencukil bola membuat bola meluncur pelan tapi melengkung melewati penjaga gawang sempat membentur mistar gawang sebelah kanan, tapi bola pantulan masuk ke dalam gawang yang mengubah skor menjadi 1-4 untuk Barcelona.

Keunggulan Barcelona bertahan hingga akhir pertandingan, dengan tambahan tiga poin membuat Barcelona semakin kokoh di puncak klasemen dengan mengumpulkan 66 poin unggul 10 poin dari Atletico Madrid di posisi kedua dengan jumlah poin 56 dan berselisih 12 poin dengan Real Madrid di posisi ketiga yang baru mengumpulkan 54 poin. Kokohnya Barcelona di puncak klasemen tidak lepas dari kontribusi besar Lionel Messi berkat assist dan gol-golnya yang belum bosan dicetak dan tidak sedikit membuat hat-trik dalam suatu pertandingan.

Susunan Pemain:

Real Betis: Pau Lopez, Sidnei, Mandi, Bartra, Joaquin (Emerson 67′), Guardado, Canales, William Carvalho (Moron 75′), Lo Celso (Lainez 68′), Tello, Jese

Barcelona: Ter Stegen, Pique, Jordi Alba, Sergi Roberto, Lenglet, Rakitic (Alena 88′), Vidal, Busquets, Arthur (Semedo 64′), Messi, Suarez (Coutinho 90′)