Menu

Kroasia Menang Tipis 2-1 atas Azerbaijan di Kualifikasi Piala Eropa 2020

Kroasia mejalani laga perdana Grup E kualifikasi Piala Eropa 2020 dengan menjamu Azerbaijan di Stadion Maksimir pada harai Jumat (22/3/2019) dini hari kick-off pukul 02.45 WIB. Diluar dugaan tim tamu Azerbaijan mampu menyulitkan tim tuan rumah dan memberikan perlawanan sengit bagi tim tuan rumah Kroasia yang juga merupakan finalis Piala Dunia 2018. Tuan rumah dipaksa bekerja keras meladeni permainan tim tamu yang kalau dilihat diatas kertas merupakan salah satu tim lemah. Mungkin karena dianggap sebagai tim underdog membuat para pemain Azerbaijan tampil lepas tanpa beban, justru lebih bersemangat mencoba mengalahkan tuan rumah. Sebaliknya tuan rumah yang berada dalam tekanan pada akhirnya mampu comeback menjelang akhir pertandingan.

Mengawali pertandingan di babak pertama tuan rumah Kroasia mendapat kesulitan menembus pertahanan tim tamu yang menerapkan strategi defensif. Terlalu bersemangat mengurung pertahanan tim tamu, lewat sebuah serangan balik tuan rumah harus kecolongan pada menit ke-19. Azerbaijan memimpin dengan skor 1-0, berawal dari kesalahan pemain tuan rumah yang kehilangan bola berhasil dimanfaatkan oleh Richard Almeyda yang kemudian mengirim umpan pada Ramil Sheydayev. Setelah mampu mengontrol bola dengan baik Ramil Sheydayev lalu menggiring bola ke kotak penalti yang diakhiri dengan melepaskan sepakan lob bola dengan kaki kananya. Bola lob sempat membentur mistar gawang, tapi bola pantul masuk ke dalam gawang. Untuk sementara Azerbaijan unggul 1-0 atas tuan rumah Kroasia.

Tuan rumah Kroasia yang tertiang 0-1 dari tamunya Azerbaijan berusaha keras untuk merespon secepat mungkin. Tapi, rapatnya pertahanan Azerbaijan membuat para pemain Kroasia kesulitan menembusnya. Terlebih setelah Azerbaijan unggul 1-0 membuat permainan mereka semakin defensif. Baru dipenghujung babak pertama Kroasia mampu menyamakan kedudukan. Setelah berjuang keras menggempur pertahanan tim tamu, gol itupun tercipta pada menit ke-44. Diawali dengan sebuah tendangan penjuru, bola disundul Ivan Perisic ke depan mulut gawang lalu dibelokan dengan sundulan ke gawang oleh Duje Caleta-Car tapi bola berhasil diblok penjaga gawang. Bola liar di depan gawang berhasil dimanfaatkan Borna Barisic dengan menyontek bola dan masuk ke dalam gawang mengubah skor menjadi 1-1 yang bertahan hingga akhir babak pertam selesai.

Diawal babak kedua kembali tim tamu Azerbaijan sempat mengejutkan pertahanan tuan rumah Kroasia. Dimitrij Nazarov hampir saja kembali membawa Azerbaijan unggul tapi bola tembakannya sedikit melenceng ke sisi sebelah kanan gawang Kroasia. Seperti dibangunkan, Luca Modric cs mulai mendominasi jalannya pertandingan, walaupaun masih tetap kesulitan menembus pertahanan Azerbaijan. Usaha dan kerja keras para pemain Kroasia yang tidak menyerah dengan kondisi yang dihadapi, pada akhirnya benteng pertahanan kokoh yang dibangun para pemain Azerbaijan berhasil dijebol pemain Kroasia. Pada menit ke-79 memanfaatkan bola rebound, Andrej Kramaric neneruskan bola dengan sepakan kaki kanan melengkung kearah tiang sebelah kanan, dan bola masuk kedalam gawang tanpa bisa diselamatkan penjaga gawang mengubah skor menjadi 2-1 untuk keunggulan Kroasia.

Disisa waktu pertandingan para pemain Kroasia semakin bersemangat untuk menambah keunggulan, tapi rapatnya lini belakang Azerbaijan membuat tidak ada lagi gol yang tercipta hingga akhir pertandingan. Kroasia unggul 2-1 dan sementara berada di posisi kedua Grup E kalah selisih gol dari Slovakia yang berhasil mengalahkan Hungaria dengan skor 2-0. Sementara Wales masih belum bermain. Di grup E ini Kroasia tergabung bersama Slovakia, Wales, Hungaria dan Azerbaijan.

Susunan Pemain:

Kroasia: Kalinic, Vida, Caleta-Car, Barisic, Modric, Rakitic, Perisic, Kovacic, Brekalo, Kramaric, Petkovic (Rebic 69′)

Azerbaijan: Agayev, Medvedev, Huseynov, Mammadov, Rahimov, Qarayev (Dadasov 88′), Almeyda (Mahmudov 73′), Israfilov, Nazarov (Abdullayev 58′), Sheydayev, Madatov