Menu

Klasemen MotoGP 2019 Andrea Dovizioso Juara Seri Pembuka Losail Qatar

MotoGP 2019 sudah menyelesaikan balapan seri pembuka di sirkuit Losail Qatar pada hari Senin (11/3/2019) dini hari mulai pukul 00.00 WIB. Andrea Dovizioso pebalap Italia dari tim Ducati berhasil keluar sebagai juara setelah bersaing ketat dengan Marc Marquez dari tim Repsol Honda. Di seri pembuka ini tidak ada pebalap yang tampil dominan, balapan berlangsung sengit, beberapa kali disepanjang race terjadi pergantian pimpinan balapan. Berulang kali pimpinan balapan silih berganti diperebutkan Andrea Dovizioso, Marc Marquez dan Alex Rins. Tapi di dua lap terakhir hanya Andrea Dovizioso dan Marc Marquez yang terlibat pertarungan seru hingga garis finish yang dimenangkan Andrea Dovizioso dan Marc Marquez harus puas di posisi kedua. Sedangkan posisi ketiga menjadi milik Carl Crutchlow yang memenangkan duel dengan Alex Rins yang harus puas di posisi keempat.

Maverick Vinales yang menempati pole position diawal balapan harus finish diurutan ketujuh. Berbeda dengan rekan setimnya Valentino Rossi yang start dari posisi ke-14 berhasil mengakhiri balapan di posisi ke-5. Sementara itu rekan baru Marc Marquez di Repsol Honda, Jorge Lorenzo menjalani debut yang kurang memuaskan setelah start dari posisi ke-15 harus puas finish diurutan ke-13. Setelah selesai balapan Valentino Rossi mengomentari performa motor balapnya yang masih belum maksimal dan masih menghadapi masalah yang sama di tahun 2018.

“Masalahnya kurang-lebih sama seperti tahun lalu. Finis di posisi lima adalah hasil yang bagus, terlebih dengan selisih 0,6 detik dari kemenangan. Tapi di lintasan ini kami selalu bagus, jadi kami masih harus terus bekerja karena di tempat lain kami bisa punya masalah lebih besar. Kami menerima hasil ini. Podiumnya, saya mencoba, tapi kami tak cukup kuat. Masalahnya kurang-lebih sama. Di beberapa area kami mengalami kemajuan tapi sayangnya kami selalu kesulitan dengan grip (ban) belakang dan itu sulit. Masalahnya, tahun lalu di Qatar kami juga bagus. Karena satu alasan, bannya menggelincir, tapi tidak di sini (Loasail). Di trek lain biasanya ban kami menggelincir sehingga performa kami semakin menurun. Jadi, buat saya, ini masih masalah yang sama.” Kata Rossi dikutip dari Crash.

Sementara itu dibalik kemenangan Andrea Dovizioso dibumbui kabar yang kurang sedap. Motor yang kendarai Andrea Dovizioso ditengarai menggunakan komponen illegal. Dikutip dari Autosport setidaknya ada empat pabrikan yang sudah memprotes keberadaan winglet di depan ban belakang yang digunakan motor Ducati. Mereka adalah Honda, Suzuki, Aprilia, dan KTM. Hanya Yamaha yang sejauh ini melayangkan protes. Teknikal Direktur MotoGP kabarnya sekarang sudah minta Ducati untuk memberikan winglet tersebut untuk diselidiki karena diduga bisa membantu mendinginkan ban belakang.

Kabar baiknya protes yang dilayangkan empat pabrikan terkait penggunaan winglet yang diduga dapat mendinginkan ban belakang yang dituding sebagai komponen aerodinamis illegal ditolak Steward FIM. Namun, permasalahan tersebut akan dibawa ke MotoGP Court of Appeals untuk menggali informasi lebih detil lagi. Seperti dikutip dari Crash, berdasarkan pada panduan dan aturan yang saat ini berlaku, Steward menetapkan winglet tersebut tidak menyalahi aturan dan dianggap sebagai bagian dari swingarm. Dengan demikian permasalahan tersebut tidak berpengaruh terhadap kemenangan yang diraih Andrea Dovizioso.

Berikut klasemen sementara MotoGP 2019 setelah seri pembuka Losail Qatar: