Menu

Liliyana Natsir Pensiun Usai Gelaran Indonesia Masters 2019

Liliyana Natsir berencana pensiun dari olahraga bulu tangkis yang sudah membesarkan namanya dan mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional dengan prestasi-prestasinya selama berkarir di dunia bulutangkis. Dan gelaran Indonesia Masters 2019 akan menjadi event terakhirnya terlepas dari apapun hasilnya, Liliyana Natsir akan meninggalkan dunia bulutangkis profesional dan sibuk dalam dunia usaha. seperti bisnis properti, massage dan rencana membuka bisnis penukaran uang.

Seperti yang dikatakannya pada hari Senin (21/1/2019) saat berada di Hotel Sultan, Setelah berhenti dari bulutangkis saya mau fokus bisnis di tempat saya, properti dan massage. Ke depan mau buka money changer. Rencana saya, selain bulutangkis saya ingin sukses di properti”. Kemudian dia melanjutkan, “Saya ingin setelah berhenti lalu refreshing. Jadi pengen jauh-jauh dari bulutangkis dulu. Mungkin ke depan mau liburan. Saya tak bisa bicara apakah tak berkecimpung di bulutangkis dulu atau tidak. Tapi pasti ada rasa kangen, ya paling nanti berkunjung kasih sharing buat teman-teman”. Sepertinya Liliyana benar-benar ingin rehat dan menikmati hari-hari jika sudah tak berstatus atlet lagi, ia pun menjelaskan, “Saya belum pernah mengalami benar-benar rest. Yang bangun agak siangan sedikit, yang makannya tak terlalu dijaga banget. Agak pedas dikit, istirahat lama, nongkrongnya agak terlambat. Jadi saya belum tahu sampai kapan”.

Liliyana Natsir yang kini berusia 33 tahun itu memulai karir dunia olahraga bulutangkis profesional sejak tahun 2002 ketika dia masuk pelatnas. Kini 17 tahun sudah Butet sebutan lain untuk Liliyana Natsir berkecimpung di dunia bulutangkis dengan sederet prestasi mentereng seperti meraih medali emas Olimpiade 2016 Rio de Janeiro, All England, kejuaraan dunia dan sederet prestasi di kejuaran bergengsi lainnya bersama pasangan sehatinya Tontowi Ahmad menjadi pasangan ganda campuran terbaik dunia.

Ajang Indonesia Masters 2019 akan menjadi turnamen terakhirnya sebelum menutup karir dengan gantung raket. Indonesia Masters 2019 itu sendiri akan berlangsung dari tanggal 22 hingga 27 Januari 2019 yang berlangsung di Istora, Senayan, Jakarta. Dan panitia sendiri sudah merencanakan untuk membuat pesta perpisahan untuk Liliyana Natsir.

Liliyana Natsir mengawali karirnya dan besar dengan bergabung di klub PB Tangkas, Jakarta, yang kemudian pindah ke PB Djarum, itu mengaku perasaannya campur aduk antara sedih dan senang berada dipenghujung karirnya. “Sebenarnya ini membuat saya sedih tapi ya harus tetap dihadapi. Saya dan Tontowi berusaha tampil enjoy karena ini turnamen terakhir dan saya ingin menikmati itu di masa-masa akhir,” kata Liliyana.

Sementara itu pemain ganda campuran China, Zheng Siwei menyebut bahwa dunia bulutangkis akan kehilangan salah satu pemain bulutangkis terbaik, tapi dia juga menyadari cepat atau lambat siapapun akan memutuskan untuk pensiun. “Sebenarnya sangat disayangkan dan saya merasa dunia akan kehilangan pasangan terbaiknya. Akan tetapi usia seorang atlet ada masanya. Jadi, buat saya, saat Liliyana mau pensiun sekalipun ya sudah, dan saya harap di bagian manapun, di pekerjaan apapun, semoga berhasil di bidang tersebut.” kata Siwei, di Istora, Senayan, Selasa (22/1/2019).

Dengan rencana pensiunnya Liliyana Natsir setelah gelaran Indonesia Masters 2019, tentu bangsa Indonesia akan kehilangan salah seorang pemain berbakat dan terbaik bersama pasangan ganda campurannya Tantowi Ahmad. Akan tetapi, bangsa Indonesia turut bangga dengan segala pencapaian prestasi yang sudah dipersembahkan kepada bangsa dan negara Indonesia yang semoga bisa menjadi inspirasi untuk para junior bisa berprestasi lebih baik lagi. Terima kasih mbak Liliyana Natsir.