Menu

LeBron James Gagal Bantu LA Lakers Lolos ke Play-off NBA 2018/2019

LeBron James untuk kali pertama gagal bantu timnya lolos ke play-off NBA 2018/2019 sejak tahun2005. Ini adalah musim pertama LeBron bersama LA Lakers dan musim pertama juga ia bermain di NBA wilayah barat sepanjang karirnya. Jadi bisa dikatakan LA Lakers adalah tim pertama wilayah barat yang ia bela. Tapi sangat disayangkan ia gagal membantu LA Lakers untuk lolos ke babak play-off. Padahal di wilayah timur yang pernah bermain untuk Cleveland Cavaliers dan Miami Heat , LeBron adalah seorang bintang yang sudah menjadi langganan masuk play-off bersama tim yang dibelanya. Tapi untuk pertama kalinya main di wilayah barat, LeBron James gagal main diplay-off, barangkali ia berfikir ternyata bermain di wilayah barat tidak semudah yang diperkirakan.

Sebenarnya bergabungnya LeBron James ke tim LA Lakers sempat memberikan harapan besar pada tim asal California itu untuk bisa lolos ke babak play-off NBA setelah terakhir kali lolos di tahun 2013. Tapi ternyata harapan LA Lakers untuk lolos play-off belum terwujud dimusim ini karena performa kurang baik tim sepanjang musim 2018/2019 dan juga karena LeBron mengalami cedera dan terpaksa absen di 18-19 pertandingan, pemain lainnya juga ada beberapa yang mengalami cidera sehingga performa tim secara keseluruhan tidak optimal. Bagi LeBron James inilah kegagalan kedua kalinya lolos ke play-off setelah kegagalan pertama dirasakan pebasket berusia 34 tahun pada tahun 2004.

Dikutip dari Detiksport, Jason Richardson mantan pemain Golden State Warriors ditahun 2000-an, mengatakan “Melihat LeBron berada di wilayah barat membuktikan persaingan di sana sangat sulit. Lebih sulit dari di Timur, dia mungkin baru menyadarinya sekarang.” Kata Jason sambil sedikit bercanda, lalu dia melanjutkan “Tapi, kita semua tahu LeBron mengalami cedera dan absen 18-19 pertandingan. Lonzo Ball juga mengalami masalah yang sama. Banyak cedera yang dialami para pemain sehingga tak ada yang menolong mereka. Tapi, begitulah yang terjadi dengan LeBron. Kita semua tahu dia akan bangkit dan coba memberikan penampilan terbaiknya sampai sebelum pensiun” terangnya.

Kepastian ketidaklolosan LeBron James bersama timnya LA Lakers didapat setelah pertandingan pada hari Sabtu (23/3/2019) pagi WIB. menghadapi Brooklyn Nets yang digelar di Staples Center. Untuk menjaga peluang Lakers dapat lolos babak play-off, mereka harus dapat mengalahkan Brooklyn Nets. Tapi dibalik keharusan untuk memenangkan pertandingan, LA Lakers juga dibayangi rekor buruk dalam 11 pertandingan terakhir mengalami 10 kekalahan. Dan kekalahan harus diterima LA Laker dari Brooklyn Nets dengan skor 106-111 yang membuat LA Lakers gagal lolos ke babak play-off NBA 2018/20019.

Dikuarter pertama LA Lakers sempat unggul 23-20, tapi dikuarter berikutnya selalu ketinggalan dalam perolehan poin dari Brooklyn Nets. Hanya dikuarter keempt LA Lakers dapat menyamakan perolehan poin 90-90 dan membuat pertandingan menarik. Tapi lemparan tiga poin dari D’Angelo Russell membuat Brooklyn Nets kembali unggul 93-90. Usaha LeBron James untuk memperkecil selisih poin melalui tembakan tiga anggka tidak cukup membantu LA Lakers dari kekalahan dengan skor akhir 106-111 dari Brooklyn Nets.

Kekalahan dari Brooklyn Nets menutup peluang LA Lakers lolos ke babak play-off dan menjadi kekagalan keenam secara beruntun. LeBron James yang membuat double-double mencetak 25 poin, 14 assist dan 9 rebound tak cukup banyak membantu LA Lakers terhindar dari kekalahan. Bintang LA Lakers pada pertandingan kali ini adalah JaVale McGee yang mampu mencetak 33 poin dan 20 rebound.